Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Semantik pada Karangan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII A SMPIT Ar-Raihan Kabupaten Bantul

Main Article Content

Riswanda Himawan
Eva Nur Fathonah
Selvia Heriyati
Eka Nur Indah Maslakhah

Abstract

Abstrak 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bahasa Indonesia pada tataran semantik masih banyak ditemukaan beberapa kesalahan, hal itu disebabkan oleh pengajaran bahasa yang kurang tepat, siswa dalam memilih kata ketika menulis suatu karya kurang memerhatikan kaidah bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan berbahasa bidang semantik dalam karangan teks deskripsi siswa kelas VII SMPIT Ar-Raihan Bantul. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah karangan teks deskripsi siswa kelas VII SMPIT Ar-Raihan Bantul. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik sadap dan teknik lanjutan simak bebas libat cakap. Penelitian ini menggunakan metode analisis data padan dengan teknik analisis berupa refrensial. Refrensi yang digunakan adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Akronim Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) serta pendapat para ahli yang disampaikan melalui penelitian yang relevan dengan penelitian ini. Dari hasil analisis 10 karangan siswa yang mendapatkan skor nilai tertinggi di kelas ditemukan dua karangan dengan gejala pleonasme, enam karangan dengan kesalahan pemilihan kata yang tidak tepat sehingga memunculkan adanya perubahan makna, serta dua karangan dengan pemilihan kata yang tidak tepat sehingga menimbulkan makna yang ambiguitas. Hasil penelitian menyimpulakan bahwasannya kesalahan berbahasa siswa tataran semantik ini disebabkan oleh kebiasaan siswa dalam memilih kata yang kurang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.


Kata kunci: Kesalahan, Berbahasa, Bidang, Semantik, Deskripsi  


Abstract


This research is motivated by the use of Indonesian at the semantic level, there are still many errors, it is caused by inappropriate language teaching, students in choosing words when writing a work do not pay attention to language rules. This study aims to determine language errors in the semantic field in the descriptive text essay of seventh grade students of SMPIT Ar-Raihan Bantul. In this study using a qualitative approach with descriptive methods. The data source of this study was a text essay of the seventh grade students of SMPIT Ar-Raihan Bantul. Data collection techniques in this study using tapping techniques and advanced techniques of listening to the free to speak competently. This study uses the equivalent data analysis method with the analysis technique in the form of a reference. The references used are the Big Indonesian Dictionary (KBBI), the Acronym for General Guidelines for Indonesian Spelling (PUEBI) and the opinions of experts conveyed through research relevant to this research. From the results of the analysis of 10 essays of students who got the highest score in the class, it was found that two essays with pleonasm symptoms, six essays with incorrect word selection errors that led to a change in meaning, and two essays with incorrect word choices that caused ambiguity. The results of the study concluded that the language errors of students at the semantic level were caused by the students' habit of choosing words that were not in accordance with Indonesian language rules. Keywords: Error, Language, Field, Semantics, Description


Keywords: Error, Language, Field, Semantics, Description 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Himawan, R., Eva Nur Fathonah, Selvia Heriyati, & Eka Nur Indah Maslakhah. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Semantik pada Karangan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII A SMPIT Ar-Raihan Kabupaten Bantul. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 10(1), 1-9. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/9402
Section
Vol. 10, No. 1 Juli 2020, Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra