Tingkat Kecerdasan Emosional Atlet Sepakbola PS IKM FC Usia 15 Tahun

Authors

  • Bangkit Yudho Prabowo Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi
  • Angger Hikmawan Universitas Jambi
  • Boy Indrayana Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/sc.v4i1.28267

Keywords:

Kecerdasan emosi, pemain sepak bola

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan belum diketahui tingkat kecerdasan emosi pemain sepak bola U-15 tahun di PS IKM FC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosi pemain sepak bola U-15 tahun di PS IKM FC. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Populasi pada penelitian ini adalah pemain sepak bola U-15 tahun di PS IKM FC yang berjumlah 23 atlet. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah total sampling yang berjumlah 23 atlet. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil analisis data, deskripsi, pengujian hasil penelitian, dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat kecerdasan emosi pemain sepak bola U-15 Tahun di PS IKM berada pada kategori sangat baik sebesar 8,7% (2 atlet), kategori baik sebesar 17,4% (4 atlet), kategori cukup sebesar 47,7% (11 atlet), kategori kurang sebesar 17,4% (4 atlet), dan kategori sangat kurang sebesar 8,7% (2 atlet). Berdasarkan nilai rata-rata, yaitu 208,09 tingkat kecerdasan emosi pemain sepak bola U-15 Tahun di PS IKM masuk dalam kategori cukup, dikarenakan berdasarkan hasil analisis data tingkat kecerdasan emosi pemain sepak bola U-15 Tahun di PS IKM paling mendominasi berada pada kategori cukup yaitu  sebesar 47,7% (11 atlet).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Boyatzis, R. E. (2006). The Competent Manager: A Model for Effective Performance. John Wiley & Sons.

Desminta. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dewantara, Wisnu Angga. 2014. Tingkat Kecerdasan Emosi Atlet POMNAS Yogyakarta Cabang Sepakbola Tahun 2013. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.

Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. Bantam Books.

Goleman, Daniel. 2000. Kecerdasan Emosional: Mengapa EI lebih penting dari IQ. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gottman, John. 2001. Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional (terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gunarsa, Singgih D. 2004. Psikologi Olahraga Prestasi. Jakarta: Gunung Herwin. 2006. Diktat Pembelajaran Keterampilan Sepakbola Dasar. Yogyakarta. FIK: UNY.

Hurlock, Elizabeth B. 2000. Jilid 1. Perkembangan Anak Edisi keenam (Med.Meitasari Tjandrasa. Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Husdarta. 2010. Psikologi Olahraga. Bandung: Alfabeta.

Irianto, Subagyo. 2010. Pedoman Pelaksanaan Pengembangan Tes Kecakapan “David Lee” untuk Sekolah Sepakbola (SSB) Kelompok Umur 14-15 Tahun. Yogyakarta: FIK UNY.

Istrada, Erik. 2009. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi terhadap Kecemasan Pada Atlet Sebelum Menghadapi Pertandingan Bulutangkis. Yogyakarta: FIK UNY.

Jahja. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Media Group. Luxbacher, Joseph A. 2011. Sepakbola. Edisi ke- 2, Cetakan ke 5. Jakarta: PT. Raja Persada.

Mayer, J. D., Salovey, P., & Caruso, D. R. (2004). Emotional Intelligence: Theory, Findings, and Implications. Psychological Inquiry, 15(3), 197-215.

Monks, dkk. 2004. Psikologi Perkembangan: pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nggermanto, agus. 2008. Quantum Quotient (kecerdasan emosi) :cara melejitkan IQ, EQ, dan SQ secara harmonis. Bandung: Nuansa

Pintrich, P. R., & Schunk, D. H. (2002). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications. Merrill Prentice Hall.

Purwanti, Endang. 2000. Pendekatan Kuantitatif dalam Penelitian Pola. FKIP:Universitas Muhammadiyah Malang.

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Sucipto, dkk. 2000. Diktat Pembelajaran Sepakbola. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukadiyanto. 2009. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Yogyakarta: FIK UNY.

Syahrini, Karyono, dan Rohmatun. 2007. Kecerdasan Emosional dan Kecemasan Premenopause pada Wanita di RW IV dan XI Kelurahan Gerbang Sari Semarang. Jurnal Psikologi Proyeksi. Semarang: UNISSULA.

Yusuf, Syamsu. 2012. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Published

2024-06-27

Issue

Section

Articles