Analisis Keterampilan Teknik Dasar Bowling Atlet Cricket Kota Jambi

Authors

  • Irma Rizki Universitas Jambi
  • Ugi Nugraha Universitas Jambi
  • Yusradinafi Yusradinafi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/sc.v3i1.24008

Keywords:

Keterampilan, Teknik Dasar, Bowling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan teknik dasar bowling atlet cricket Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan pengamatan dan pencatatan terhadap hasil tes keterampilan teknik dasar bowling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 2 orang atlet cricket Kota Jambi (10%) yang memiliki keterampilan teknik dasar bowling kategori cukup. Sebanyak 11 orang atlet cricket Kota Jambi (55%) yang memiliki keterampilan teknik dasar bowling kategori baik. Sebanyak 7 orang atlet cricket Kota Jambi (35%) yang memiliki keterampilan teknik dasar bowling kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan data yang sudah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan teknik dasar bowling atlet cricket Kota Jambi berada pada kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, I. Z. (2016). Hubungan Antara Power Tungkai, Koordinasi Mata-Tangan, Dan Rasa Percaya Diri Dengan Hasil Keterampilan Open Spike Bola Voli. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 4(1).

Aditia. (2015). Survei Penerapan Nilai-Nilai Positif Olahraga Dalam Interaksi Sosial Antara Siswa Di SMA Negeri Se-Kabupaten Wonosobo Tahun 2014/2015. Journal Of Physical Education. Volume 4 Nomor 12, Halaman: 2252.

Arikunto. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Basri, H., Pamungkas, G. W., & Abidin, D. (2021). Hubungan Power Lengan Dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Akurasi Lemparan Bowling Pada Atlet Cricket Putri Kota Bekasi. Paradigma, 18 (1), 53-59.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya : Media Sahabat Cendekia.

Siyato, Sandu. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Kedir: Literasi Media Publishing.

Sudjono, Anas. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Winarno. (2013). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Malang : Universitas Negeri Malang (UM PRESS)

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).

Published

2023-06-01

Issue

Section

Articles