Faktor Kesalahan Menulis Teks Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas VIII Di MTS Negeri 1 Tanjung Jabung Timur

Authors

  • Marni Avita Sari Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi
  • Yayil Kholisotul Makrufah Universitas Negeri Malang

Keywords:

kesalahan menulis, Bahasa arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kesalahan menulis teks bahasa Arab bagi siswa kelas VIII di MTsN 1 Tanjung Jabung Timur, guna untuk lebih memahami bagaimana tata cara dalam penulisan teks bahasa Arab dengan baik dan benar. Penelitian ini dilakukan di MTsN 1 Tanjung Jabung Timur pada November 2020. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dan data penelitian diperoleh dengan proses pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tiga cara, antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menjadi penyebab terjadinya kesalahan dalam menulis teks bahasa Arab yang dialami siswa/i yaitu karena latar belakang siswa/i yang juga berbeda-beda, mereka juga kesulitan dalam membedakan huruf-huruf hijaiyyah dan juga mereka kesulitan dalam menyambung huruf. Adapaun solusi mengantisipasi dalam kesalahan menulis tersebut adalah dengan banyak menyuruh siswa/i menulis atau menyalin setiap pelajaran yang diajarkan pada hari itu, melakukan ekstrakulikuler, lebih sering memberi tugas menulis dirumah, dan melakukan kuis/ permainan dalam bahasa Arab agar siswa/i tidak merasa bosan.

Downloads

Download data is not yet available.
AD-DHUHA Journal Of Arabic Education anda Islamic Culture

Downloads

Published

2021-05-05

How to Cite

Sari, M. A. ., & Makrufah, Y. K. . (2021). Faktor Kesalahan Menulis Teks Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas VIII Di MTS Negeri 1 Tanjung Jabung Timur. Ad-Dhuha, 2(1), 39-50. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12786