ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMA BERGAYA BELAJAR VISUAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
DOI:
https://doi.org/10.1234/sainmatikaunja.v5i2.42647Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan belajar siswa SMA bergaya belajar visual dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian siswa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 5 Kerinci, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa bergaya belajar mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel yang diperoleh melalui tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Pada indikator pertama ketidakmampuan memahami konsep dengan benar 3 subjek(SVs.1, SVs.3, dan SVs.4) bergaya belajar visual kurang mampu mengungkapkan semua informasi yang terkandung dalam soal dan kurang mampu mengungkapkan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal, pada indikator kedua ketidakmampuan menggunakan data 4 subjek (SVs.1, SVs.2, SVs.3, dan SVs.4) bergaya belajar visual mengalami kesulitan dalam mengaitkan informasi yang ada berupa kesalahan penggunaa data yang tidak diperlukan pada indikator ketiga ketidakmampuan mengartikan bahasa matematika 3 subjek(SVs.1, SVs.2, dan SVs.4) subjek bergaya belajar visual mengalami kesulitan pada saat menginterpretasi bahasa matematika berupa kesalahan dalam mengartikan soal, pada indikator ketidakmampuan melakukan opersi hitung 4 subjek (SVs.1, SVs.2, SVs.3, dan SVs.4) bergaya belajar visual mengalami kesulitan pada saat melakukan pengoperasian hitung berupa kesalahan melakukan operasi hitung dalam menyelesaikan soal cerita, pada indikator kelima ketidakmampuan menarik kesimpulan 3 subjek (SVs.1, SVs.3, dan SVs.4) bergaya belajar visual mengalami kesulitan pada saat menyimpulkan hasil diperoleh berupa kesalahan tidak menyimpulkan soal dengan benar
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Gaya Belajar Visual, Soal Cerita, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel