Strategi inovasi pengembangan kompetensi dosen menuju sumber daya manusia unggul pada pasca pandemi Covid-19 di Universitas Jambi

Penulis

  • Hendriyaldi Hendriyaldi Universitas Jambi
  • Sumarni Sumarni Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jpe.v18i4.30976

Kata Kunci:

strategy, competency, human resources, excellence

Abstrak

One of the keys to the success of higher education is the quality of human resources or lecturers. This research aims to determine the implementation of innovative strategies for developing lecturer competencies towards superior human resources in the post-covid-19 pandemic at Universitas Jambi. This research uses descriptive qualitative research. Data collection techniques used in research include observation, interviews, documentation and literature study using steps including data reduction, data presentation and drawing conclusions. Triangulation in this qualitative research uses source triangulation, namely the researcher will make comparisons and check information obtained through different times and tools. The conclusion of this research is that the strategy for developing lecturer competencies begins with mapping lecturer competencies, developing curriculum and learning methods, developing training programs, developing lecturers and evaluating assessments. The development of lecturer competencies towards superior human resources needs to be improved, including digital competency development, pedagogical competency development, research competency development, professional competency development, and leadership competency development for lecturers.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmed, Pervaiz K, & Shepherd, Charles D. (2010). Innovation management. New. Jersey: Pearson Education, Inc

Bichu, YS. (2013). Kamus Bahasa Indonesia, Citra Harta Prima: Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru & anak didik dalam interaksi edukatif. Rineka Cipta: Jakarta.

Everett M. Rogers. (2003) Diffusion of innovations. The Free Press: London.

Hendriyaldi. (2021). Strategi pengembangan sumber daya manusia berbasis kompentensi dalam meningkatkan kinerja pegawai di Universitas Jambi. Vol. 16 No. 4: Jurnal Paradigma Ekonomika

Kasmir. (2016). Manajemen sumber daya manusia (teori dan praktik). PT Rajagrafindo Persada: Depok.

Makmur, M. T., & Hadi, S. (2020). Strategi pemulihan perekonomian terdampak Covid-19 Melalui Perencanaan Pembangunan Sumber Daya Manusia Unggul Berbasis Industri 4.0. Majalah Media Perencana, 1(1), 117–126.

Meddy, Nurpratama dan Agus, Yudianto. (2021). Strategi inovasi dan rencana implementasi untuk mendorong SDM unggul di masa pandemi, Vol. 2, Jurnal Indonesia Sosial Sains

Mindarti, S., Zalizar, L., Damat, E. A., & Fajriani, S. (2020). Characterization of fiber fraction, physical and chemical properties of coffee flour (Coffea sp.) as functional foodstuff for diabetes mellitus patient. E&ES, 462(1), 12017.

Priansa. (2017). Maajemen kinerja pegawai. Cetakan pertama. Penerbit CV Pustaka Setia: Bandung.

Pasolong, Harbani. (2012). Teori administrasi publik. Alfabeta: Yogyakarta.

R. Sabrina. (2021). Manajemen sumber daya manusia: unggul, kreatif, dan inovatif di era revolusi industri 4.0, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol. 22 No. 2, hal. 216-222

Rivai Zainal, S. (2015). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan . edisike-7. PT Rajagrafindo: Depok

Santika, I. G. N. N. (2020). Optimalisasi peran keluarga dalam menghadapi persoalan Covid-19: Sebuah Kajian Literatur.Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 6(2), 127–137.

Shopiana, S. (2020). Hubungan konsep diri dan komitmen pada tugas dengan motivasi kerja warga belajar lembaga kursus dan pelatihan shopy Kota Tanjung Balai. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Suparyadi. (2015). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Andi.

Shinta, Supriyanto. (2013). Tinjauan pelaksanaan pelatihan dan pengembangan karyawan pada PT. Inalum Kabupaten Batubara

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 tentang rencana strategis kementerian pendidikan dan kebudayaan Tahun 2020-2024

Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 Tahun 2020 tentang pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran corona virus disease (COVID-19)

Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat coronavirus disease (Covid-19).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang guru dan dosen

https://pddikti.kemdikbud.go.id di askes tanggal 2 Maret 2023

Renstra Universitas Jambi 2020-2024

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-30

Cara Mengutip

Hendriyaldi, H., & Sumarni, S. (2023). Strategi inovasi pengembangan kompetensi dosen menuju sumber daya manusia unggul pada pasca pandemi Covid-19 di Universitas Jambi. Jurnal Paradigma Ekonomika, 18(4), 28-42. https://doi.org/10.22437/jpe.v18i4.30976