Pengaruh efikasi diri, pengetahuan kewirausahaan dan motivasi berprestasi terhadap minat berwirausaha sebagai mediasi pada siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Driyorejo

Authors

  • Aisyah Nabilah Universitas Negeri Surabaya
  • Riza Yonisa Kurniawan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.22437/jpe.v17i3.17577

Keywords:

self-eficacy, entrepreneurship knowledge, achievement motivation, interest in entrepreneurship

Abstract

This study aims to test the entrepreneurial readiness model by presenting the achievement motivation variable as an intervening variable that mediates the relationship between self-efficacy, entrepreneurial knowledge in class x social studies students at SMA Negeri 1 Driyorejo. Collecting data by using a questionnaire. By using proportional random sampling obtained 71 samples, statistical analysis was carried out using Structural Equation Modeling (SEM). The results showed: (1) self-efficacy affects achievement motivation, (2) self-efficacy affects entrepreneurial interest, (3) entrepreneurial knowledge affects achievement motivation, (4) entrepreneurial knowledge affects entrepreneurial interest, (5) achievement motivation does not can mediate the influence of interest in entrepreneurs.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, B., & Harnanik. (2015). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa Kelas Xi SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang. Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha Siswa Kelas Xi Smk Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang, 10(1), 42–52. https://doi.org/ 10.15294/ dp.v10i1.5093

Dewi, S. N., & Haryanto, A. T. (2017). Dampak keputusan berwirausaha dengan lingkungan sosial dan pendidikan formal pada motivasi berwirausaha. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 5(1), 109–116. https://doi.org/10.26486/ jpsb.v5i1.330

Firdaus, V. (2017). Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan motivasi berprestasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa fakultas ilmu pendidikan IKIP PGRI Jember. Humaniora, 14(2), 45–53.

Gaddam, S. (2008). Identifying the relationship between behavioral motives and entrepreneurial intentions: An empirical study based on the perceptions of business management students. The Icfaian Journal of Management Research, 7(5).

Ghozali, I., & Sahrah, A. (2017). Pengaruh efikasi diri dan kecerdasan menghadapi rintangan terhadap niat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Bangka Belitung. Society, 5(1), 33–43. https://doi.org/10.33019/ society.v5i1.18

Ginting, D. B. (2009). Structural equation model latent. Media Informatika, 8(3), 121–134.

Indriyani, L., & Margunani, M. (2019). Pengaruh kepribadian, pendidikan kewirausahaan, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 848–862. https://doi.org/10.15294/ eeaj. v7i3. 28315

Islami, N. N. (2017). Pengaruh sikap kewirausahaan, norma subyektif, dan efikasi diri terhadap perilaku berwirausaha melalui intensi berwirausaha mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 3(1), 5. https://doi.org/10.26740/jepk. v3n1.p5-20

Iswandari, A. (2017). Pengaruh motivai intrinsik, pengetahuan kewirausahaan, dan kepribadian terhadap minat berwirausaha pada Siswa SMKN 12 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 1(2). https://doi.org/10.26740/ jepk.v1n2.p152-162

Janah, W. O., & Winarno, A. (2015). Pengalaman praktik kerja industri, motivasi berprestasi dan keyakinan diri (self-efficacy) pengaruhnya terhadap intensi berwirausaha siswa SMK. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 1(3).

Jonathan, S. (2010). Pengertian dasar structural equation modeling (SEM). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida, 10(3), 98528.

Jusmin, E. (2018). Kesiapan dalam berwirausaha dan pembelajaran kewirausahaan. Artikel, 42, 144–151.

Kurnia, D., Kusnendi, & Furqon, C. (2018). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap minat wirausaha. 2018, 6(2), 48–56.

Kusumawati, E. D. (2017). Pengaruh adversity quotient , regulasi diri dan efikasi diri terhadap motivasi berprestasi siswa KKO. Jurnal Pendidikan Agama Islam, XIV(1), 131–166.

Maftuhah, R., & Suratman, B. (2017). Pengaruh efikasi diri, lingkungan keluarga, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa SMK di Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 3(2), 121. https://doi.org/ 10.26740/ jepk. v3n2.p121-131

Marta, M. S., Kurniasari, D., & Kurniasari, D. (2019). Interaksi dukungan sosial pada hubungan pendidikan wirausaha, efikasi diri dan niat berwirausaha M. BENEFIT Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 16–26. https://doi.org/https://doi.org/ 10.23917/benefit.v4i1.7113

Melyana, I. P., Rusdarti, & Pujiati, A. (2015). Pengaruh sikap dan pengetahuan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha melalui self-efficacy. The Journal of Economic Education, 4(1), 8–13.

Nainggolan, R., & Harny, D. (2020). Pengaruh pendidikan entrepreneurship dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha (studi di Universitas Ciputra). Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 8(2), 183. https://doi.org/ 10.26740/ jepk.v8n2.p183-198

Ningsih, F. P. (2017). Pengaruh efikasi diri dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha melalui motivasi. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 2(2), 223. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p223-235

Nurikasari, F. (2016). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, kreaivitas dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha. Ekonomi dan Bisnis, 2(4), 1–10.

Prahara, S. A., & Budiyani, K. (2018). Pelatihan efikasi diri untuk meningkatkan efikasi diri terhadap kemampuan berwirausaha anak down syindorme pada orangtua. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(1), 1. https://doi.org/10.26486/psikologi. v20i1.629

Purwanto, F. X. A. (2016). Pengaruh efikasi diri, pengetahuan kewirausahaan, dan motivasi berwirausaha terhadap minat mahasiswa berwirausaha. Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhan, 6(2), 104–127.

Putry, N. A. C., Wardani, D. K., & Jati, D. P. (2020). Pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha melalui motivasi sebagai variabel intervening. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 6(1), 14–24. https://doi.org/10.29303/jseh.v6i1.71

Rahmania, M. (2015). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, dan motivasi berprestasi terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII kompetensi keahlian pemasaran SMK Negeri Bisnis dan Manajemen Kota Padang. Economica, 4(1), 75–86. https://doi.org/10.22202/economica.2015.v4.i1.331

Ramadani, A. H., Sudjimat, D. A., & Soekopitojo, S. (2015). Kontribusi pengetahuan kewirausahaan, prestasi prakerin, kompetensi keahlian terhadap minat berwirausaha dan kesiapan berwirausaha siswa smk paket keahlian teknik pemesinan di Madura. Teknologi dan Kejuruan, 38(2), 199–210.

Supardi, S. (1993). Populasi dan sampel penelitian. Unisia, 13(17), 100–108. https://doi.org/10.20885/unisia.vol13.iss17.art13

Wijaya, T., Nurhadi, N., & Kuncoro, A. M. (2015). Intensi berwirausaha mahasiswa: Perspektif pengambilan risiko. Jurnal Siasat Bisnis, 19(2), 109–123. https://doi.org/10.20885/jsb.vol19.iss2.art2

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Nabilah, A., & Yonisa Kurniawan, R. (2022). Pengaruh efikasi diri, pengetahuan kewirausahaan dan motivasi berprestasi terhadap minat berwirausaha sebagai mediasi pada siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Driyorejo. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(3), 491-502. https://doi.org/10.22437/jpe.v17i3.17577