PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LECTORA INSPIRE DAN POWERPOINT PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X SMAN 3 MUARO JAMB
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran Fisika menggunakan media pembelajaran lectora inspire lebih baik dibandingkan menggunakan media pembelajaran powerpoint ditinjau dari motivasi belajar siswa pada materi Momentum dan Impuls Kelas X SMAN 3 Muaro Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Quasi Experimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian kelas X MIA SMAN 3 Muaro Jambi dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara responden menjawab pernyataan yang telah tersedia. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi.Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik dengan uji normalitas menggunakan uji one sample Kolmogrov Smirnov Test, uji homogenitas menggunakan uji Test of Homogeneity of Variance, dan uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample Test. Berdasarkan uji hipotesis analisis data penelitian diperoleh bahwa t hitung > t tabel (2,009 > 1,998) maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan rata-rata motivasi belajar fisika siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran lectora inspire dengan menggunakan media pembelajaran powerpoint. Nilai rata-rata (mean) antara motivasi belajar menggunakan media pembelajaran lectora inspire > media pembelajran power point ( 98,18 > 92,61). Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Fisika menggunakan media pembelajaran lectora inspire lebih baik dari pada pembelajaran Fisika menggunakan powerpoint ditinjau dari motivasi belajar siswa pada materi momentum dan impuls kelas X SMAN 3 Muaro Jambi.
Kata kunci: Pembelajaran Fisika,momentum dan impuls, lectora inspire, powerpoint.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2018-06-30 (1)
- 2018-06-30 (1)