Program Aplikasi Komputer Pengenalan Angka Dengan Pose Jari Tangan Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.1234/sainmatika.v4i1.1597Abstract
Abstrak— Pembuatan program aplikasi komputer interaktif pengenalan pose tangan dengan menggunakan gambar jari-jari tangan sehingga dapat memberikan informasi berbentuk angka-angka. Pembuatan aplikasi ini bertujuan sebagai alat bantu atau media pembelajaran bagi penderita cacat tuna rungu atau wicara dan anak-anak usia dini dalam mengenalkan salah satu organ tubuh yaitu tangan sebagai alat informasi sekaligus memberikan arti pengenalan angka-angka.
Aplikasi ini dibuat dengan program MATLAB dengan menggunakan digital image processing sebagai proses pengambilan ekstraksi ciri citra jari tangan dan teknik pengenalan pose jari tangan terhadap angka yaitu menggunakan metode Learning vector quantization (LVQ) salah satu bagian dari Neural Network.
Hasil pelatihan untuk pengenalan dengan menggunakan Jaringan syaraf tiruan metode LVQ untuk data test yang sudah di training mencapai 100% artinya semua dapat dikenali. Hasil pengenalan data test yang tidak di training terlebih dahulu misalnya bentuk pose tangan yang berbeda dan mengunakan tangan beberapa orang masih sangat randah dikarenakan data training yang terlalu sedikit.
Kata kunci— Ekstraksi ciri, Deteksi tepi, LVQ
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2012-06-19 (1)
- 2012-06-19 (1)