Minat Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Kota Jambi Dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Renang

Authors

  • Alexander Kurniawan Universitas Jambi
  • Kms. Nanda Fathurrachman Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/sc.v2i1.17226

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat siswa kelas VII SMP Negeri 16 Kota Jambi dalam mengikuti ekstrakurikuler berenang Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 16 Kota Jambi dan diambil sampel sebanyak tiga kelas VII SMP Negeri 16 Kota Jambi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 16 Kota Jambi Dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Renang berada pada kategori sangat tinggi sebesar 57% (53 siswa), tinggi sebesar 43% (40 siswa), sedang sebesar 0% (0 siswa), rendah sebesar 0% (0 siswa), dan sangat rendah sebesar 0% (0 siswa). Maka dapat disimpulkan bahwa minat siswa kelas VII SMP Negeri 16 Kota Jambi dalam mengikuti ekstrakurikuler renang termasuk dalam kategori “sangat tinggi†yaitu sebesar 57% dengan jumlah siswa yaitu 53 siswa.

Kata kunci : Minat, Ekstrakurikuler Renang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardi. (2011). “Faktor-faktor dan Aspek-aspek Minatâ€. Diambil pada tanggal 15 Mei 2021, dari http://www.psychologymania.com/2011/08/faktor-faktor-danaspek- aspek-minat.html.

Arikunto, 2006. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktikâ€. Rineka Cipta. Jakarta.

_______, 2010. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi)â€. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Atika Dyah Purwani. (2012). Minat Siswa Kelas IV dan V SD Negeri 2 Kedungbenda Kemangkon Purbalingga Terhadap Ekstrakurikuler Bola Voli. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

David Haller, 1982. Belajar Berenang. Bandung : Pionir Jaya.

Depdiknas, 2002, Pedoman Penyusunan Skripsi Mahasiswa Program Strata 1 Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Dikko Yunanta Geroha. (2013). Minat Siswa Kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri 2 Kaliajir Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara Terhadap Pengadaan Ekstrakurikuler Renang. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Edo Prasetyo. (2017). Hubungan Antara Frekuensi Gerakan Kaki Dengan Prestasi Renang Gaya Crawl 50 Meter. Indonesian Performance Journal, 1 Nomor 2, 82.

Elizabeth B. Hurlock. (1997). Perkembangan Anak Jilid 2. (re. 6th ed.). (Terjemahan: dr. Med. Meitasari Tjandrasa). Jakarta: Penerbit Erlangga. Ginanjar Asmasoebrata. (2012). Serba Tahu Dunia Olahraga. Surabaya: Dafa Publishing.

Isna Pratiwi. (2015). Sekolah Renang Di Kota Semarang Dengan Penekanan Desain Sustainable Architecture. Journal Of Architecture, 4 Nomor 2.

Lestari, R. Y. (2016). Peran kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan watak kewarganegaraan peserta didik. Untirta Civic Education Journal, 1 Nomor 2, 138–140.

Ngalim Purwanto. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nia Hidayati. (2009). Mengembangkan Bakat dan Minat. Diambil pada tanggal 15 Mei 2021, dari http://niahidayati.net/mengembangkan-bakat-danminat. html#more-761

Rasyono. (2016). Ekstrakurikuler Sebagai Dasar Pembinaan Olahraga Pelajar. Journal of Physical Education, Health and Sport, Volume 3 N, 44.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rev. Ed. Cet. 5. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: RINEKA CIPTA.

Winarto M.E., 2006. “Perspektif Pendidikan Jasmani dan Olahragaâ€. Laboratorium Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Malang.

Yudi Ruspiandi. (2016). Persepsi siswa SMA N 1 Parigi Pangandaran Terhadap Pembelajaran Renang. Jurnal Pendidikan Dan Rekreasi, 5 Nomor 4, 2.

Downloads

Published

2022-06-01

Issue

Section

Articles