This is an outdated version published on 2018-06-30. Read the most recent version.

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR FISIKA DI KELAS XMIA 4 NEGERI 1 MUARO JAMBI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi usaha dan energi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan,observasi dan evaluasi, analisis dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X  MIA 4 SMA Negeri 1 Muaro  Jambi tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes hasil belajar berupa tes objektif dan lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi kegiatan guru. Teknik analisis data aktivitas siswa secara deskriptif kualitatif, data hasil observasi kegiatan guru dan tes hasil belajar dianalisis secara statistik deskriptif (mean, median, modus, standar deviasi maksimum dan minimum). Pada siklus I rata-rata persentase keaktifan siswa hanya 68,18 dan hasil belajar siswa 73,14. Kendala yang ditemukan seperti kurangnya keaktifan bertanya, mengemukakan pendapat mempresentasikan jawaban, menambahkan hasil jawaban, merangkum materi pelajaran. Solusinya adalah guru harus selalu memberi semangat dan motivasi kepada siswa agar terbiasa bertanya, memberikan pendapat, mempresentasikan jawaban, menambahkan hasil jawaban, dan merangkum materi pelajaran. Pada siklus II rata-rata persentase keaktifan siswa menjadi 73,14 dan hasil belajar siswa 74,73. Kendala yang ditemukan yaitu  siswa cukup aktif bertanya,  mengemukakan pendapat, mempresentasikan jawaban, menambahkan hasil jawaban. Solusinya adalah guru harus selalu memberi semangat dan motivasi kepada siswa agar terbiasa bertanya, memberikan pendapat, mempresentasikan jawaban, menambahkan hasil jawaban. Pada siklus III rata-rata persentase keaktifan siswa menjadi 74,73 dan hasil belajar mencapai KKM yaitu rata-rata 76,36. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Fisika Di Kelas X MIA 4 Negeri 1 Muaro Jambi.

 

Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajara Inkuiri Terbimbing.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-06-30

Versions

How to Cite

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR FISIKA DI KELAS XMIA 4 NEGERI 1 MUARO JAMBI. (2018). EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(01), 109-118. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/3936