Proporsi belanja Online dan Offline Mahasiswa Prodi Matematika Universitas Jambi Menggunakan Uji Binomial
DOI:
https://doi.org/10.22437/multiproximity.v2i1.25067Keywords:
Belanja online/offline, Proporsi, Uji Binomial.Abstract
Menurut survei dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) pada tahun lalu pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 175,4 juta jiwa dengan penetrasi 64% yang tersebar diseluruh Indonesia. Dari dataa tersebut dapat kita lihat, adanya peningkatan jumlah pengguna layanan internet di Indonesia dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya sekitar 150 juta jiwa naik sekitar 17%, lalu diperkirakan pada tahun 2025 mendatang, akan ada 119 juta jiwa menjadi pembeli online di Indonesia. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini untuk membandingkan proporsi perbedaan kepuasan belanja online dan offline seluruh mahasiswa prodi Matematika UNJA angkatan 2021 ditribusi binomial serta memberikan gambaran mengenai hasil dari kepuasan belanja secara online dan offline. Dari perhitungan matematis yang telah dilakukan didapatkan hasil pada penelitian ini yang dirujukkan kepada seluruh mahasiswa/i program studi matematika UNJA angkatan 2021 yang mengisi kusioner, tidak terdapat perbedaan proposisi antara mahasiswa/i prodi matematika UNJA angkatan 2021 dalam kepuasan berbelanja secara offline maupun berbelanja melalui cara online. Hal tersebut didapatkan dari hasil uji binomial terhadap kepuasan responden dengan menggunakan  dimana hasil hitung lebih rendah dari hasil tabel, mengartikan bahwasanya kepuasan responden sebagai pembeli yang menggunakan sistem jual-beli secara offline sama dengan kepuasan responden sebagai pembeli yang menggunakan sistem jual-beli secara online.