DAMPAK BELANJA DAERAH TERHADAP KETIMPANGAN ANTAR DAERAH DI PROVINSI JAMBI

Authors

  • Rosmeli Rosmeli

DOI:

https://doi.org/10.22437/paradigma.v9i1.2314

Abstract

Peran pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengurangan ketimpangan makin dirasa sangat penting. Salah satu usaha tersebut yang secara langsung bisa dirasakan masyarakat adalah melalui anggaran belanja daerah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dana belanja daerah yang dialokasikan diharapkan dapat  mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi yang dibarengi dengan pengurangan ketimpangan antar daerah di Provinsi Jambi.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Selama tahun 2001-2013 terjadi peningkatan ketimpangan antar wilayah di Provinsi Jambi  dengan rata – rata  Williamson indeks sebesar 0.3964. Bila dilihat dari pengaruh belanja daerah terhadap ketimpangan, belanja langsung mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap ketimpangan sementara belanja tidak lansung tidak berpengaruh signifikan terhadap ketimpangan antar wilayah di Provinsi Jambi.

Kata Kunci: Belanja Daerah

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Rosmeli, R. (2014). DAMPAK BELANJA DAERAH TERHADAP KETIMPANGAN ANTAR DAERAH DI PROVINSI JAMBI. Jurnal Paradigma Ekonomika, 9(1). https://doi.org/10.22437/paradigma.v9i1.2314