Survei Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Porkes dan Kepelatihan Olahraga FKIP Universitas Jambi Tahun 2021 Terhadap Cabang Olahraga Anggar

Authors

  • Dwi Rahma Universitas Jambi
  • Grafitte Dechline Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/sc.v3i1.18138

Keywords:

Survei, Pengetahuan, Olahraga Anggar, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengetahuan mahasiswa porkes dan kepelatihan olahraga FKIP Universitas Jambi tahun 2021 pada cabang olahraga anggar. Dalam penelitian ini penulis memberikan angket dengan 25 pertanyaan kepada responden yaitu Mahasiswa Porkes dan Kepelatihan FKIP Universitas Jambi Tahun 2021. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan Universitas di Fakultas FKIP Prodi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan serta Kepelatihan olahraga. dengan jumlah populasi sebanyak 272 orang kemudian dari seluruh populasi akan dijadikan sampel penelitian dengan teknik pengambilan sampel dengan cara total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah memberikan kuesioner dengan 25 butir pertanyaan, setiap jawaban benar dapat 1 dan salah 0 yang akan diberikan nilai. Hasil Penelitian Berdasarkan deskriptif kuantitatif yang dilakukan terhadap Pengetahuan cabang olahraga anggar sebanyak 272 responden dari keseluruhan responden pada kategori paham sebanyak 40 mahasiswa dengan persentase sebesar 14,71%, kemudian pada kategori tidak paham sebanyak 232 mahasiswa dengan persentase sebesar 85,29%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka pengetahuan Mahasiswa Porkes dan Kepelatihan tahun 2021 tidak paham dengan cabang olahraga Anggar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cholid Narbuko. (2001), Metodologi Penelitian, Jakarta : PT.Bumi

Hadjarati, H.. (2010). Metodik Melatih Anggar. Provinsi Gorontalo: FIKK Universitas Negeri Gorontalo

Herdiyanto, Bagus. 2016. Pengembangan Media Pelatihan Melalui Permainan Monopoli Anggar Dalam Memperkenalkan Olahraga Anggar Untuk Atlet Kadet Pemula, Kadet, Junior. Skripsi. UNY: Yogyakarta Jujun S. Suriasumantri. (1993). Ilmu dalam Perspektif Moral, Sosial dan Politik, Jakarta: Gramedia.

Jujun S. Suriasumantri. (1993). Ilmu dalam Perspektif Moral, Sosial dan Politik, Jakarta: Gramedia.

Kurniawan, F. (2012). Kiat Praktis Latihan Anggar Anak Usia Dini. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY. Kutipan Ma’mun, Amung (2002). Konstruksi Tes Kemampuan Fisik Anggar. Jakarta: IKASI

Kurniawan, Faidillah. 2010. Mengenal Cabang Olahraga Anggar Klasik; Anggar. FIK UNY: Yogyakarta.

Lorin W Anderson dan David R. Krathwohl, 2010. Gambaran Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Terhadap Status Gizi Siswa SD Inpres 2 Pannampu. FKM-UNHAS Makassar

M. Dalyono. 1996, Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT Rineka Cipta.

M.Sajoto. 1998, Peningkatan dan pembinaan Kekuatan dan Kondisi Fisik dalam Olahraga, Semarang : Dahara Prize.

Masri Singarimbun. 1989, Metode Penelitian Survey, Jakarta : PT Pustaka LP3ES Indonesia.

Ngalim Purwanto. 1992, Psikologi Pendidikan, Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Prinsip-prinsip Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta : Rineka Cipta

Oemar Hamalik. 2000, Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algensindo

Saleh, M. S., & Malinta, S. S. (2020). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMPN 30 Makassar. Kinestetik, 4(1), 55–62. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10347

Setiawan, Rudi. 2013. Hubungan Pengetahuan Tentang Pemilihan Makanan Jajanan dengan Perilaku Anak Sekolah Dasar Dalam Memilih Makanan Jajanan di SDN Karangasem III Surakarta. Naskah Publikasi. FIK- Universitas Muhammadiyah Surakarta

Siyoto, Sandu & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metode Penelitian. Literasi Media Publishing

Soekidjo (2007). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Anak Terhadap Perilaku Pemilihan Makanan Jajanan Yang Sehat di SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta.Naskah Publikasi. FIK-Universitas Muhammadiyah Surakarta

Soekidjo Notoatmodjo (2007). Hubungan Pengetahuan Tentang Pemilihan Makanan Jajanan dengan Perilaku Anak Sekolah Dasar Dalam Memilih Makanan Jajanan di SDN Karangasem III Surakarta. Naskah Publikasi. FIK- Universitas Muhammadiyah Surakarta

Soekidjo. (2003). Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Sugihartono, dkk., (2012). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Mengenai Jajanan Aman Dengan Perilaku Memilih Jajanan Pada Siswa Kelas V SD Negeri Cipayung 2 Kota Depok. Skripsi S1, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan,2015.

Zakiroh, S.N. (2018). Pengembangan Desain Buku Saku, Perwasitan Anggar Sebagai Media Pembelajaran Atlet. Skripsi: UNY: Yogyakarta

Published

2023-06-01

Issue

Section

Articles