UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK PENYELESAIAN MASALAH TERSTRUKTUR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BATANGHARI

Authors

  • Desriyanti Universitas Jambi
  • Menza Hendri Universitas Jambi
  • Sri Purwaningsih Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai pembelajaran fisika siswa. Selama proses pembelajaran aktivitas siswa kurang, masih didominasi dan berpusat pada guru (teacher centered). Dalam   pembelajaran siswa kurang membaca bahan ajar, kurang interaksi antar siswa, dan kurang merespon pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan upaya dengan menerapkan model pembelajaran Teknik Penyelesaian Masalah Terstruktur. Teknik Penyelesaian Masalah Terstruktur adalah suatu bentuk belajar kolaboratif dalam bentuk kelompok dimana siswa menyelesaiankan permasalahan dengan cara terorganisir  berdasarkan materi bacaan yang sama (Elizabert, 2005). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas X1 SMA Negeri 3 Batanghari dengan menggunakan model pembelajaran Teknik Penyelesaian Masalah Terstruktur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas  (Classroon action research) yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus melalui tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan observasi, evaluasi, dan refleksi. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif yang dikumpulkan melalui ulangan formatif dan pengamatan terhadap aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Pada siklus I, aktivitas siswa 55, 2% dan hasil belajar 60,07 dengan jumlah siswa yang berhasil 15 orang (47%). Pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 67,8% dan hasil belajar 68, 26 dengan jumlah siswa yang berhasil 21 orang (66%). Kemudian mengalami peningkatan lagi pada siklus III dengan aktivitas siswa 86, 27% dan hasil belajar 74 dengan jumlah siswa yang berhasil 26 orang (81,25%). Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teknik Penyelesaian Masalah Terstruktur dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas X1 SMA Negeri 3 Batanghari pada pokok bahasan Suhu dan Kalor.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-03-22