Tinjauan Kelincahan dan Kecepatan Atlet UKM Anggar Universitas Jambi

Authors

  • Muhammad Ali Universitas Jambi
  • Graffite Dechline Universitas Jambi
  • M. Arif Kurniawan Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/sc.v2i1.17449

Keywords:

Tinjauan, Kelincahan dan Kecepatan, Anggar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelincahan dan kecepatan atlet UKM anggar Universitas Jambi, penelitian ini dilakukan di GOR Pendidikan olahraga dan kepelatihan Universitas Jambi  dilaksanakan pada tanggal 26 s.d 31 November 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Deskriptif Kuantitatif, yakni suatu penelitian dimana peneliti memberikan uji tes pengukuran menggunakan Instrumen tes agility t-test dan run test (lari 30 meter) untuk mengukur kelincahan dan kecepatan. Setelah dilakukan tes maka hasil dari tes yang didapatkan berupa data kuantitatif yang nanti akan dideskripsikan.  Hasil dari tes ini akan memberikan manfaat secara teoritis dan praktis. Hasil penelitian Tinjauan yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa data dari 10 atlet UKM anggar Universitas Jambi kategori kelincahan, dengan 0 % mempunyai Kelincahan Sangat Baik, 20 % mempunyai Kelincahan Baik, 30 % mempunyai Kelincahan Cukup, 50 % mempunyai Kelincahan Kurang. Dan hasil dari penelitian Tinjauan kecepatan pada 10 atlet UKM anggar Universitas Jambi maka diperoleh data 0 % mempunyai kecepatan baik sekali, 40 % mempunyai kecepatan baik, 20 % mempunyai kecepatan cukup, 10 % mempunyai kecepatan sedang dan 30 % mempunyai kecepatan kurang. Berikut dari hasil penelitian sehingga bisa menjadi kajian dan masukan kepada para pelatih dan atlet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldera, N., & Ismalasari, R. (2018). Analisis kecepatan, kelincahan, kekuatan dan vo2max terhadap atlet cabang olahraga anggar putra Kabupaten Situbondo. Jurnal Prestasi Olahraga, 3(1), 1-3

Arikunto, Suharsimi.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta

Depdiknas. (2000). Pedoman dan Modul Pelatihan Kesehatan Olahraga bagi Pelatih Olahraga Pelajar. Jakarta

Felani, m. F., & faruk, m. (2019). Analisis tingkat kondisi fisik pemain futsal rejeki sport club (rsc) duduksampeyan gresik u-20. Jurnal prestasi olahraga, 2(2).

Hadjarati, Hartono. 2010. Metodik Melatih Anggar. Gorontalo: FIKK Universitas Negeri Gorontalo

Harsono. 1988. Coaching Dan Aspek-Aspek Psikologi Dalam Coaching. C.V.Tambak Kusuma: Jakarta.

Hendri, Irawadi. 2014, Kondisi Fisik Dan Pengukurannya. Padang: UNP PRESS

Ismaryati.2009. Tes Dan Pengukuran Olahraga. LPP UNS. Surakarta.

Kurniawan, F. (2010). Faktor Penghambat dalam Berprestasi Maksimal pada Atlet Cabang Olahraga Anggar di DIY

Kurniawan, F. (2010). Mengenal Cabang Olahraga Klasik Anggar, Yogyakarta: FIK UNY

Marjana, Wayan. 2014. Pengaruh Pelatihan Shuttle Run Terhadap Kecepatan Dan Kelincahan. E-Journal IKOR Universitas Pendidikan Ganesha(Volume 1). Singaraja.

M. Sajoto. (2005). Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti. P2LPTK

Noer, A.H. 1990. Ilmu Kepelatihan Dasar. FKIP UNS. Surakarta

Rimasa, D., & Sartono, H. (2020). Kontribusi Kelincahan dan Keseimbangan terhadap Hasil Serangan Teknik Ballestra pada Olahraga Anggar Jenis Senjata Sabel. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 12(1), 39-44.

Rudiyanto. 2012. “Hubungan Berat Badan Tinggi Badan Dan Panjang Tungkai

Terhadap Kelincahanâ€. Jurnal JSSF Vol.1 (2). Semarang.

Saputri, Leny Indah. 2012. Kontribusi Kekuatan Otot Tungkai Dan Kecepatan Terhadap Hasil Footwork Mahasiswa Ukm Bulutangkis. FIK UNNES. Semarang

Shodrina, N. (2018). Pengembangan Desain Buku Saku Perwasitan Anggar Sebagai Media Pembelajaran Atlet, Skripsi. Pend. Kepelatihan Olahraga -S1. 7(3)

Sugiyono.2016. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta CV. Bandung.

Suhendro, Andi, Dkk. 2020. Dasar- Dasar Kepelatihan,Edisi Pertama.Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Trisnowiyanto, B. (2016). Latihan Peningkatan Kemampuan Biomotor (Kelincahan, Kecepatan, Keseimbangan Dan Fleksibilitas) Dengan Teknik Lari (Shuttle Run, Zig-Zag, Formasi 8) Pada Pesilat. Jurnal Keterapian Fisik, 1(2), 82-89

Trisnowiyanto, Bambang. 2019. Latihan Peningkatan Kemampuan Biomotor. Journal of Physical Education and Sports. Surakarta

Widiastuti. 2011. Tes Dan Pengukuran Olahraga. Pt Bumi Timur Jaya: Jakarta.

Downloads

Published

2022-06-01

Issue

Section

Articles