ANALISIS PERSEPSI PENGUSAHA TERHADAP DAYA TARIK INVESTASI DI KABUPATEN SAROLANGUN

Authors

  • Lutpyah Lutpyah Program Magister Ilmu Ekonomi Pascasarjana Universitas Jambi
  • Arman Delis Program Magister Ilmu Ekonomi Pascasarjana Universitas Jambi
  • Syaparuddin Syaparuddin Program Magister Ilmu Ekonomi Pascasarjana Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/pim.v2i2.14030

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perkembangan investasi PMDN dan PMA, dan untuk mengetahui persepsi pelaku usaha terhadap daya tarik investasi di Kabupaten Sarolangun. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif yaitu suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun fenomena buatan manusia (Sugiyono, 2009: 5). Analisis yang digunakan berupa analisis deskriptif dan analisis lain dengan menggunakan beberapa alat analisis antara lain antara lain metode pertumbuhan ekonomi dan menggunaan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang dianggap dominan didalam menentukan daya tarik investasi di Kabupaten Sarolangun secara berurutan adalah faktor kelembagaan 35%, faktor social politik 27%, faktor ekonomi daerah 15%, faktor tenaga kerja dan produktivitas 13% dan faktor infrastruktur fisik 10%. Penelitian ini menunjukkan bahwa bobot terhadap faktor kelembagaan, faktor sosial politik budaya dan keamanan yang merupakan policy variable cukup tinggi hal ini telah memberikan optimis kepada daerah-daerah miskin sumber daya alam untuk secara kreatif membenahi iklim investasi didaerahnya. Pemerintah Kabupaten Sarolangun harus dapat meningkatkan pelayanan publik-birokrasi, khususnya kemudahan perizinan dan peningkatan infrastruktur fisik sehingga daya tarik investasi dapat meningkat di Kabupaten Sarolangun.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2014-07-03

How to Cite

Lutpyah, L., Delis, A., & Syaparuddin, S. (2014). ANALISIS PERSEPSI PENGUSAHA TERHADAP DAYA TARIK INVESTASI DI KABUPATEN SAROLANGUN. E-Journal Perdagangan Industri Dan Moneter, 2(2). https://doi.org/10.22437/pim.v2i2.14030