ANALISIS COACHING DAN MENTORING TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN MEDIASI MOTIVASI KERJA
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v12i2.21644Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh pelaksanaan coaching dan Mentoring terhadap kinerja pegawai dimediasi motivasi kerja (petugas SAR) di Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan. Alat analisis yang digunakana dalah analisis PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Coaching berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Balai Pendidikan dan Pelatihan, Mentoring berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, Motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Balai Pendidikan dan Pelatihan, Coaching tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja, Mentoring berpengaruh signifikan dan positif terhadap motivasi kerja pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Coaching tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai dengan motivasi kerja sebagai variabel mediasi Mentoring berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja pegawai dengan motivasi kerja sebagai variabel mediasi pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.
Downloads
References
Abdillah, W., & Jogiyanto. (2009). Partial Least Square (PLS) Alternatif SEM Dalam Penelitian Bisnis. Andi.
Adnan, Z. (2018). Upgrading EFL Teachers ’ Quality through an Online Mentoring System , an Innovative In-Service Training Model : The Case of Indonesia. 30(2), 158–166.
Cassio, F. (2015). Pandji, Anoraga. Psikologi Kerja .( Jakarta : PT Rineka Cipta,1992), hlm.34 8. Psikologi Kerja, 8–72.
Chidir, G., Ferdiyatmoko, D., Kumoro, C., & Johan, M. (2021). Learning dan Coaching : Analisis Anteseden Manajemen Kinerja Dosen. 4(2), 293–315.
Colomo-Palacios, R., & Casado-Lumbreras, C. (2006). Mentoring and Coaching: It perspective.
Emrick, W. S. (1988). Mentoring Handbook. 85.
Hartanto, E. (2020). Kinerja Karyawan. 12–45.
Hasbidin. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA PEGAWAI BANK SYARIAH MANDIRI DI KOTA MEDAN. At-Tawassuth, 2(1), 98–121. http://publications.lib.chalmers.se/records/fulltext/245180/245180.pdf%0Ahttps://hdl.handle.net/20.500.12380/245180%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jsames.2011.03.003%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gr.2017.08.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.precamres.2014.12
Indrasari, M. (2017). Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. In Yogyakarta: Indomedia Pustaka (pertama). Indomedia Pustaka.
IPEC. (2022). COACHING ?
Kambey, F. L. & S. (2013). PENGARUH PEMBINAAN, PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN, PEMBERDAYAAN DAN PARTISIPASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN. Diponegoro Journal of Management, 10, 70–79. https://doi.org/10.14710/jsmo.v10i2.5912
Kaswan. (2012). Coaching dan Mentoring untuk Pengembangan SDM dan Peningkatan Kinerja Organisasi. Alfabeta.
Maharani, S. A., & Widiartanto. (2017). Pengaruh Self-Efficacy, Coaching dan Empowerment Terhadap Kinerja Karyawan CV. Laxita Paramitha Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6.
Nazifah, L., & Nazifah, L. (2021). Pengaruh Coaching Dan Mentoring Terhadap Kualifikasi Kelulusan Pelatihan Dasar Cpns Guru Sd. Jurnal Holistika, 5(1), 17–27. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/9354
Nikodemus Thomas Martoredjo. (2015). PERAN DIMENSI MENTORING DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA. HUMANIORA, 6.
Regen, R., Johannes, Edward, & Yacob, S. (2020). Employee development model and an assessment on the perspectives of work behavior, motivation, and performance. Research in Business & Social Science, 9(2), 56–69.
Syarifudin, A. (2020). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’ä¸å¿ƒã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle. 2507(February), 1–9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Torang M. Hutahaean, Johannes Johannes, Edward Edward
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.