Pengembangan Video Latihan Dasar Tenis Lapangan
DOI:
https://doi.org/10.22437/sc.v3i1.24638Keywords:
Latihan Dasar, Tenis LapanganAbstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa Video Latihan Dasar Tenis Lapangan yang layak untuk dijadikan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan. Prosedur penelitian dilakukan melalui tahapan 1) analisis 2) desain 3) pengembangan 4) implementasi 5) evaluasi. Hasil dari penelitian pengembangan video latihan dasar tenis lapangan adalah layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan kategori “Sangat Baikâ€. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian dari ahli materi tahap I 86% dan ahli materi tahap II 96% ahli media tahap I 81,3% dan ahli media tahap II 92% serta uji kelompok kecil 92,8% dan uji kelompok besar 96% dengan kategori “sangat baikâ€Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Produk Pengembangan Video Latihan Dasar Tenis Lapangan telah dinyatakan “Sangat Baik†digunakan untuk media pembelajaran.
Downloads
References
Agung, A. A. Gede. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Singaraja
Hidayati abna. Dkk. 2014. The Development Of Character Education Curriculum For Elementary Student In West Sumatra. ISSN: 2201-6333 (Print) ISSN: 2201-6740 (Online) Vol. 2 No. 6.
Lardner, R. 2013. Fundamental Tenis. Semarang : Dahara Prize
Lardner, Rex. (2003) Pedoman lengkap bermain tenis. Semarang : Dahara Prize.
Magethi, B. (1990). Tenis Para Bintang. Bandung: Pionir Jaya.
Mahadewi, L. P. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2015). Text-based programming: Konsep dasar & aplikasi pengembangan produk pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mahadewi, Luh Putu Putrini., dkk. 2012. Media pembelajaran. Jurusan teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.
Murti, H. 2002.Tenis Sebagai Prestasi Dan Profesi. Jakarta : Tyas Biratno Pallal
Panje, M. dkk. 2016. Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Indonesia Teknik Membaca Puisi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan. EISSN: 2502-471 IX Vol. I, No. 8.
Rusman, Kurniawan, D. & Riyana, C. (2012). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi mengembangkan profesi guru. Jakarta: Raja Grafindo
Tengeh, I Made dan I Made Kirna 2010. Metode Penelitian Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140-146.
Yuliawan, E. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Lompat Jauh Pada Siswa Sekolah Dasar. Cerdas Sifa Pendidikan, 4(1).