Efektivitas Project Based Learning dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Lempar Lembing Mahasiswa Kepelatihan Olahraga

Authors

  • Arsil Arsil Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar, Universitas Jambi
  • Ely Yuliawan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/sc.v3i2.31132

Keywords:

Keterapilan lempar lembing, Project Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana keefektifan model pembelajaran berbasis proyek dalam konteks kurikulum merdeka terhadap peningkatan kemampuan teknik dasar lempar lembing pada mahasiswa kepelatihan olahraga di Universitas Jambi. Metode penelitian yang diterapkan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menerapkan metode eksperimen, yang melibatkan model penelitian pre-test-post-test pada kelompok mahasiswa berjumlah 26 orang. Analisis data menghasilkan temuan yang signifikan. Terdapat perbedaan yang nyata dalam keterampilan teknik dasar lempar lembing mahasiswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model belajar berbasis proyek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan teknik dasar lempar lembing pada mahasiswa kepelatihan olahraga. Analisis statistik menegaskan bahwa perubahan ini bukanlah hasil kebetulan, melainkan dipengaruhi secara positif oleh model pembelajaran yang diterapkan. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan teknik dasar lempar lembing mahasiswa. Efektivitas ini dinilai berada pada kategori baik, menunjukkan bahwa model pembelajaran tersebut memberikan dampak positif dan signifikan terhadap perkembangan keterampilan olahraga mahasiswa kepelatihan. Dengan temuan ini, penelitian ini memberikan kontribusi penting untuk pengembangan kurikulum olahraga dan strategi pembelajaran di tingkat perguruan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, K., & Rahayu, E. T. (2023). Efektivitas Project Based Learning dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Aktivitas Pengembangan Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), 263-269.

Selis, S., Artamevia, T., Ramdani, T., Efendi, V. A., Nugraha, Y. T., & Rahayu, E. T. (2023). Efektivitas Project Based Learning Dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Permainan Bola Basket Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 1118- 1122.

Chasanah, A. R. U., Khoiri, N., & Nuroso, H. (2016). Efektivitas model project based learning terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan kalor kelas X SMAN 1 Wonosegoro tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 19-24.

Laili, I. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306-315.

Triningsih, R., & Mawardi, M. (2020). Efektivitas problem based learning dan project based learning ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa sd. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 51-56.

Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307-314.

Cahyani, A. E. M., Mayasari, T., & Sasono, M. (2020). Efektivitas e-modul project based learning berintegrasi stem terhadap kreativitas siswa smk. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 15.

Dywan, A. A., & Airlanda, G. S. (2020). Efektivitas model pembelajaran project based learning berbasis stem dan tidak berbasis sTEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 344-354.

Susanta, A., & Susanto, E. (2020). Efektivitas project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Theorems, 5(1), 61-68.

Suryaman, M. (2020, October). Orientasi pengembangan kurikulum merdeka belajar. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 13-28).

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201.

Published

2023-12-01

Issue

Section

Articles