Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan barang online melalui shopee paylater sebagai variabel intervening (Studi kasus pada mahasiswa Universitas Jambi)
DOI:
https://doi.org/10.22437/pim.v12i1.24302Keywords:
demand for online goods, shopee paylater, path analysisAbstract
This study aims to: 1) Know the characteristics of students who use shopee paylaters at Jambi University, 2) Know the effect of promotions, prices and allowances on demand through spaylaters directly and indirectly. The research method in this study was descriptive quantitative using a questionnaire data collection method. The population in this study were all students who had used the spaylater payment method at least once and the sample used was 97 students. The data analysis tool used is path analysis with the help of the amos application. The results of the path analysis in this study are that the pocket money variable directly has a significant effect on the spaylater, but not the promotion and price variables. Besides that, the variables of pocket money and spaylater have a significant effect on demand. While indirectly, based on the sobel test, pocket money has a significant effect on demand, while the promotion and price variables have no significant effect on demand.
Downloads
References
Amelia, V. H. I. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan fitur Spaylater pada aplikasi Shopee dan pengaruhnya terhadap perilaku konsumtif. [Tesis atau skripsi, Institusi pendidikan].
Anastasya, N. (2020). Pengaruh penggunaan fitur ShopeePayLater terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FISIP USU. [Tesis atau skripsi, Institusi pendidikan].
Anisah, L. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan website dan aplikasi Shopee untuk berbelanja online pada mahasiswa Universitas Sanata Dharma. [Tesis atau skripsi, Institusi pendidikan].
Armelia, Y., & Agus, I. (2021). Pengaruh uang saku dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif. Jurnal Ecogen, 418–426.
Asja, H. J., Susanti, S., & Fauzi, A. (2021). Pengaruh manfaat, kemudahan, dan pendapatan terhadap minat menggunakan Paylater: Studi kasus masyarakat di DKI Jakarta. Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Manajemen (Jakman), 2(4).
Boediono. (2013). Ekonomi makro (Edisi keenam). BPFE-Yogyakarta.
Databoks. (2021). Layanan PayLater paling sering digunakan pada 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/12/shopee-paylater-layanan-paylater-paling-banyak-digunakan-pada-2021
Databoks. (2021). Proporsi jumlah transaksi belanja online berdasarkan kelompok umur (2020-2021). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/03/riset-milenial-paling-gemar-belanja-online-saat-pandemi
Farhani, S. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan barang di e-commerce di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. [Tesis atau skripsi, Universitas Sumatera Utara].
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Hakam, M., Sudarno, & Hoyyi, A. (2015). Analisis jalur terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa statistika UNDIP. Jurnal Gaussian, 4(1), 1–11.
Hakim, R. A., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas dan reliabilitas angket motivasi berpartisipasi. Jurnal Fokus, 4(4), 1-10.
Kurnianto, D., & Kharisudin, I. (2022). Analisis jalur pengaruh motivasi kerja, disiplin kerja, kepuasan kerja, lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan dengan variabel intervening organizational citizenship behavior. Jurnal PRISMA, 5, 740-751.
Kurniasari, I. (2021). Fenomena perilaku berbelanja menggunakan SPayLater serta dampaknya terhadap gaya hidup mahasiswa ilmu ekonomi. Journal Of Economics, 1(3), 207-218.
Latief, A. (2018). Analisis pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap minat beli konsumen pada warung wedang jahe (Studi kasus warung Sidoampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1).
Manurung, R. P. R. (2014). Analisis jalur (path analysis): Teori dan aplikasi dalam riset bisnis. PT Asdi Mahasatya.
Mardiyah, R., Somayasa, W., Budiman, H., Djafar, M. K., & Sahupala, R. (2022). Uji goodness of fit distribusi gamma terboboti dengan statistik Kolmogorov-Smirnov untuk parameter terestimasi. Jurnal Matematika, Komputasi dan Statistika, 2(2).
Mustafa, Z., & Wijaya, T. (2012). Panduan teknik statistik SEM & PLS dengan SPSS AMOS. Cahaya Atma Pustaka.
Rahadhan, M. W. N. (2023). Perilaku konsumerisme di kalangan mahasiswa Universitas Bhayangkara melalui media online shop (Shopee). Prosiding Konferensi Nasional Sosial dan Politik, 1, 453-466.
Riduwan, & Sunarto, H. (2007). Pengantar statistik untuk penelitian: Pendidikan, sosial, ekonomi, komunikasi dan bisnis. Alfabeta.
Rizkiah, N. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belanja online masyarakat (studi kasus pengikut instagram muslimah thread). [Tesis atau skripsi, Institusi pendidikan].
Paramita, N. D., & Yasa, N. N. K. (2015). Sikap dalam memediasi hubungan kesadaran lingkungan dengan niat beli produk kosmetik ramah lingkungan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 17(2).
Pusputarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.
Said, A. (2011). Analisis pengaruh inflasi, nilai tukar (kurs), suku bunga SBI dan jumlah uang beredar (M2) terhadap dana pihak ketiga (DPK) serta implikasinya terhadap volume transaksi pasar uang antar bank (PUAB). [Tesis atau skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah].
Saidani, B., Lusiana, L. M., & Aditya, S. (2019). Analisis pengaruh kualitas website dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk minat pembelian ulang pada pelanggan Shopee. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(2).
Shopia, S. (2019). Pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumen mahasiswa FKIP Universitas Pasundan (Studi kasus mahasiswa program studi pendidikan bahasa, sastra Indonesia dan daerah FKIP Unpas angkatan 2016). [Tesis atau skripsi, Universitas Pasundan].
Somantri, A., & Sambas. (2006). Aplikasi statistika dalam penelitian. Pustaka Setia.
Sugiono. (2017). Metode penelitian bisnis (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Sukirno, S. (2005). Pengantar mikro ekonomi. PT Raja Grafindo Persada.
Tondang, B. W. (2018). Pengaruh promosi dan harga terhadap minat beli konsumen pada toko sepatu Bata MTC Giant Pekanbaru. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Winda Dwi Lestari, Zulfanetti Zulfanetti, Heriberta Heriberta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.