Analisis Kemampuan Tendangan Lingkar Dalam Anggota Tarung Derajat Satlat Kantor Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Authors

  • Tiwik Punassari Universitas Jambi
  • Ugi Nugraha Universitas Jambi
  • Rasyono Rasyono Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/sc.v3i1.24655

Keywords:

kemampuan, tendangan lingkar dalam, Tarung Derajat

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemampuan tendangan lingkar dalam anggota Tarung Derajat satlat kantor bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey dengan lembar observasi tes. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan tendangan lingkar dalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan tendangan lingkar dalam anggota tarung Derajat satlat kantor bupati kabupaten Tanjung Jabung Timur yang memiliki kategori sangat baik sebanyak 1 orang dengan persentase 10%, yang memiliki kategori baik sebanyak 2 orang dengan persentase 20%, yang memiliki kategori cukup sebanyak 3 orang dengan persentase 30%, dan yang memiliki kategori kurang sebanyak 4 orang dengan persentase 40%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil kemampuan tendangan lingkar dalam anggota Tarung Derajat satlat kantor bupati kabupaten Tanjung Jabung Timur masih berkategori kurang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusta, I. (2003). Teknik pengumpulan dan analisis data kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27(10).

Alnedral, A. (2016). Pembentukan Karakter-Cerdas Atlet Tarung Derajat. Jurnal Performa Olahraga, 1(1), 44-55.

Chairad, M. (2014). Sejarah dan Perkembangan Beladiri Tarung Derajat. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13(02), 29-37.

Dradjat, Achmad Guru Haji. 2003. Kawah Dradjat Bandung: Pusat Pembinaan Moral Dan Mental (MORTAL-GHADA). Bahan dan Pelatihan Tarung Derajat Tingkat Pelatihan Pengda KODRAT se Indonesia.

Hutabarat, B. F. M., Sukendro, S., & Muzzafar, A. (2021). Analisis Keterampilan Pukulan Gyaku Tsuki Ketika Kumite Pada Atlet Senior Jambi Karate Club. Jurnal Pion, 1(1), 25-33.

Khikmah, A., & Winarno, M. E. (2019). Survei sarana dan prasarana pendidikan jasmani di madrasah tsanawiyah (mts) se-kecamatan klojen kota malang pada semester ganjil tahun 2017. Indonesian Journal of Sport and Physical Education, 1(1), 12-19.

Putri, M., & Yuliawan, E. (2021). Hubungan Power Tungkai Dengan Kecepatan Lari Sprint 50 Meter pada Siswa Putra Kelas VIII SMP Negeri 1 Muaro Jambi: Power Limb Relationship With Sprint Speed of 50 Meters in Men's Students Class VIII State Junior High School 1 Muaro Jambi. Score, 1(1), 1-13.

Trisno, Ardiansyah. 2011. “Pengaruh Latihan Multi Balance Terhadap Ketepatan ‘Tendangan Lingkar’ Dalam Atlet Tarung Derajat Kurata 2 Satuan Latihan UKM UNJA.†FIK UNJA.

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.

Published

2023-06-01

Issue

Section

Articles