KAJIAN SISTEM PEMBINAAN PROFESIONAL GURU IPA
Abstract
Guru merupakan komponen sistem pendidikan formal yang langsung berhubungan dengan peserta didik. Keberhasilan proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan pembelajaran sangat ditentukan oleh guru.Pembinaan profesional guru di Indonesia dilaksanakan oleh berbagai unsur pada berbagai tingkatan. Semua unsur dalam melakukan pembinaan hampir semuanya bermuara pada kompetensi guru dalam kapasitasnya sebagai pengelola/pelaksana proses pembelajaran. Unsur Pembina profesional guru berasal dari tingkat pemerintahan pusat (Depdiknas), pemerintahan daerah (Dinas), dan tingkatan sekolah.Pembinaan profesional guru IPA merupakan bentuk layanan atau bantuan yang diberikan kepada para guru IPA di sekolah-sekolah. Pembinaan ini dilakukan terutama untuk memecahkan permasalahan pembelajaran IPA yang kualitasnya masih rendah. Indikator rendahnya kualitas pembelajaran IPA tersebut antara lain tercermin pada hasil belajar IPA para siswa yang tergolong rendah. Sistem pembinaan profesional guru IPA ini seharusnya dilakukan dengan pendekatan manajemen mutu terpadu (TQM) yang pada pelaksanaannya melibatkan semua komponen pendidikan, berbudaya mutu dan proses peningkatan berkesinambungan.Melalui pendekatan TQM diharapkan hasil pembinaan guru IPA akan mengarah ke zero defect serta right at the first time and every time.Dalam membina profesionalisme guru IPA harus dilakukan secara terpadu dengan melibatkan berbagai komponen baik komponen struktural maupun non-struktural dan dilaksanakan secara berkelanjutan.
Kata kunci: sistem, pembinaan, profesional, guru IPA
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2016-12-15 (1)
- 2016-12-15 (1)