Model Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Pada Anak-anak Panti Asuhan Mawar Putih Mardhotillah di Indralaya

  • Abdul Gafur Universitas Sriwijaya

Abstract

Penanaman Nilai adalah proses menanamkan nilai atau hal-hal atau sifat yang berguna dan penting sebagai acuan tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. Menanamkan nilai-nilai baik dalam diri anak merupakan suatu hal yang penting bagi orang tua di dalam sebuah keluarga, karena keluarga merupakan lading terbaik dalam penyemaian nilai. Nilai yang sangat mendasar harus ditanamkan dalam diri anak adalah nilai agama, bagi keluarga muslim berarti nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam merupakan nilai yang seluruh aspek atau komponennya berdasarkan ajaran agama Islam, meliputi nilai akidah, ibadah dan akhlak. Tujuan penelitian ini unuk mengetahui bentuk penanaman nilai-nilai agama Islam pada anak-anak panti asuhan Mawar Putih Mardhotillah di Indralaya dan pengembangan nilai-nilai agama Islam pada anak-anak panti asuhan Mawar Putih Mardhotillah di Indralaya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan interview dengan informan yang telah dilakukan secara perposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penanaman nilai-nilai ajaran Islam pada anak Panti Asuhan Mawar Putih Mardhotillah di Indralaya dimulai dari proses, pelaksanaa, dan evaluasi. Penanampan nilai-nilai ajaran Islam pada anka panti asuhan Mawar Putih Mardhotillah di Indralaya yaitu nilai akidah, nilai akhlak, dan nilai ibadah semuanya itu harus dilaksanakan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan memberikan contoh yang baik yang diberikan oleh piahk pengasuh kepada anak asuhnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Amir, Najib Khalid, 2002. Min Asalibi Ar-Rasul fi at-Tarbiyah, terj. M.Iqbal Haetami, Mendidik Cara Nabi SAW, Bandung: Pustaka Hidayah.

Azizy, Ahmad Qodri. 2013. Islam dan Permaslahan Sosial; Mencari Jalan Keluar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chabib Thoha, 2000. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, John W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Jawas, Yazid bin Abdul Qadir, 2004. Syarah Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama‟ah, Semarang: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2010. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhaimin, 2006. Nuansa Baru Pendidikan Islam, Jakarta: RajaGrafindo Persada

Moleong, J. L. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasrullah. 2015. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Salam. Volume 10 No. I. Bulan Juni 2015.

Nopiarti, Umi. 2015. “Internalisasi Nilai-Nilai Islam Untuk Pembentukan Akhlak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD Muhammadiyah 16 Karangasem, Laweyan, Surakarta”. Tesis. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Rois Mahfud, 2011. Al-Islam Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Erlangga.

Subakti, Eka Ganjar. 2012. “Implementasi Pendidikan Agama Islam Di SD Islam Terpadu (Studi Deskriptif pada SD Plus Islam Terpadu Bhaskara Sukamelang-Subang Tahun 2010-2011)”. Dalam Jurnal Tarbawi Volume 1 No.1 Maret 2012.

Wardi, Muhammad. 2012. “Penerapan Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Perubahan Sosial Remaja”. Dalam Jurnal Tadrîs Volume 7 Nomor 1 Juni 2012.

Tanzi, Norma, tt. The Child in Islam: A Muslim Parent‟s Handbook, terj. Nawang Sri Wahyuningsih, Wahai Ibu kenali Anakmu:Pegangan Orang tua Mendidik Anak.

Tebba, Sudirman, 2004. Orientasi Sufistik Cak Nur, Jakarta: KPP

Yunus, Yunus, 1983. Metode Khusus Pendidikan Agama, Jakarta: PT. Hidakarya Agung.

Published
2020-06-16
How to Cite
Gafur, A. (2020). Model Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Pada Anak-anak Panti Asuhan Mawar Putih Mardhotillah di Indralaya. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 4(1), 60-73. https://doi.org/10.22437/titian.v4i1.8145
Section
Articles