MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA YANG MEMPUNYAI KECERDASAN VISUAL SPASIAL DALAM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP N 1 MUARO JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.1234/sainmatika.v8i1.2223Abstract
Masalah yang ditemukan di SMP N1 Muaro jambi adalah Rendahnya hasil belajar siswa terutama pada materi Sistem persamaan linear dua variabel memperoleh hasil 56,52% , karena soal cerita memerlukan pemahaman terhadap sisi suatu permasalahan dari soal atau langkah-langkah apa saja yang dilakukan untuk meyelesaikan soal serta memutuskan rumus atau metode untuk melakukan penyelesaiannya. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis proses berpikir siswa visual-spasial dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMP N1 Muaro Jambi . Subjek penelitian ini adalah tiga orang siswa yang mempunyai kecerdasan visual-spasial dikelas VIIIC tahun ajaran 2013/2014. Instrumen penelitian terdiri dari tes proses berpikir dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses berpikir siswa yang mempunyai kecerdasan visual-spasial dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel melalui indikator proses berpikir yaitu pembentukan pengertian, pembentukan pendapat, pembentukan keputusan, pembentukan kesimpulan memperoleh hasil 55,55% sedangkan 44,45% siswa tidak dapat menyelesaikan soal sesuai dengan indikator proses berpikir, siswa sulit memahami kalimat uraian dari soal cerita sistem persamaan linear dua variabel serta belum tepat menyelesaikan soal dengan benar.