Strategi pemasaran pada usaha Batik Jambi

Penulis

  • Dahmiri Dahmiri Universitas Jambi
  • Sylvia Kartika Wulan Bhayangkari Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jpe.v18i4.27957

Kata Kunci:

strategy, marketing, SWOT, Batik

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pada usaha batik Jambi Siti Hijir Kota Jambi. Jumlah informan dalam penelitian adalah sebanyak 10 orang, yaitu 1 owner pemilik usaha, 3 karyawan, warga sekitar 3 orang dan 3 konsumen yang  pernah melakukan pembelian.  Pengumpulan data penelitian mengunakan metode wawancara dengan informan dengan menggunakan panduan yang sudah disiapkan sebelumnya.  Guna melengkapi data penelitian diambil data primer dan data sekunder. Data primer penelitian diambil melalui wawancara dan observasi pada pelaku usaha batik Jambi dengan mendatangi langsung lokasi usaha, adapun data sekunder didapatkan dari berbagai literature dan laporan-laporan lembaga terkait. Pengolahan data penelitian menggunakan metode kualitatif dengan alat analisis yang digunakan adalah analisis Internal, analisis eksternal dengan matriks SWOT. Kesimpulan penelitian adalah bahwa strategi pemasaran usaha Batik Jambi Siti Hijir dapat dilakukan dengan cara mendukung kebijakan pertumbuhan pemasaran yang agresif (Growth Oriented Strategy) seperti : kebijakan harga yang rasional, promosi yang gencar melalui media sosial, perbaiki kemasan produk, peningkatan modal usaha, peningkatan kapasitas produksi, peningkatan kemampuan SDM dan cepat dalam merespon komplin pelanggan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andriani, F. Y., Astari, D. I., Budhiarti, D., & Zachary, K. M. (2017). Analisis pengambilan keputusan strategi pengembangan industri kreatif kulit ikan pari Yogyakarta Dengan Pendekatan SWOT Dan AHP. In Seminar Nasional IENACO (pp. 288–295). Solo: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/8664.

Arikuinto, Suharsimi. (2005).Manajemen Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo

Barney, J. B. (2001). Gaining and Sustaining Competitive Advantage. Addison Westley Reading. Mass

Chandra, Gregorius. (2002). Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi Ofset

Dahmiri, Sylvia Kartika Wulan Bhayangkari, Wiwik Tiswiyanti (2021). Pendekatan internet marketing: strategi pengembangan industri kecil menengah kerajinan. Jurnal Paradigma Ekonomika Vol.16. No.3

David, F., & David, F. R. (2016). Strategic management: A competitive advantage approach, concepts and cases. Pearson–Prentice Hall.

David, F.R. (2006). Manajemen Strategis (Terjemahan). PT. Indeks, Jakarta

Desiana, C., Rochdiani, D., & Pardani, C. (2017). Analisis Saluran Pemasaran Biji Kopi Robusta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 4(2), 162–173.

Dharmmesta, B. S. (2014). Peran Pemasaran dalam Perusahaan dan Masyarakat. In Ma-najemen Pemasaran (pp. 1–38). Universitas Terbuka

Fahmi, Mirza. (2013). Jurnal Analisis Strategi Pemasaran Kopi Arabika “Bergendaal Koffie†di Kabupaten Bener Meriah. Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian: Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.

Filbert, E., Zaman, A. N., Prabowo, A. R., Nabila, F., & Chalifah, R. D. (2018). Kajian Strategi Pengembangan Usaha Pada Industri konveksi" Scouth Shop" di Cibubur. In Seminar dan Konferensi Nasional IDEC ISSN (pp. 2579–6429). Universitas Sebelas Maret Surakarta. Retrieved from https://idec.ft.uns.ac.id/wp- content/uploads/2018/05/ID036.pdf.

Gürel, E., & Tat, M. (2017). SWOT analysis: a theoretical review. Journal of International Social Research, 10(51).

Husein, U. (2005). Riset pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kannan, P. K. (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22-45.

Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: an Asian perspective. Pearson.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta : Erlangga

Pearce & Robinson. (2008). Manajemen strategis, edisi 10, Penerbit Salemba Empat: Jakarta

Prayudi, D. (2018). Strategi Pemasaran pada Pelatihan Public Speaking Quecard Suka-bumi. Swabumi, 6(2), 174–183.

Rangkuti, F. (2013). SWOT-balanced scorecard. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Setiadi, N. (2013). Perilaku konsumen konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Prenada Media: Jakarta Timur.

Stanton, W. (2012). Prinsip Pemasaran. Erlangga

Umar, Husein. (2003). Strategic Management in Action. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Undang - Undang Nomor 20 Tahun 2008. Definisi dan Kriteria UMKM. http://www.bi.go.id [7 Juli 2009].

Winarni, Wisnubroto, P., & Suyatno. (2013). Perencanaan strategi pemasaran melalui metode SWOT dan BCG guna menghadapi persaingan dan menganalisis peluang bisnis. In Jurnal Diterbitkan (pp. 226–237). Jogyakarta: Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Jogyakarta. Retrieved from http://eprints.dinus.ac.id/8066/1/jurnal_ 12492.pdf.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-30

Cara Mengutip

Dahmiri, D., & Kartika Wulan Bhayangkari, S. . (2023). Strategi pemasaran pada usaha Batik Jambi. Jurnal Paradigma Ekonomika, 18(4), 17-28. https://doi.org/10.22437/jpe.v18i4.27957