PENGARUH GAYA SERVANT LEADERSHIP TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DENGAN MEDIASI KEPERCAYAAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA JAMBI TELANAIPURA

Authors

  • Agus Susanto Kantor Direktorat Jederal Pajak

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v11i03.18366

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Servant Leadership terhadap Komitmen Organisasi dengan mediasi Kepercayaan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jambi Telanaipura. Penelitian ini dirancang menggunakan teknik penelitian survey. Variabel yang digunakan yaitu Servant Leadership sebagai variabel independen, Kepercayaan sebagai variabel mediasi dan Komitmen Organisasi sebagai variabel dependen. Populasi target untuk penelitian ini adalah pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jambi Telanaipura dengan jumlah 96 orang pegawai. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh (sampling sensus). Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menyebarkan pernyataan melalui kuisioner dalam pengumpulan datanya. Teknik analisis data yang digunakan adalah PLS-SEM (Partial Least Square-Structured Equation Model). Hasil penelitian menunjukan bahwa Servant Leadership dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi dan Kepercayaan. Kemudian, Kepercayaan dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa Servant Leadership dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi dimediasi oleh Kepercayaan, dalam kata lain Kepercayaan dapat menjadi pemediasi dalam menjelaskan pengaruh Servant Leadership terhadap Komitmen Organisasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aznarahayu Ramli dan Nasina Mat Desa. (2014). The Relationship Between Servant Leadership and Organizational Comitment: Tehe Malaysian Perspectives, International Journal of Management and Sustainability, 2014, vol. 3, issue 2, 111-123 https://EconPapers.repec.org/RePEc:pkp:ijomas:2014:p:111-123

Baytok, A. dan Ergen, FD 2013. Pengaruh servant leadership pada perilaku kewarganegaraan organisasi: sebuah studi di perusahaan hotel bintang lima di Istanbul dan Afyonkarahisar. Jurnal Riset Bisnis . Vol 5, 105-132.

Bligh, M. C. (2017). Leadership and trust. Leadership Today, Springer Texts in Business and Economics. doi: 10.1007/978-3-319-31036-7_2.

Bryant, P., & Brown, S. (2015). Moving Servant Leadership Forward: One Issue at a Time.

Dartey-Baah. (2015). Resilient leadership: a transformational-transactional leadership mix. Journal of Global Responsibility, Vol. 6 No. 1, pp. 99-112. https://doi.org/10.1108/JGR-07-2014-0026

Darwito. (2008). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi pada RSUD Kota Semarang), Tesis Sarjana Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang (tidak dipublikasikan).

Fahriah, R. (2015). Perbedaan kepercayaan Interpersonal Pada Mhasiswa dan Karyawan Bagian Administrasi Pada Universitas Borneo di Tarakan, Seminar Psikologi dan Kemanusiaan Psikologi Forum UMM ISBN:978- 979-796-324-8, 306-310.

Gary Yulk, M. G. (2004). Kepemimpinan dalam organiasais, 5th ed, Jakarta : PT.Indeks.

Greenleaf, R.K. (1970). The servant as leader, Newton Centre, MA: The Robert K. Greenleaf Center.

Greenleaf, R.K., dan Spears, L.C. (2002). Servant Leadership : A Journey into the Nature of Legitimate Power and Greatness. Mahwah, NJ: Paulist Press.

I Made Septiadi dan I G A Dewi Adnyani. (2019). Pengaruh Servant Leadership dan Komunikasi Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 8, No. 3, 2019: 1401 – 1429 ISSN: 2302-8912 DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v8.i3.p9

Indra Setiawan dan Muhammad Ekhsan. (2021). Peran Mediasi Kepercayaan pada Pengaruh Kepemimpinan Melayani Terhadap Kinerja Karyawan PT Nesinak, Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 4 No 1, Januari 2021 E-ISSN : 2599-3410 | P-ISSN : 2614-3259 DOI : https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.314

Jacobs, GA 2006. Kepemimpinan pelayan dan komitmen pengikut, Sekolah Kajian Kepemimpinan Regent Univesity , 1-16.

Joseph F.Hair, Jr., et.al. (2017). (Edisi Kedua) A Primer On Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (232-234)

Kartono, K. (2006). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Kementerian Keuangan. (2019). Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 932/KMK.01/2019 Tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Keuangan Nomor 419/KMK.01/2018 Tentang Standar Kompetensi Jabatan Untuk Jabatan Administrator Di Lingkungan Kementerian Keuangan.

Kreitner, R., & Kinicki, A. (2014). Perilaku Organisasi Organizational Behavior. In 1.

Kusumaputri, Erika Setyanti. (2015). Komitmen pada Perubahan Organisasi: Perubahan Organisasi dalam Perspektif Islam dan Psikologi, Yogyakarta: Deepublish

Liden, R. C., et.al. (2008). Servant leadership: Development of a multidimensional measure and multi-level assessment, The Leadership Quarterly, 19(2), 161–177. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2008.01.006

Mathis, et.al. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi 9, Jakarta: Salemba Empat

Oktiani Windar dan Fitri Lukiastuti. (2001). Pengaruh Kepercayaan dan Servant Leadership terhadap Kinerja dengan Mediasi Organizational Citizenship Behavior, Universitas Slamet Riyadi Surakarta Jurnal Magisma Vol. IX No. 1 – Tahun 2021|53.

Olesia, W. S., et.al. (2014). Servant leadership: the exemplifying behaviours, IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSRJHSS) Vol, 19,75–80.

Puspitawati, N. M. D. (2013). Kepuasan Kerja dan Komitmen Orgnisasional: Pengaruhnya terhadap Layanan Hotel Bali Hyatt Sanur, Tesis Program Magister Manajemen. Universitas Udayana, Denpasar, Indonesia.

Qing Miao., et.al. (2014). Servant Leadership, Trust, and The Organizational Commitment of Public Sector Employees in China, Public Administration Vol.92, No.3, 2014 (727-743) doi: 10.1111/padm.12091.

Rai, R., & Prakash, A. (2012). A relational perspective to knowledge creation: Role of servant leadership, Journal of Leadership Studies, 6(2), 61–85.

Rakhmat, Jalaluddin. (2007). Psikologi Komunikasi (Edisi Revisi), Bandung : Remaja Rosdakarya

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara.

Republik Indonesia. (2017). Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan.

Republik Indonesia. 2020. Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanaja Negara.

Robbins, S.P. (2008). Perilaku Organisasi Edisi Kedua, Jakarta : PT Prehallindo. Siagian, S.P. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Pertama. Jakarta: Bumi Aksara.

Robbins, Stephen P & Timothy A. Judge. (2011). Perilaku Organisasi Organizational Behavior, Jakarta: Salemba Empat.

See-Kwong Gho dan Brian Zhen-Jie (2014). The Influnce of Trust in Leaders. International Journal of Bussiness and Managenment, Vol.9, No.01; 2014. ISSN 18833-3850 E-ISSN 1833-8119 Published by Canadian Center of Science and Education.

Sen Sanjaya dan Andre Pakerti. (2010). Servant Leadership as antecedent of trust in organizations, Leadership & Organization Development Journal, Vol. 31 Iss 7 pp. 643 – 663, http://dx.doi.org/10.1108/01437731011079673

Sigittriadi A.Ajis dkk. (2017). Pengaruh Servant Leadership dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palu (KPP Pratama Palu), Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, Vol. 3, No. 3, September 2017, 213-224 ISSN : 2443-3578 (On Line)/ISSN : 2443-1850 (Print)

Smith, C. (2005) Servant Leadership: The Leadership Theory of Robert K. Greenleaf, Diunduh dari www.carolsmith.us/downloads/640greenleaf.pdf.

Smith, C. (2005). Kepemimpinan pelayan: teori kepemimpinan Robert K. Greenleaf, Info 640-MGMT.OF INFO. ORGS.

Sopiah. (2008). Perilaku Organisasi, Yogyakarta: Andi Offset.

Subejo dkk. (2013). The Effect of Organizational Commitment and Organization Identity Strength to Citizenship Behaviour (OCB) Impact On Fire Department and Disaster Employee Performance. IOSR Journal of Business and Management.

Suswati Endang dan Budianto Arif. (2013). Komitmen Organisasi Sebagai Salah Satu Penentu kinerja Karyawan. Surakarta

Trompenaars, F. dan Voerman, E. (2010). Memanfaatkan kekuatan dunia filosofi manajemen yang paling kuat: Melayani-Kepemimpinan budaya, New York: McGraw-Hill.

van Dierendonck, D., & Nuijten, I. (2011). The Servant Leadership Survey: Development and Validation of a Multidimensional Measure, Journal of Business and Psychology, 26(3), 249–267. https://doi.org/10.1007/s10869-010-9194-1

Vania Claresta Prbowo dan Roy Setiawan (2013). Pengaruh Servant Leadership dan Komitmen Organisasional Karyawan Terhadap Organiszational Citizenship Behavior (OCB) pada Blue Bird Group Surabaya, Program Manajemen Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Petra, AGORA Vol. 1, No. 3, (2013).

Yukl, G. (2005). Kepemimpinan dalam Organisasi, Jakarta : PT Indeks.

Yukl, G. (2013). Leadership in organizations Eighth edition Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall.

Zahra Ghorbanpour dkk. (2014). “Investigating the Effect of Organization Commitment on Performance of Auditors in the Community of Certified Accountantsâ€. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business, Februari Vol.5 no.1

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Susanto, A. . (2022). PENGARUH GAYA SERVANT LEADERSHIP TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DENGAN MEDIASI KEPERCAYAAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA JAMBI TELANAIPURA. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(03), 769-783. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i03.18366