PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK, KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI STUDI KASUS DI KANTOR KONSULTAN X KOTA JAMBI

Authors

  • Namira Putri Aninda Universitas Jambi
  • Nela Safelia Universitas Jambi
  • Wiwik Tiswiyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v12i2.24114

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan perpajakan, kualitas pelayanan, dan sanksi perpajakan secara simultan dan parsial terhadap kepatuhan wajib pajak pada Kantor Konsultan X Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang berada di wilayah kerja Kantor Konsultan X Kota Jambi sebanyak 45 orang. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara simultan pengetahuan perpajakan, kualitas pelayanan dan sanksi perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak pada Kantor Konsultan X Kota Jambi. Pengetahuan Pajak, Kualitas Pelayanan Dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak sebesar 22,2% sedangkan sisanya sebesar 77,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model ini. Sebagian pengetahuan perpajakan, kualitas pelayanan dan sanksi perpajakan berpengaruh terhadap integritas wajib pajak pada Kantor Konsultan X Kota Jambi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani. (2014). Teori Perpajakan. Jakarta: Salemba Empat.

Awuri, V. (2020). The Effect Of Tax Awareness, Tax Socialization, Tax Sanctions And Service Quality On Motor Vehicles Taxpayer Compliance (A Case Study At Kantor Bersama Samsat Karangploso). Universitas Brawijaya.

Bahri, S., Diantimala, Y., & Majid, M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan Serta Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Pada Kantor Pajak Kpp Pratama Kota Banda Aceh). Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 4(2), 318–334.

Carolina, V. (2009). Pengetahuan Pajak. Mawardi. Jakarta: Salemba Empat.

Djajadiningrat. (2014). Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Erawati, T., & Asâ€Tmari, N. G. (2018). Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Akuntansi Dewantara, 2(1), 46–55.

Faizin, M., Kertahadi, & Ruhana. (2016). Pengaruh Sosialisasi, Pemahaman, Dan Kesadaran Prosedur Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Pajak Bumi Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan Di Desa Mojoranu Kabupaten Bojonego. Jurnal Perpajakan, 9(1), 200–211.

Ghozali, I. (2011). Structural Quation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square (Pls) Edisi 3. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, Y., Toni, N., & Simorangkir, E. N. (2020). The Effect Of Tax Knowledge And Tax Sanctions On Taxpayer Compliance At The Tax Office (Kpp) Pratama, Medan Timur Through Tax Awareness As An Intervening Variable. International Journal Of Research And Review, 7(9), 294–302.

Ilhamsyah, R. Dkk. (2016). Pengaruh Pemahaman Dan Pengetahuan Wajib Pajak Tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Keapatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Perpajakan, 8(1), 201–212.

Khasanah, S. N. (2014). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Moderenisasi Sistem Administrasi Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun. Universitas Negeri Yogyakarta.

Lianty, M., & Hapsari, D. W. (2017). Pengetahuan Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, Dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer, 9(2), 55–65.

Mardiasmo. (2016). Perpajakan. Edisi Revisi. Yogyakarta, Andi.

Mardiasmo. (2018). Perpajakan Edisi Terbaru 2018. 11th Edn. Yogyakarta: Andi Publisher.

Meiranto, W. (2017). Pengaruh Sanksi Perpajakan, Pelayanan Fiskus, Pengetahuan Dan Pemahaman Perpajakan, Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Diponegoro Journal Of Accounting, 6(3), 1–10.

Nuraina, F. S. E. (2017). Pengaruh Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Madiun. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 5(1), 45–56.

Pardede, R., & Manurung, R. (2014). Analisis Jalur/ Path Analysis "Teori Dan Aplikasi Dalam Riset Bisnis. Jakarta: Pt Rineka Cipta.

Pratiwi, I. G. A. M., Andriani, A. M., & Setiawan, P. E. (2014). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan,Kondisi Keuangan Perusahaan, Dan Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Reklame Di Dinas Pendapatan Kota Denpasar. Universitas Udayana Press, 4(1), 10–21.

Pusparini, A. D. (2011). Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak Dan Pelaksanaan Sanksi Pajak Terhadap Kesadaran Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Pada Kpp Pratama Soreang). Universitas Indonesia Press, 4(1), 15–22.

Putri, Amanda, R., & Siswanto. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Ajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Denpasar. E-Jurnal Akuntansi, 4(1), 661–663.

Putri, R. W., Raharjo, K., & Permana, I. (2021). The Effect Of Tax Knowledge, Tax Sanctions, Income Level, As Well As Service Quality On Taxpayer Awareness Impact On Personal Taxpayer Compliance With Annual Income Tax Compliance (Case Study Of Personal Taxpayers Who Are Registered As Taxpayers At The Se. Jurnal Unpand, 7(7), 201–212.

Rahayu, N. (2017). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Ketegasan Sanksi Pajak, Dan Tax Amnesty Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Akuntansi Dewantara, 1(1), 15–30.

Rahayu, Nurulita. (2017). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Ketegasan Sanksi Pajak, Dan Tax Amnesty Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi, 1(1), 12–21.

Rahayu, S. K. (2017). Perpajakan (Konsep Dan Aspek Formal). Bandung : Rekayasa Sains.

Resmi, S. (2014). Perpajakan: Teori Dan Kasus, Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.

Sapriadi, D. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Pajak, Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pbb (Pada Kecamatan Selupu Rejang). Universitas Negeri Padang.

Saragih, F., & Dessy, S. (2017). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan Serta Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Pada Kpp Pratama Medan Kota). Jurnal Pajak Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 1–130.

Sari, D. (2013). Konsep Dasar Perpajakan. Bandung : Pt Refika Adimata.

Siti Kurnia Rahayu. (2010). Perpajakan Indonesia : Konsep Dan Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soemitro, R. (2014). Perpajakan Teori Dan Teknis Pemungutan. Bandung: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabet.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Susilawati, K. E., & Budiartha, K. (2013). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakan Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Ejurnal Akuntansi Universitas Udayana, 4(2), 345–357.

Susmita, P. R., & Supadmi, N. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Pajak, Dan Penerapan E-Filing Pada Kepatuhan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 4(1), 1239–1269.

Syabaniah, R. N., Marsusanti, E., & Wati, E. (2017). Kajian Efektifitas E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di Kantor Pajak Pratama Cianjur. Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi, 4(1), 301–305.

Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Waluyo. (2017). Perpajakan Indonesia Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Wardani, D. K., & Rumiyatun. (2017a). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, Dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi, 5(1), 1–9.

Wardani, D. K., & Rumiyatun, R. (2017b). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, Dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi, 5(1), 15. Https://Doi.Org/10.24964/Ja.V5i1.253

Zulaikhah, S. M. (2013). Pengaruh Kemanfaaatan Npwp, Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada Wp Op Di Kabupaten Tegal). Jurnal Akuntansi, 2(4), 1–15.

Downloads

Published

2023-06-22

How to Cite

Aninda, N. P., Safelia, N. ., & Tiswiyanti, W. . (2023). PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK, KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI STUDI KASUS DI KANTOR KONSULTAN X KOTA JAMBI: . Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 12(2), 507-515. https://doi.org/10.22437/jmk.v12i2.24114

Most read articles by the same author(s)