Pengaruh strukture aktiva, profitabilitas, pertumbuhan penjualan, dan size perusahaan terhadap struktur modal pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2014-2018

Authors

  • Indiani Sembiring Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Susi L. Sitinjak Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Debi Herdina Hutabarat Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Siti Aisyah Nasution Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Prima Indonesia, Medan

DOI:

https://doi.org/10.22437/jpe.v16i1.12081

Keywords:

Assets structure, Profitability, Sales growth, Firm size, Capital structure

Abstract

This study aims to determine and test the effect of assets structure, profitability, sales growth, and firm size on capital structure partially and simultaneously of food and beverage companies. Determination of the sample used in this study was purposive sampling technique which amounted to 11 companies with a year observation of five years and data obtained from the financial statements of food and beverage companies at www.idx.co.id. The data analysis method used is multiple linear regression analysis.Based on the results obtained that assets structure has a significant effect on capital structure. Meanwhile, profitability, sales growth, and firm size didn’t have a significant effect on capital structure. Simultaneous hypothesis test results obtained that the assets structure, profitability, sales growth, and firm size have a significant effect on capital structure. 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvareza, Argi., & Topowijono.(2017). Analisisi pengaruhi ukuran perusahaan, profitabilitas, dan pertumbuhan perusahaan terhadap struktur modal (studi pada perusahaan food and beverages yang terdaftar di BEI 2012-2015). Jurnal Administrasi Bisnis. (JAB),50(4), 77-85

Brigham, Eugene dan Houston, Joel F. (2015). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat: Jakarta

Joni dan Lina. (2010). Faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 12 (2), 81-96

Juliandi, Azuar. 2013. Metodologi penelitian kuantitatif untuk ilmu-ilmu bisnis. M2000: Medan

Kartika, Andi.(2009).Faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal pada perusahaan manufaktur yang go public di BEI. Jurnal Dinamika Keuangan dan Perbankan, 1(2),105-122

Kartika, Andi. (2016). Pengaruh profitabilitas, struktur aset, pertumbuhan penjualan, dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal AMIK JTC | INFOKAM, 12(2), 49-58

Kasmir. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers: Jakarta

Laga, Maria Petronella Gladyse Rayza. (2016). Pengaruh struktur aktiva, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur di bursa efek Indonesia. Artikel Ilmiah, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya: Surabaya.

Maryanti, Eny. (2016). Analisis profitabilitas, pertumbuhan perusahaan, pertumbuhan penjualan, dan struktur aktiva terhadap struktur modal pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia Tahun 2012-2014). Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia (REAKSI), 1(2), 143-151

Naibaho, Andreas., Topowijono., dan Azizah, Devi Farah. (2015). Pengaruh profitabilitas, pertumbuhan penjualan, struktur aktiva, dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal (Studi kasus pada perusahaan property and real estate yang terdaftar di BEI Tahun 2011-2013). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 28(1), 131-142

Niresh, J.i Aloy dan Velnampy, T. (2014). Firm Size and profitability: a study of listed manufacturing firms in Sri Lanka. International Journal of Business and Management, 9(4), 57-64

Priambodo, Taruna John., Topowijono., dan Azizah, Devi Farah. (2014). Pengaruh struktur aktiva, tingkat pertumbuhan penjualan dan profitabilitas terhadap struktur modal (Studi pada perusahaan Tekstil dan Garmen yang listing di BEI periode 2010-2012). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(1), 57- 64

Riyanto, Bambang. (2010). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. BPFE Yogyakarta: Yogyakarta

Sawir, Agnes. (2005). Kebijakan pendanaan dan restrukturisas perusahaan. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Sekartaji, Jenny, and Lena Farida. (2017). Pengaruh ukuran perusahaan dan growth terhadap leverage pada sub sektor keramik porselin dan kaca yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2009-2010. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(2), 1-15.

Swastha, Basu dan Handoko, Hani. (2011). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. BPFE: Yogyakarta

Zuliani, Selly. (2014). Pengaruh profitabilitas, pertumbuhan penjualan, likuiditas, struktur aset, dan tingkat pertumbuhan terhadap struktur modal. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya: Surabaya

Downloads

Published

2021-02-14

How to Cite

Sembiring, I. ., Sitinjak, S. L. ., Herdina Hutabarat, D. ., & Aisyah Nasution, S. . (2021). Pengaruh strukture aktiva, profitabilitas, pertumbuhan penjualan, dan size perusahaan terhadap struktur modal pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2014-2018. Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(1), 65-80. https://doi.org/10.22437/jpe.v16i1.12081