Faktor Kesalahan Menulis Teks Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas VIII Di MTS Negeri 1 Tanjung Jabung Timur
Keywords:
kesalahan menulis, Bahasa arabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kesalahan menulis teks bahasa Arab bagi siswa kelas VIII di MTsN 1 Tanjung Jabung Timur, guna untuk lebih memahami bagaimana tata cara dalam penulisan teks bahasa Arab dengan baik dan benar. Penelitian ini dilakukan di MTsN 1 Tanjung Jabung Timur pada November 2020. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dan data penelitian diperoleh dengan proses pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tiga cara, antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menjadi penyebab terjadinya kesalahan dalam menulis teks bahasa Arab yang dialami siswa/i yaitu karena latar belakang siswa/i yang juga berbeda-beda, mereka juga kesulitan dalam membedakan huruf-huruf hijaiyyah dan juga mereka kesulitan dalam menyambung huruf. Adapaun solusi mengantisipasi dalam kesalahan menulis tersebut adalah dengan banyak menyuruh siswa/i menulis atau menyalin setiap pelajaran yang diajarkan pada hari itu, melakukan ekstrakulikuler, lebih sering memberi tugas menulis dirumah, dan melakukan kuis/ permainan dalam bahasa Arab agar siswa/i tidak merasa bosan.