Peran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMP Nasional Sariputra Kota Jambi

Authors

  • Frengki N. D. Purba Universitas Jambi
  • Boy Indrayana Universitas Jambi
  • Sugih Suhartini Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/sc.v3i1.24665

Keywords:

Peran Guru, Pendidikan Jasmani

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru PJOK dalam melaksanakan pembelajaran mengetahui minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan serta mengetahui minat siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Nasional Sariputra Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, karena permasalahan yang akan diteliti bersifat sementara dan berkembang sesuai dengan penelitian yang akan dilakukan. Penelitian yang digunakan terdiri dari 2 tahapan yaitu dimulai dari pengumpulan data dan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu guru sebagai pendidik, guru sebagai pembimbing, guru sebagai motivator, dan guru harus bisa mencairkan suasana supaya siswa tidak malas dalam mengikuti pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus S. Suryobroto. (2004). Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani: Universitas Negeri Yogyakarta:Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. 2013, Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Al Fuad, Zaki dan Zuraini Z. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas I SDN 7 Kute Panang. Tunas Bangsa Vol.III. No.2

Anwar, Hairil. (2018) Survei Minat Belajar Mata Pelajaran Olahraga Dengan Mata Pelajaran Matematika Terhadap Siswa SMP Negeri Satap Palangka Kecamatan Sinjai Selatan. Tesis. Pascasarjana. Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Cahya Putra, Ardiyantoro (2021) PEMILIHAN SEKOLAH DASAR PENERIMA BANTUAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA ERA NEW NORMAL DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT DI KECAMATAN JIWAN KABUPATEN MADIUN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Dini Rosdiani. (2013). Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan kesehatan. Bandung: Alfabeta

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

KBBI, (2004). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Ihsana, (2017). Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Narimawati, Umi. (2008). “Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif, Teori Dan Aplikasi.†Bandung: Agung Media 9.

Novita Wulan Sari (2017) Peran Kultur Sekolah dalam Membangun Prestasi Siswa. S1 thesis, FIS.

Safari. 2003. Indikator Minat Belajar. Jakarta. Rineka Cipta

Saudagar, Fachruddin; Ali Idrus. 2009. Pengembangan Profesionalitas Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta.

. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugihartono, dkk. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet

Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Undang-Undang RI Nomor 20 pasal 37 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Published

2023-06-01

Issue

Section

Articles