Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, dan Literasi Keuangan terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah, Bungo, Jambi.
DOI:
https://doi.org/10.22437/jpe.v17i4.21173Kata Kunci:
income, religiosity, financial literacy, savings decisionsAbstrak
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan simultan apakah berpengaruh atau tidaknya variabel pendapatan, Religiusitas dan literasi Keuangan terhadap keputusan menabung di Bank Syariah. Penelitian ini adalah merupakan penelitian kuantitatif. Dengan data primer dan sekunder yang dikumpulkan. Tehnik pengumpulan data yang diperoleh yaitu dengan cara angket (Kuesioner) dan data perkembangan perbankan syariah pada website resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Masyarakat Kabupaten Bungo yang telah memiliki tabungan di bank syariah merupakan sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 100 orang. Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Penelitian ini menghasilkan empat hal yaitu : (1) terdapat pengaruh yang positif antara variabel pendapatan terhadap keputusan menabung di bank syariah (2) terdapat pengaruh yang positif antara variabel Religiusitas terhadap keputusan menabung di bank syariah, (3) terdapat pengaruh yang positif antara variabel literasi keuangan terhadap keputusan menabung di bank syariah dan (4) menunjukkan bahwa pendapatan, religiusitas, dan literasi keuangan secara (simultan) berpengaruh positif terhadap keputusan menabung di bank syariah yaitu sebanyak 79,1%, sisanya sebanyak 20,9% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti didalam penelitian ini.
Kata kunci : Pendapatan, Religiusitas, Literasi Keuangan, dan Keputusan Menabung di Bank Syariah
Unduhan
Referensi
Ananggadipa Abhimantra, M, Andisa R, dan Agustianingsih Eka. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih menabung pada Bank Syariah, Jurnal Proceeding PisikoIogi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur dan Teknik SipiI, 5(9), E-170-E-177
Ajzen, Icek. (2001). Attitudes, personality, and behavior†cetakan kedua, Open University Press, New York.
Antonio, M Syafi’i. (2001). Bank syariah: dari teori ke praktek. Gema Insani Press: Jakarta.
Departemen Agama RI. (2019). Al-Qur’an dan terjemahannya. Sygma Examedia Arkleemaa: Bandung
Ismanto, Hadi. (2019). Perbankan dan literasi keuangan. Deepublish: Jogjakarta.
Maisur, Muhammad Arfan, M. Shabri. (2015).Pengaruh Prinsip Bagi Hasil, Tingkat Pendapatan, Religiusitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Pada Bank Syariah Di Banda Aceh,†JurnaI Administrasi Akuntansi: Program Pascasarjana Uinsyah, VoI. 4, no. 2, (Mei 2015): 8, http://jurnaI.unsyiah.ac.id/JAA/articIe/view/4460.
Muhammad. (2011). Manajemen Bank Syariah. UPP STIM YKPN: Yogyakarta
Niken Nastiti, Arif H., dan Ika F. Uifah. (2020). Pengaruh religiusitas, pengetahuan perbankan, pengetahuan produk perbankan, pengetahuan pelayanan perbankan, dan pengetahuan bagi hasil terhadap preferensi menggunakan jasa perbankan syariah, JurnaI Manajemen dan Bisnis, 1(1). 15-25
Rachmawati, Afrian. (2019). Pengaruh consumer knowledge, brand image, religiusitas, dan lokasi terhadap keputusan menjadi nasabah pada Bank Syariah, Thesis. Universitas Islam Indonesia: Yogyakarta
Sukirno, Sadono. (2009). Mikro ekonomi teori pengantar. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
www.ojk.go.id diakses pada Tanggal 23 November 2021
www.bps.go.id, diakses pada tanggal 26 Desember 2021
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Raudhah Fathoni, Raudhah Furnawati; Novi Mubyarto
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.