This is an outdated version published on 2016-12-15. Read the most recent version.

PENGEMBANGAN LKPD FISIKA BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILANBERPIKIR TINGKAT TINGGI

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) kelayakan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)fisika berbasis problem solving, dan 2) peningkatan keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir tingkat tinggi materi listrik dinamis menggunakan LKPD fisika berbasis problem solving pada mahasiswa semester 1 Tadris IPA Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.Penelitian ini termasuk research and development menggunakan model pengembangan 4-D yang meliputi: 1) pendefinisian, 2) perancangan, 3) pengembangan, dan 4) penyebaran. Produk LKPD hasil pengembangan kemudian diujicobakan dalam uji coba terbatas dan luas. Subjek penelitian dalam uji coba terbatas berjumlah 15 orang mahasiswa, sedangkan dalam uji coba luas berjumlah 39 mahasiswa untuk kelas kontrol dan 39 mahasiswa untuk kelas eksperimen. Analisis statistik menggunakan analisis multivariat.Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) Hasil pengembangan LKPDfisika berbasis problem solvingberkategori baik. 2) Penerapan LKPDfisika berbasis problem solving berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan proses sainsdan keterampilan berpikir tingkat tinggi.Hasil uji multivariat membuktikan terdapat perbedaan pengaruh antara mahasiswa yang mengikuti pembelajaran LKPDfisika berbasis problem solving dengan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran LKPD konvensional.

 

Kata kunci: LKPD, Keterampilan proses sains, dan high order thingking skill

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-12-15

Versions

How to Cite

PENGEMBANGAN LKPD FISIKA BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILANBERPIKIR TINGKAT TINGGI. (2016). EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 09-20. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/3425