Motivasi Siswi Mengikuti Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di SMP 13 Tanjung Jabung Timur

Authors

  • Mardiana Mardiana Universitas Jambi
  • Ugi Nugraha Universitas Jambi
  • Iwan Budi Setiawan Universitas Jambi

Keywords:

Motivation, Education, Sprots

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar motivasi siswi mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani di SMPN 13 Tanjung Jabung Timur. banyak faktor yang mempengaruhi mata pelajaran pendidikan jasmani tidak lagi menjadi mata pelajaran favorit, salah satunya adalah yang berasal dari faktor cuaca yang panas dan kurangnya motivasi dalam melakukan kegiatan praktek pada saat jam pelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif dan analisis data yang digunakan adalah deskriptif prosentase. populasi penelitian ini adalah seluruh siswi kelas VIII di SMPN 13 Tanjung Jabung Timur yang berjumlah 60 orang. teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah 60 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswi mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani berada pada kategori motivasi sedang, p motivasi intrinsik pada motivasi siswi mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani di SMPN 13 Tanjung Jabung Timur sejumlah 52,55% dengan kategori sedang,motivasi ekstrinsik pada motivasi siswi mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani di SMPN 13 Tanjung Jabung Timur sejumlah 47,45% dengan kategori sedang. sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi siswi mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani di SMPN 13 Tanjung Jabung Timur berada di kategori sedang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal.

Emda, Mulyasa. (2002). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maksum, Ali. (2001). Kontruksi Nilai Melalui Pendidikan Olahraga. Cakrawala Pendidikan.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan.

Putri, Y. L. (2009). Pengaruh Sikap Dan Minat Belajar Terhadap Motivasi Belajar Pada Peserta Didik Pendidikan Kesetaraan Paket C Di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Jepara. Skripsi: Fakultas Ilmu Pendikan Universitas Negeri Semarang.

Saleh, & Abdul Rahman. (2004). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenanda Media.

Sardiman, A.M. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Syardiansah. (2016). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studikasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II). Jurnal Manajemen dan Keuangan.

Iqroni David. (2021). Kontribusi Pola Hidup Sehat dan Circuit Training Terhadap Kebugaran Jasmani Volume 1 (hlm. 137). Jurnal Olahraga & Kesehatan Indonesia.

Nugraha, Ugi. (2015). Hubungan persepsi, Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Jambi Edisi 1 No 1(hlm 1). Jurnal Cerdas Sifa.

Setiawan IB, & Ely Yuliawan. (2019). Sosialisasi Pencegahan Dan Rehabilitasi Cedera Olahraga Menggunakan Kinesio Taping Pada Sekolah Sepak Bola Lambur II Edisi 1 no 2 (hlm 47). Jurnal Cerdas Sifa.

Downloads

Published

2022-06-01

Issue

Section

Articles