Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, aktivitas, likuiditas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI Tahun 2016-2019
DOI:
https://doi.org/10.22437/jpe.v17i1.13264Keywords:
firm size, leverage, activity, liquidityAbstract
This research was conducted to determine the effect of Firm Size, Leverage, Activity, Liquidity, and Firm Value in the Food and Beverage Sub-Sector Companies listed on the IDX 2016-2019. This study used a sample of 13 companies in the food and beverage sub-sector listed on the IDX 2016-2019. This research uses quantitative research. The sampling method is purposive sampling. From the results of this study can be seen partially that firm size has a significant positive effect on firm value, leverage has no significant impact on firm value, activity does not have a substantial impact on firm value, liquidity has no significant impact on firm value. And simultaneously, firm size, leverage, activity, and liquidity significantly affect firm value in the food and beverage sub-sector listed on the IDX 2016-2019.
Downloads
References
Cyndi Febri Miranda, (2019). Analisis rasio profitabilitas dan aktivitas untuk mengukur kinerja keuangan pada PT. Kawasan Industri Medan (Persero).Core.ac.uk, 37-43
Dwi Astutik, (2017). Pengaruh aktivitas rasio keuangan terhadap nilai perusahaan (studi pada industri manufaktur). Jurnal STIE Semarang, 9(1), 36
Ghozali, Imam (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Universitas Diponegoro: Semarang.
Ghozali, Imam (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Universitas Diponegoro, Semarang.
Hardika Mas Himawan, (2020). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap nilai perusahaan pada perusahaan properti dan real estate yang go publik di Bursa Efek Indonesia 2016-2017. Jimfeb.ub.ac.id . 31-33
https://www.kajianpustaka.com/2017/11/pengertian-jenis-dan-pengukuran-nilai perusahaan.html?m=1
IGB Angga Pratama, IGB Wiksuana, (2018). Pengaruh firm size dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel mediasi. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana,7(5), 11
I Gusti Bagus Angga Pratama, I Gusti Bagus Wiksuana, (2016). Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi. E-Jurnal Manajemen Unud,Vol.5,No.2. 4398-4407
Ira Karmila, Ingge Lengga Sari Munthe, Fatahurrazak, (2019). Pengaruh laba kotor, total arus kas, ukuran perusahaan, dan profitabilitas, terhadap return saham, (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017). Repository.unmuha.ac.id
Kasmir, (2014). Analisis laporan keuangan, (7 ed.). PT. Raja Grafindo persada: Jakarta.
Mafizatun Nurhayati (2013). Profitabilitas, likuiditas dan ukuran perusahaan penggaruhnya terhadap kebijakan deviden dan nilai perusahan sektor non jasa, Jurnal Keuangan dan Bisnis5(2),151
Ni Kadek Ayu Sudiani, Ni Putu Ayu Darmayati, (2016). Pengaruh profitabilitas, likuiditas, pertumbuhan, dan investment opportunity set terhadap nilai perusahaan. E-Jurnal Manajemen unud,5(7). 4548
Ruth Tridianty Sianipar, Parman Tarigan, Jubi Jubi, Ady Inrawan, (2015). Pengaruh likuiditas, solvabilitas, aktivitas, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada PT Astra Internasional, Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi. 4(2). 7
Selvia Nuriasari, (2018). Analisa rasio likuiditas dalam mengukur kinerja keuangan PT. Mustika Ratu, Tbk (Tahun 2010-2016). Jurnal Riset Bisnis dan Investasi. 14(2). 3
Sugiyono, (2016). Metode penelitian bisnis. CV Alfabeta: Jakarta.
www.idx.co.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Deasy Arisandy Aruan, Posma Chrisna Vany, Mayang Putri Br. Sinaga, Novita Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.