Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Santri Putra Usia 13-15 Tahun di Yayasan Pondok Pesantren At-Tibyan

Authors

  • Tryna Nuraini Pelajar
  • Atri Widowati Universitas Jambi
  • Anggel Hardi Yanto Universitas Jambi

Keywords:

Tingkat Kebugaran, Tahfiz Qur’an

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena ingin mengetahui sejauh mana tingkat kebugaran jasmani santri putra Tahfiz Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani santri putra Tahfiz Qur’an usia 13-15 tahun di Yayasan Pondok Pesantren At-Tabyan Kecamatan Teluk Sialang, Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2021. Dalam melakukan tes untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani, terdapat beberapa instrumen tes seperti lari 50 meter, gantung angkat tubuh, baring duduk, loncat tegak, dan lari 1000 meter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, pengumpulan datanya menggunakan instrumen tes seperti lari 50 meter, gantung angkat tubuh, baring duduk, loncat tegak dan lari 1000 meter. Sampel dalam penelitian ini melibatkan 20 santri putra umur 13-15 tahun yang merupakan tahfiz Qur’an sesuai dengan kriteria dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kebugaran jasmani santri tahfiz Qur’an termasuk kategori Sedang dengan perolehan nilai 269 poin dengan nilai rata-rata 13,45 poin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an dan Terjemahannya Juz 1-30, 2011. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Fentina, Rahmi, S. 2017. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

J. Sharkey, Brian. 2003. Kebugaran dan Kesehatan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Muchlisin, Ahmad, N.P. 2020. Tes dan Pengukuran Olahraga. Banten. Yayasan Pendidikan Sosial Indonesia Maju (YPSIM).

Muhajar. 2016. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang. Kemendikbud.

Munar, H., & Yuliawan, E. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Gerak Dasar Lompat Melalui Pendekatan Bermain Lompat Lingkar Berwarna:(Efforts to Improve Learning Basic Learning Outcomes Through Approach to Playing Colored Levels). Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 1-12.

Nawawi, 2018. Buku Induk Doa & Zikir. Jakarta. PT elex Media Komputindo

Nurhasan. 2001. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani: prinsip-prinsip dan penerapannya. Jakarta : Dirjen Olahraga.

Rismayanti, Cerika. 2012. Jurnal Pemeriksaan Kesegaran Jasmani Anak Usia Sekolah Lanjutan.

Roji dan Yulianti, Eva. 2017. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Bandung. PT Thursina Madiana Utama.

Sajoto, Mochamad. 1988, Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga, Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sukadiyanto dan Muluk, Dangsina. 2011. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: CV. Lubuk Agung.

Sukendro,dkk. 2016. Fisiologi dan Latihan Olahraga. Yogyakarta. Penerbit WR Gambiran UH V/45.

Sutja, Akmal, dkk. 2017. Penulisan Skripsi untuk Prodi Bimbingan Konseling. Yogyakarta. Wahana Resolusi.

Widowati, Atri, dkk. 2018. Senam Dasar Pengantar, Teori, dan Jenis-jenis Senam Lantai. Jambi. Salim Media Indonesia (Anggota IKAPI).

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles