Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, dan Literasi Keuangan terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah, Bungo, Jambi.

Penulis

  • Raudhah Furnawati UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Rofiqoh Ferawati UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Novi Mubyarto UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jpe.v17i4.21173

Kata Kunci:

income, religiosity, financial literacy, savings decisions

Abstrak

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan simultan apakah berpengaruh atau tidaknya variabel pendapatan, Religiusitas dan literasi Keuangan terhadap keputusan menabung di Bank Syariah. Penelitian ini adalah merupakan penelitian kuantitatif. Dengan data primer dan sekunder yang dikumpulkan. Tehnik pengumpulan data yang diperoleh yaitu dengan cara angket (Kuesioner) dan data perkembangan perbankan syariah pada website resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Masyarakat Kabupaten Bungo yang telah memiliki tabungan di bank syariah merupakan sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 100 orang. Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Penelitian ini menghasilkan empat hal yaitu : (1) terdapat pengaruh yang positif antara variabel pendapatan terhadap keputusan menabung di bank syariah (2) terdapat pengaruh yang positif antara variabel Religiusitas terhadap keputusan menabung di bank syariah, (3) terdapat pengaruh yang positif antara variabel literasi keuangan terhadap keputusan menabung di bank syariah dan (4) menunjukkan bahwa pendapatan, religiusitas, dan literasi keuangan secara (simultan) berpengaruh   positif   terhadap  keputusan menabung  di  bank syariah yaitu sebanyak 79,1%, sisanya sebanyak 20,9% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti didalam penelitian ini.

 

Kata kunci : Pendapatan, Religiusitas, Literasi Keuangan, dan Keputusan Menabung di Bank Syariah

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ananggadipa Abhimantra, M, Andisa R, dan Agustianingsih Eka. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih menabung pada Bank Syariah, Jurnal Proceeding PisikoIogi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur dan Teknik SipiI, 5(9), E-170-E-177

Ajzen, Icek. (2001). Attitudes, personality, and behavior†cetakan kedua, Open University Press, New York.

Antonio, M Syafi’i. (2001). Bank syariah: dari teori ke praktek. Gema Insani Press: Jakarta.

Departemen Agama RI. (2019). Al-Qur’an dan terjemahannya. Sygma Examedia Arkleemaa: Bandung

Ismanto, Hadi. (2019). Perbankan dan literasi keuangan. Deepublish: Jogjakarta.

Maisur, Muhammad Arfan, M. Shabri. (2015).Pengaruh Prinsip Bagi Hasil, Tingkat Pendapatan, Religiusitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Pada Bank Syariah Di Banda Aceh,†JurnaI Administrasi Akuntansi: Program Pascasarjana Uinsyah, VoI. 4, no. 2, (Mei 2015): 8, http://jurnaI.unsyiah.ac.id/JAA/articIe/view/4460.

Muhammad. (2011). Manajemen Bank Syariah. UPP STIM YKPN: Yogyakarta

Niken Nastiti, Arif H., dan Ika F. Uifah. (2020). Pengaruh religiusitas, pengetahuan perbankan, pengetahuan produk perbankan, pengetahuan pelayanan perbankan, dan pengetahuan bagi hasil terhadap preferensi menggunakan jasa perbankan syariah, JurnaI Manajemen dan Bisnis, 1(1). 15-25

Rachmawati, Afrian. (2019). Pengaruh consumer knowledge, brand image, religiusitas, dan lokasi terhadap keputusan menjadi nasabah pada Bank Syariah, Thesis. Universitas Islam Indonesia: Yogyakarta

Sukirno, Sadono. (2009). Mikro ekonomi teori pengantar. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

www.ojk.go.id diakses pada Tanggal 23 November 2021

www.bps.go.id, diakses pada tanggal 26 Desember 2021

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-01

Cara Mengutip

Furnawati, R. ., Ferawati, R., & Mubyarto, N. . (2022). Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, dan Literasi Keuangan terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah, Bungo, Jambi. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(4), 743-750. https://doi.org/10.22437/jpe.v17i4.21173