Motivasi Mahasiswa Pendidikan Olahraga dan Kesehatan dalam Memelihara Kebugaran pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Nabila Tanti Pramuja Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi
  • Wawan Junresti Daya Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi
  • Rafzan Rafzan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.22437/sc.v4i1.18439

Keywords:

Motivasi, Mahasiswa, Kebugaran Jasmani, Covid-19

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya motivasi mahasiswa dalam memelihara kebugaran jasmani selama pandemi Covid-19, yang dapat mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Jambi dalam memelihara kebugaran jasmani pada masa pandemi. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan populasi 121 mahasiswa semester 5 tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling-simple random sampling, dengan 35 responden yang diambil secara acak. Data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan menggunakan Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi mahasiswa dalam memelihara kebugaran jasmani selama pandemi berada pada kategori tinggi, dengan 57,1% responden (20 dari 35) menunjukkan tingkat motivasi yang tinggi. Kesimpulannya, meskipun tantangan pandemi, mahasiswa Prodi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Jambi tetap memiliki motivasi yang kuat untuk menjaga kebugaran jasmani. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mengeksplorasi faktor-faktor yang mendukung motivasi tersebut dan strategi untuk mempertahankan atau meningkatkan motivasi di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alycia K Nadya & Hakim A Abdul. (2021). Motivasi Menjaga Kebugaran Jasmani Atlet PON Dayung Jawa Timur dalam Menghadapi Pon 2021 Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Olahraga, hal 409 – 418.

Azis A.L. (2017). Pengaruh Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Kelas X Peserta Didik Kelas X Di SMKN 4 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

Dewi Ni Komang, Astra I.K Budaya & Suwiwa I.G. (2020). Motivasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Menjaga Kebugaran Jasmani Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, hal 1-9.

Ena & Djami. (2020). Peranan Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Minat Personel Bhabinkamtibmas Polres Kupang Kota. Jurnal Among Makarti Vol.13 No.2

Hamdani, H., Mulyanti, R. Y., & Abdillah, F. (2019). Pengaruh motivasi intrinsik dan ekstrinsik terhadap kinerja pengemudi Grabbike. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 9(2), 89-103.

Husdarta. (2010). Psikologi Olahraga. Bandung : Alfabeta

Kolcaba, K. (2003) Comfort Theory and Practice: A Vision For Holistic Health Care and Research. New York: Springer Publishing Company.

Komarudin. (2015) Psikologi Olahraga. Bandung: Rosda

Majid. (2020). Perilaku Aktivitas Olahraga Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Pada Masyarakat. Jurusan Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Molo, V., Parwata, I. G. L. A., & Semarayasa, I. K. (2021). Motivasi Peserta Didik terhadap Kebugaran Jasmani di Masa Pandemi Covid 19. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(1), 1-8.

Mutohir, T.C., F. Muhyi, Muhammad., Fenanlampir, Albertus. (2011). Berkarakter dengan Berolahraga Berolahraga dengan Berkarakter olahraga untuk membangun karakter bangsa. Jakarta: SPORT MEDIA.

P2PTM Kemenkes RI.(2018). Berapakah Takaran Normal Air Agar Tidak Kekurangan Cairan?. Diakses pada 16 Februari 2024. http://p2ptm.kemkes.go.id/preview/infografhic/berapa-takaran-normal-air-agartidak-kekurangan-cairan-dalam-tubuh

Prativi, G., Soegijanto, & Sutardji. 2013. Pengaruh Aktivitas Olahraga Terhadap Kebugaran Jasmani. Journal Of Sport Sciences and Fitness, hal 32-36.

Suharjana. 2012. Kebiasaan Berperilaku Hidup Sehat Dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2).

Sobur.A. 2013. Psikologi Umum Dalam Lintasan Sejarah. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugiyanto, A. N. P. (2018). Pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Suratmin. 2018. Pengantar Olahraga Rekreasi dan Olahraga Pariwisata. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Tambunan. 2015. Jenis Motivasi belajar. Jakarta: Gaung Persada.

Uno. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yasa, P. P., & Artanayasa, I. W. (2020). Motivasi atlet club renang di kabupaten badung dalam menjaga kebugaran jasmani pada masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(1), 24-33.

Published

2024-06-27

Issue

Section

Articles