Motivasi Mahasiswa Porkes dalam Mengikuti Kegiatan UKM Cricket Universitas Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/sc.v3i2.27321Keywords:
Motivasi, Mahasiswa, UKM CricketAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahaui mahasiswa dalam mengikuti kegiatan UKM Cricket Universitas Jambi. Jenis Penelitian ini termasuk penelitian survei dan pendekatan yang digunakan adalah melalui pendekatan deskriptif. Sampel dalam penilitian ini yaitu keseluruhan Mahasiswa UKM Cricket Universitas Jambi yang di jadikan sampel adalah berjumlah 20 orang. Berdasarkan hasil analisis data motivasi mahasiswa dalam mengikuti kegiatan UKM Cricket pada aspek Intrinsik kategori kurang sebanyak 3 orang dengan persentase 30%, kategori sedang sebanyak 7 orang dengan persentase 70%. Motivasi mahasiswa dalam mengikuti kegiatan UKM Cricket pada aspek ekstrinsik kategori kurang sebanyak 2 orang dengan persentase 20%, kategori sedang sebanyak 6 orang dengan persentase 60%, kategori baik sebanyak 2 orang dengan persentase 20%. Motivasi mahasiswa dalam mengikuti kegiatan UKM Cricket pada aspek Intrinsik kategori sangat kurang sebanyak 3 orang dengan persentase 30%, kategori kurang sebanyak 3 orang dengan persentase 30%, kategori sedang sebanyak 1 orang dengan persentase 10%, kategori baik sebanyak 3 orang dengan persentase 30%. Motivasi mahasiswa dalam mengikuti kegiatan UKM Cricket pada aspek ekstrinsik kategori kurang sekali sebanyak 4 orang dengan persentase 40%, kategori kurang sebanyak 4 orang dengan persentase 40%, kategori sedang sebanyak 2 orang dengan persentase 20%, kategori baik sebanyak 2 orang dengan persentase 20%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah motivasi mahasiswa dalam mengikuti kegiatan UKM Cricket pada kategori sedang.
Downloads
References
A.M Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajawali Pers
Akbar Adi Pamungkas, K., Indarto, P., Ahmad Yani, J., Pos, T., & Kartasura, P. (2021). Dampak Metode Latihan Drill dan Strokes Terhadap Ketepatan Arah Smash pada Permainan Bulutangkis. The Impact of Drill and Strokes Training Methods on the Accur. JPJ (Jurnal Pendidikan Jasmani, 2(2), 66.
Amani, M., & Priambodo, A. (2019). Identifikasi Motivasi Pelajar Perempuan Mengikuti Olahraga Beladiri. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 241–244.
Anas Sudijono (2015), Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwa, S. (2000). Sikap Manusia: Teori dan pengukuran. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Azwar, Saifuddin. 2000. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Azzaky, A. R. (2015). Hubungan antara kebugaran jasmani, inteligensi, dan motivasi dengan prestasi belajar Pendidikan Jasmani pada siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bantarsari. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Cricket Foundation. Pont, I. 2010. Coaching Youth Cricket. United States of America: Human Kinetics, Inc. Reviewed, M. P., & Journal, I. O. (2017). Multidisciplinary CONSTRUCTION OF BOWLING SKILL TEST IN. International Journal, February. www.eprajournals.com
Gunarsa, Singgih D. 2008. Psikologi Anak: Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia
H.J.S Husdarta. (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Harianto dan Sasminta. (2016). Perbandingan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Antara Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Gondang Dengan Mts Miftahul Ulum Gondang, Kabupaten Mojokerto. Jurnal IPTEK Olahraga, 16(1), 79–102.
Hendri, G., & Aziz, I. (2020). Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Patriot, 2(1), 171–181. https://www.neliti.com/publications/320934/
Henri, S. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Ketiga). Yogyakarta. STIE YKPM.
Heri, S., Aminudin, R., & Purbangkara, T. (2022). Motivasi Siswa dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Futsal di SMA Negeri 1 Jatisari. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 6(1), 8–13.
Husdarta (2010). Sejarah dan Filsafat, Bandung: Alfabeta
Jarvis, Matt, 2006. Teori-teori Psikologi, cet x, Bandung: Nusa Media,
Jonika Trishandra. (2018). Pengaruh metode pembelajaran global dan elementer terhadap keterampilan teknik batting (memukul bola) Atlet cricket universitas padang.
Kurnia, N., Lesmana, H. S., Yendrizal, Y., & Mardela, R. (2020). Tinjauan Kondisi Fisik Atlet Cricket Putri Sumatera Barat. Jurnal Patriot, 2(4),
Kemenpora. (2009).Cricket Indonesia.Jakarta:Yayasan Cricket Indonesia
M. Ngalim Purwanto., 1986. Prinsip-prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Karya
Mulyasa (2004). Implementasi Kurikulum 2004. Panduan Pembelajaran KBK. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.
Mylsidayu, A (2014). Psikologi Olahraga, Jakarta: Bumi Akasara
Oemar, H (2004). Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Prihanto Arimbawa, K. A., Sudiana, I. K., & Sudarmada, I. N. (2022). Motivasi Siswa Mengikuti Ekstrakurikuler Bola Voli di SMPN se-Kecamatan Selemadeg Timur Kabupaten Tabanan. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 9(3), 90–98. https://doi.org/10.23887/jjp.v9i3.43943
Persatuan Cricket Indonesia. 2006. Pengantar Olahraga Cricket. Jakarta : Indonesia
Ratna, K (2021). Sosialisasi cabang Olaharaga Cricket se-kebupaten Sragen Tahun 2020.
Rohiat. (2012). Manajemen Sekolah: teori dasar dan praktik. Bandung: PT Refika Aditama
Sahroni, B., & Hartati, S. C. Y. (2017). Pengaruh Penerapan Permainan Kecil Terhadap Motivasi Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 05, 279–285. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/21255/19490
Sardiman, A (2016). Interaksi dan Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press
Setiawan, A. (2013). Motivasi Siswa SMA Negeri 1 Bobotsari dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Sepak Bola. 13
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & B, Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung
Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sulaeman, W., Dimyati, A., & Yuda, A. K. (2021). Motivasi Siswi Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bola Voli Sman1 Tempuran. Jurnal Speed (Sport, Physical Education AND EMPOWERMENT), 4(November), 129–137.
Syamsuddin (2016). Paradigma Metode Penelitian. Makassar: Shofia