PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DAN INDEX CARD MATCH PADA MATERI CAHAYA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BATANGHARI

Authors

  • Alesrin Joneska Alumni Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi
  • Astalini - Dosen Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi
  • Nova Susanti Dosen Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap dua kelas sampel yang diberikan perlakuan berbeda. Pada kelas eksperimen I menggunakan strategi pembelajaran Crossword Puzzle dan kelas eksperimen II menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match. Data penelitian diperoleh dengan memberikan post-test pada kedua kelas sampel. Setelah hasil post-test berupa nilai siswa diperoleh, data dianalisis untuk menguji hipotesis menggunakan uji pihak kanan dengan uji-t. Adapun  rata-rata  hasil  post-test  yang  diperoleh  kelas  yang  menggunakan strategi pembelajaran Crossword Puzzle (eksperimen I) adalah 78,90 dan yang menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match (eksperimen II) adalah 75,20. Dari hasil uji hipotesisnya didapat thitung  dengan taraf nyata α = 0,05 adalah 1,9402 sedangkan nilai ttabel nya adalah 1,671 sehingga thitung > ttabel, ini berarti Ho ditolak.Dapat disimpulkan dalam proses pembelajaran fisika materi cahaya, rata-rata hasil belajar fisika menggunakan strategi pembelajaran Crossword Puzzle lebih baik dari rata-rata hasil belajar fisika menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Crossword Puzzle, dan Index Card Puzzle

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-06-15 — Updated on 2015-06-15

Versions

How to Cite

Joneska, A., -, A., & Susanti, N. (2015). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DAN INDEX CARD MATCH PADA MATERI CAHAYA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BATANGHARI. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1). Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/2955