Profitabilitas, likuiditas dan leverage terhadap corporate social responbility (CSR) pada perusahaan terdaftar di BEI Tahun 2017-2020
DOI:
https://doi.org/10.22437/jpe.v17i2.17905Keywords:
profitability, Liquidity, leverage, corporate social responsibility (CSR)Abstract
This study aims to determine the effect of profitability, liquidity and leverage on corporate social responsibility (CSR) in consumer goods industrial sector companies listed on the IDX in 2017-2020. The research data uses data on consumer goods industrial companies listed on the IDX for the 2017-2020 period. The data analysis technique of this research used multiple linear regression with statistical product and service solutions (SPSS) analysis tool. Profitability research results have no significant positive effect on the disclosure of corporate social responsibility as measured using return on assets (ROA), liquidity has a positive effect on the disclosure of corporate social responsibility (CSR) which is measured using the current ratio (CR) while when measured using the quick ratio (QR) Liquidity has a negative effect on the disclosure of corporate social responsibility. Leverage has no significant positive effect on the disclosure of corporate social responsibility as measured using the debt to asset ratio (DAR).
Downloads
References
Arif, F. A., & Wawo, A. (2016). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan likuiditas terhadap pengungkapan corporate social responsibility dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Assets: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 6(2), 177-195.
Arita, E., & Mukhtar, R. (2019). Pengaruh profitabilitas, leverage dan likuiditas terhadap corporate social responsibility (CSR) pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2014–2018. Menara Ilmu, 13(10).
Astika, I. B. P. (2014). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan kepemilikan saham publik terhadap pengungkapan CSR. E-jurnal Akuntansi, 9(3), 816-828.
Ayu, D. P., & Suarjaya, A. G. (2017). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel mediasi pada perusahaan pertambangan. E-Jurnal Manajemen UNUD, 6(2), 1112-1138.
Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2001). Manajemen keuangan. Buku 1 edisi 8. Erlangga: Jakarta.
Ernawan, E. (2014). Tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility). Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), 11(2).
Handoyo, S., & Jakasurya, T. (2017). Analisa variabel yang mempengaruhi pengungkapan informasi tanggung jawab sosial perusahaan. Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 11(2), 178-187.
Haris, A. M., & Purnomo, E. P. (2016). Implementasi CSR (corporate social responsibility) PT. Agung Perdana dalam mengurangi dampak kerusakan lingkungan. Journal of Governance and Public Policy, 3(2), 203-225.
Imron, M. I. (2021). Implementasi peraturan pemerintah no 47 tahun 2012 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan terkait lokasi program corporarte social responsible (CSR) dalam upaya memaksimalkan pengaruh yang baik terhadap masyarakat (studi kasus PT. PG Raja. Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum.
James, C. Van Horne dan John M. Wachowicz. (2005). Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan.
Keuangan, O. J. (2016). Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang perseroan terbatas. Retrieved from Sustainable Finance: http://www. ojk. go. id/sustainable.
Kurnianingsih, H. T. (2014). Pengaruh profitabilitas dan size perusahaan terhadap corporate social responsibility. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 13(1).
Mudjiyanti, R., & Maulani, S. S. (2017). Pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan terdaftar di bursa efek indonesia. Media Ekonomi, 17(1), 7-12.
Octarina, N., Majidah, M., & Muslih, M. (2018). Pengungkapan corporate social responsibility: ukuran dan pertumbuhan perusahaan, serta risiko keuangan. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer, 10(1), 34-41.
Puspitaningtyas, Z., Lestari, O. D., & Prakoso, A. (2018). Penerapan corporate social responsibility terhadap profitabilitas perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2012-2016. Ekspektra: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 89-101.
Putri, R. A. (2014). Pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan leverage terhadap pengungkapan CSR. Business Accounting Review, 2(1), 61-70.
Robiah, A. M. R. (2017). Pengaruh leverage, size, dan kepemilikan manajemen terhadap corporate social responsibility disclosure. Akuntansi Dewantara, 1(1), 39-48.
Sabatini, K., & Sudana, I. P. (2019). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility pada nilai perusahaan dengan manajemen laba sebagai variabel moderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 14(1), 56-69.
Sastrawan, I. M. D., & Suaryana, I. G. N. A. (2016). Pengaruh langsung dan tidak langsung good corporate governance terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 14(1), 371-398.
Smith, A. 2002. The effect of leveraged Buyouts. Business.
Utamie, D. N., Akram, A., & Putra, I. N. N. A. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi CSR disclosure pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI Periode 2016-2018. E-Jurnal Akuntansi, 30(1), 265-276.
Wahyuningsih, A., & Mahdar, N. M. (2018). Pengaruh size, leverage dan profitabilitas terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis dan komunikasi, 5(1), 27-36.
Wulandari, S., & Zulhaimi, H. (2017). Pengaruh profitabilitas terhadap corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur dan jasa yang terdaftar di BEI. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 5(2), 1477-1488.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hermi Sularsih, As’adi As’adi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.