THE POLITICAL ETHICS REVOLUSI ETIKA POLITIK TEORI FILSAFAT KONTEMPORER TERHADAP KONSEP ETIKA IBN SINA konsep etika Ibn Sina.

Isi Artikel Utama

AGUS TINA

Abstrak

: Tema etika dalam dunia filsafat Islam dewasa ini kurang diberikan tempat yang eksis atau tinggi. Pembahasan tentang etika hanya difokuskan pada area privat dan belum pernah dikaji pada area publik. Sejatinya ranah politik dalam Islam memiliki jenis filsafat dan fiqh yang terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman dari masa klasik dan mutakhir. Di Indonesia etika politik lebih sering interpretasi dalam kajian normatif, yang berhubungan dengan moral penguasa, bentuk kebijakan pemerintah dan seperangkat aturan yang dikeluarkan. Saat ini konsep kajian etika politik yang terjadi jarang bertolak ukur pada realita yang nyata dalam dunia politik. Berlandaskan pisau analisis etika politik Ibn Sina sangat penting untuk ditelaah secara mendalam realistis serta historis. Pandangan ini sangat berbeda dengan pemikir politik yang lain, karena Ibn Sina membahas politik secara detail, dari ranah individu, keluarga dan masyarakat. Fokus penelitian ini membahas tentang etika politik, dengan menggunakan kerangka teori hermeneutika pandangan Gadamer untuk menginterpretasi struktur etika politik dan menjelaskan pandangan Ibn Sina sebagai objek panting dalam mengkonstruksi makna, tujuannya untuk memberikan pemahaman yang menyeluruh. Penelitian ini menggunakan studi kualitatif dengan metode deskriptif dengan serangkaian rujukan kitab siyasah dan buku filsafat yang membahas etika. Penelitian ini untuk menjelaskan konsep etika politik Ibn Sina yang didasarkan prinsip filsafat dan agama. Dengan menunjukan relevansi etika dalam konteks politik Indonesia yang sprite ideologi nya adalah Islam.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
TINA, A. (2023). THE POLITICAL ETHICS REVOLUSI ETIKA POLITIK TEORI FILSAFAT KONTEMPORER TERHADAP KONSEP ETIKA IBN SINA: konsep etika Ibn Sina. Siginjai: Jurnal Sejarah, 3(1), 50-65. https://doi.org/10.22437/js.v3i1.24880
Bagian
Articles