Pengaruh strukture aktiva, profitabilitas, pertumbuhan penjualan, dan size perusahaan terhadap struktur modal pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2014-2018
DOI:
https://doi.org/10.22437/jpe.v16i1.12081Keywords:
Assets structure, Profitability, Sales growth, Firm size, Capital structureAbstract
This study aims to determine and test the effect of assets structure, profitability, sales growth, and firm size on capital structure partially and simultaneously of food and beverage companies. Determination of the sample used in this study was purposive sampling technique which amounted to 11 companies with a year observation of five years and data obtained from the financial statements of food and beverage companies at www.idx.co.id. The data analysis method used is multiple linear regression analysis.Based on the results obtained that assets structure has a significant effect on capital structure. Meanwhile, profitability, sales growth, and firm size didn’t have a significant effect on capital structure. Simultaneous hypothesis test results obtained that the assets structure, profitability, sales growth, and firm size have a significant effect on capital structure.Â
Â
Downloads
References
Alvareza, Argi., & Topowijono.(2017). Analisisi pengaruhi ukuran perusahaan, profitabilitas, dan pertumbuhan perusahaan terhadap struktur modal (studi pada perusahaan food and beverages yang terdaftar di BEI 2012-2015). Jurnal Administrasi Bisnis. (JAB),50(4), 77-85
Brigham, Eugene dan Houston, Joel F. (2015). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat: Jakarta
Joni dan Lina. (2010). Faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 12 (2), 81-96
Juliandi, Azuar. 2013. Metodologi penelitian kuantitatif untuk ilmu-ilmu bisnis. M2000: Medan
Kartika, Andi.(2009).Faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal pada perusahaan manufaktur yang go public di BEI. Jurnal Dinamika Keuangan dan Perbankan, 1(2),105-122
Kartika, Andi. (2016). Pengaruh profitabilitas, struktur aset, pertumbuhan penjualan, dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal AMIK JTC | INFOKAM, 12(2), 49-58
Kasmir. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers: Jakarta
Laga, Maria Petronella Gladyse Rayza. (2016). Pengaruh struktur aktiva, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur di bursa efek Indonesia. Artikel Ilmiah, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya: Surabaya.
Maryanti, Eny. (2016). Analisis profitabilitas, pertumbuhan perusahaan, pertumbuhan penjualan, dan struktur aktiva terhadap struktur modal pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia Tahun 2012-2014). Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia (REAKSI), 1(2), 143-151
Naibaho, Andreas., Topowijono., dan Azizah, Devi Farah. (2015). Pengaruh profitabilitas, pertumbuhan penjualan, struktur aktiva, dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal (Studi kasus pada perusahaan property and real estate yang terdaftar di BEI Tahun 2011-2013). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 28(1), 131-142
Niresh, J.i Aloy dan Velnampy, T. (2014). Firm Size and profitability: a study of listed manufacturing firms in Sri Lanka. International Journal of Business and Management, 9(4), 57-64
Priambodo, Taruna John., Topowijono., dan Azizah, Devi Farah. (2014). Pengaruh struktur aktiva, tingkat pertumbuhan penjualan dan profitabilitas terhadap struktur modal (Studi pada perusahaan Tekstil dan Garmen yang listing di BEI periode 2010-2012). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(1), 57- 64
Riyanto, Bambang. (2010). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. BPFE Yogyakarta: Yogyakarta
Sawir, Agnes. (2005). Kebijakan pendanaan dan restrukturisas perusahaan. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Sekartaji, Jenny, and Lena Farida. (2017). Pengaruh ukuran perusahaan dan growth terhadap leverage pada sub sektor keramik porselin dan kaca yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2009-2010. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(2), 1-15.
Swastha, Basu dan Handoko, Hani. (2011). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. BPFE: Yogyakarta
Zuliani, Selly. (2014). Pengaruh profitabilitas, pertumbuhan penjualan, likuiditas, struktur aset, dan tingkat pertumbuhan terhadap struktur modal. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya: Surabaya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Indiani Sembiring; Susi L. Sitinjak, Debi Herdina Hutabarat, Siti Aisyah Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.