Pengembangan Modul Elektronik Menggunakan 3D PageFlip Professional Materi Atom Hidrogen Pada Mata Kuliah Fisika Kuantum
Keywords:
Modul elektronik, 3D PageFlip Professional, Atom Hidrogen, Fisika KuantumAbstract
Tujuan penelitian ini adalah pengembangan modul elektronik menggunakan 3D PageFlip Professional materi Atom Hidrogen pada mata kuliah Fisika Kuantum serta mengetahui persepsi mahasiswa terhadap modul elektronik yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi analyze, design, development, dan evaluation. Pada penelitian ini, peneliti hanya melakukan tahapan ADDIE sampai ke tahap development. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika Reguler angkatan 2014 Universitas Jambi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket analisis kebutuhan, angket validasi tim ahli dan angket persepsi mahasiswa. Teknis analisis data untuk skor angket analisis kebutuhan, angket validasi tim ahli dan angket persepsi mahasiswa dilakukan dengan statistik deskripsif (mean ideal, stadar deviasi ideal dan skor aktual). Sedangkan analisis data untuk saran validator dilakukan secara deskriptif kualitatif (reduksi data, penyajian data dan verifikasi). Hasil penelitian ini adalah modul elektronik yang dikembangkan dan telah melalui proses validasi serta dinyatakan layak untuk diuji cobakan. Spesifikasi modul elektronik ini terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran yaitu persamaan Schrodinger koordinat bola, momentum sudut orbital dan rotasi serta efek Zeeman. Setiap kegiatan pembelajaran terdiri dari tujuan pembelajaran, indikator pembelajaran, uraian materi, rangkuman, contoh soal, latihan soal, tes formatif, refleksi diri dan simulasi serta video. Keunggulan dari modul elektronik yaitu terdapat tes formatif dan refleksi diri yang dapat dikerjakan secara mandiri baik online atau offline pada setiap kegiatan pembelajaran, rumus yang terdapat pada setiap kegiatan pembelajaran dijelaskan secara terperinci dan terdapat video, simulasi serta animasi yang mampu menjelaskan materi yang abstrak. Kelemahan dari modul elektronik ini yaitu terbatasnya contoh soal, karena hanya terdapat dua contoh soal pada setiap kegiatan pembelajaran dan masih terbatasnya simulasi yang hanya terdapat pada materi persamaan Schrodinger koordinat bola. Hasil dari validasi ahli menyatakan bahwa modul elektronik telah valid dan layak untuk diuji cobakan. Uji coba terhadap data persepsi mahasiswa bertujuan untuk memperoleh penilaian terhadap modul elektronik yang terdiri dari 3 aspek yaitu tampilan modul elektronik, penyajian materi, dan kebermanfataan modul elektronik. Hasil analisis persepsi mahasiswa pada aspek tampilan modul elektronik yaitu 80 (Baik), aspek penyajian materi adalah sebesar 84 (Amat Baik) dan aspek kebermanfaatan modul adalah sebesar 83,5 (Amat Baik). Berdasarkan hasil ini, maka modul elektronik sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2017-06-15 (1)
- 2017-06-15 (1)