Aspek yang mempengaruhi keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Hasrat
DOI:
https://doi.org/10.22437/jpe.v16i2.12281Kata Kunci:
Purchase decision, Customer satisfaction, RestaurantAbstrak
In running a restaurant business, it must have its own tendency to make it look different from its competitors. Rumah Makan Hasrat is recognized as a restaurant that serves Malaya specialties and has to consider different aspects in order to maintain customer satisfaction. High prices, inadequate building forms, and insufficient consumer facilities are the main issues in this study. The aim of this study is therefore to examine the aspects that affect purchase decisions and customer satisfaction at the Desire Restaurant. The study was undertaken using path analysis. There had been 100 respondents involved. The results obtained were all constructs had a significant effect on purchasing decisions and customer satisfaction. The author suggests that, in order to enhance service to customers or consumers, Rumah Makan hasrat should pay attention to the complaints and inputs submitted by customers and resolve them immediately.
Â
Unduhan
Referensi
Afrizal, D. (2020). E- government service review in Dumai City Indonesia : (conceptual paper). Jurnal Niara, 13(1), 260–267.
Afrizal, D., & Sahuri, C. (2012). Analisis manajemen pelayanan publik. Jurnal Administrasi Pembangunan, 1(1), 47–50.
Andika, A., & Susanti, F. (2018). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian parfum di Azzwars Parfum Lubeg Padang. 1–13. https://doi.org/10.31227/osf.io/upgc3
Aryandi, J., & Onsardi. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1), 127.
Badriyah, N., Wibowo, E., & Sumaryanto. (2020). Meningkatkan loyalitas pelanggan dengan kekuatan kualitas produk dan kualitas pelayanan melalui kepuasan pelanggan (survei pada pelanggan JCO Chinesefood And Seafood Sragen. Pro Bank : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan, 5(2), 227–240.
Bakti, U., Hairudin, & Alie, M. S. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, produk dan harga terhadap minat beli pada toko online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22(1), 101–118. https://mediakonsumen.com/2018/05/14/sur
Efendi, B. (2020). Pengaruh experiential marketing, kepuasan pelanggan, dan citra rumah makan terhadap loyalitas pelanggan (studi empirik pada rumah makan saung mansur Banjarnegara). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 3(2), 161–168. https://doi.org/10.32500/jematech.v3i2.1335
Jonathan, S. (2006). Metode penelitian kuantitatif & kualitatif (edisi pert). Graha Ilmu.
Nuristiqomah, S., Widodo, J., & Zulianto, M. (2020). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen kartu prabayar simpati Telkomsel. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 14(1), 166–170.
Rahman, M. F., Yulianti, F., & Rina. (2020). Analisis strategi harga dan kualitas produksi terhadap kepuasan konsumen pada perusahaan kue Hj. Enong Bakery di Martapura. in Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Kalimantan.
Rasmikayati, E., Saefudin, B. R., Karyani, T., Kusno, K., & Rizkiansyah, R. (2020). Analisis faktor dan tingkat kepuasan ditinjau dari kualitas produk dan pelayanan pada konsumen sayuran organik di Lotte Mart Kota Bandung. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 351. https://doi.org/10.25157/ma.v6i1.3219
Setiawan, A. I., Kurniaty, & Vitria, A. (2020). Pengaruh lokasi dan harga terhadap keputusan pembelian pada rumah makan padang padi rimbun banjarbaru. Universitas Islam Kalimantan.
Shafinah, K., & Ahmad, I. (2018). Metodologi kajian-pelbagai gaya penyelidikan (Issue August 2018). Venton Publishing (M) SDN. BHD. https://www.researchgate.net/ publication/331221670_Analisis_Data_Kuantitatif_Kenapa_PLS-SEM/stats
Zuliarni, S., & Hidayat, R. T. (2013). Analisis faktor pertimbangan pebisnis restoran kelas kecil di Lingkungan Kampus Universitas Riau Dalam Pemilihan Lokasi Usah. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(2), 100–119.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Yulianda Sari
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.