Analisis preferensi masyarakat terhadap minat membeli produk makanan berlabel halal di Kota Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Authors

  • Andre Prianto Prodi Ekonomi Pembangunan, Fak. Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi
  • Amri Amir Prodi Ekonomi Pembangunan, Fak. Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi
  • Paulina Lubis Prodi Ekonomi Pembangunan, Fak. Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/pdpd.v9i1.12476

Abstract

The main objectives of this research are to analyze the characteristics of Mini Market consumers, traditional markets, and street vendors and analyze the factors that influence the interest of buying halal labeled food products in Kuala Tungkal Tanjung Jabung Barat District. The data used in this study is the primary data. The result of the research found the characteristics of the interest of the Mini Market consumers, traditional markets, and street vendors products in Kuala Tungkal Tanjung Jabung Barat District based on female gender is 64%, Islamic religion 72%, senior high school education 68%, 44% self-employed, Rp 1.000.000–Rp 2.000.000 as much as 38% and consumer response does not care about the halal label as much as 28%. the result of research indicates that comprehension, packaging, and hygiene variables influence the interest in buying halal labeled food products in Kuala Tungkal.

Keywords: Halal, Consumer, Market.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Amir . (2016). pola dan prilaku konsumsi masyarakat muslim di provinsi jambi (telaah berdasarkan tingkat pendapatan dan keimanan), Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah 4 (2), 73-88

Ali,M. D.(1988). Sistem ekonomi islam zakat dan wakaf. UI Press: Jakarta.

Amir,Yulmardi dan Junaidi.(2009).Metodologi penelitian ekonomi dan penerapannya. IPB Press: Bogor.

Budi,U.W.(2013).Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Membeli.Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan

Firdaus,M.(2011).Ekonometrika: suatu pendekatan aplikatif. PT Bumi Aksara: Jakarta.

Kalijaga.

Kurniadi,E.(2011).Penelitian komperatif, (http//www.ie-greensolution.blogs pot.com.) diunduh 8 Februari 2016.

LE Fitri. (2012). Pengaruh kepercayaan, kepuasan pelanggan dan komitmen hubungan terhadap ekuitas merek dan Citra Bank Syariah XYZ Di Kota Jambi, Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan 1 (3)

Peraturan Pemerintah No. 69 Tahun 1999 Tentang label dan Iklan Pangan Pasal 2 Ayat 1

Syahruddin.(2014), Potensi kemajuan umat melalui produk makanan label halal, http//majalahgontor.net. diunduh 6 Januari 2017.

Tjiptono,F.(2010).Strategi pemasaran. Andy Ofset: Yogyakarta.

Undang-Undansg No.33 Tahun 2014 Pasal 33 Ayat 1 Tentang Jaminan Produk Halal

Winardi.(2009). Pengantar ilmu ekonomi, Tersito: Bandung.

Downloads

Published

2020-02-03

How to Cite

Prianto, A. ., Amir, A. ., & Lubis, P. . (2020). Analisis preferensi masyarakat terhadap minat membeli produk makanan berlabel halal di Kota Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat. E-Jurnal Perspektif Ekonomi Dan Pembangunan Daerah, 9(1), 1-10. https://doi.org/10.22437/pdpd.v9i1.12476