PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MELALUI NIAT BERPERILAKU SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA USAHA KECIL MENENGAH DI KABUPATEN TEBO

Authors

  • Rakawi Saputra Universitas Jambi
  • Dahmiri Dahmiri Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v11i03.18000

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh financial technologi dan niat berperilaku terhadap perilaku keuangan pada saha kecil menengah di Kabupaten Tebo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif melalui pendekatan survey, Populasi dalam penelitian ini yaitu pelaku UMKM di Kabupaten Tebo yang berjumlah 1.537 orang, sedangkan sampel adalah responden yang dipilih dengan menggunakan pendekatan Yamane atau rumus Slovin berjumlah 94 orang. Variable independen penelitian adalah financial technologi dan niat berperilaku sedangkan variable dependen adalah perilaku keuangan. Jenis data adalah data primer dan data skunder, sumber data dari studi pustaka dan studi lapang dan online. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan perangkat kuesioner. Sebelum dilakukan penyebaran kuesioner maka dilakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap kueioner. Analisis data dilakukan dengan dua pendekatan yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kualitatif menggunakan alat analisis deskriftif sedangkan pendekatan kuantitatif menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Fintech berpengaruh posistif dan signifikan terhadap Perilaku Keuangan, Fintech berpengaruh posistif dan signifikan terhadap niat berperilaku, Niat berpengaruh posistif dan signifikan terhadap perilaku keuangan dan Fintech berpengaruh posistif dan signifikan terhadap perilaku keuangan yang dimediasi oleh niat berperilaku

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Kholilah, N. & Iramani, (2013). Studi Financial Management Behavior Pada Masyarakat Surabaya, Journal of Business and Banking, Vol.3. No 1.

Baron, R. A., Byrne, D., & Watson, G. (2001). Exploring social psychology: Allyn & Bacon.

David LEE Kuo Chuen, dan Linda LOW, (2018), “Inclusive FinTech (Blockchain,Cryptocurrency, ans ICO)â€, New York: Worid Scientific, 2018:1.

Dew, J., & Xiao, J. (2011). The Financial Management Behavior Scale: Development and Validation. Journal of Financial Counseling and Planning, 43..

Herdjiono, Irene, Lady Angela Damanik (2016). Pengaruh Financial Attitude, Financial Knowledge, Parental Income Terhadap Financial Management Behavior, Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Tahun 9. No. 3, 2016.

Maskur, Ali, Endang & Adib , Pengaruh Norma Subjektif dan Kontrol Perilaku Yang Dipersepsikan Terhadap Niat Pinjam KUR Mikro.

Nizar, Muhammad Afdi.2017. Teknologi Keuangan: Konsep dan Implementasinya di Indonesia.Warta Fiskal Edisi V, Kementrian Keuangan.

Peraturan Bank Indonesia Nomor 19/12/PBI/2017 tentang Penyelenggaraan Teknology

Sina, P. (2012). Motivasi Berprestasi, Literasi Keuangan dan Mengelola Pengeluaran Rumah. Jurnal Motivasi Berprestasi, Literasi Keuangan, Pengeluaran.

Susanti. (2016). "Pengaruh Locus of Control Internal dan Pendapatan terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa". Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan , Volume 4, Nomor 1, Tahun 2016.

Svetlana Saksonova and Iriana Kuzmina-Merlino, Finrech as Financial Innovation-The Possibilities and Problems of Implementation European Research Studies Journal Volume XX Issue 3A, 2017, pp.961-973.

Tukan, Brigitta Azalea Pulo (2019).Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Technology, dan Pendapatan Terhadap Perilaku Keuangan Dosen

Zainiati, Nia, Pengaruh Locus Of Control dan Sikap Keuangan Yang Dimediasi Oleh Niat Terhadap Perilaku Pengelolaan Keungan Keluarga, jurnal, Surabaya, 2017.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Saputra, R. ., & Dahmiri, D. (2022). PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MELALUI NIAT BERPERILAKU SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA USAHA KECIL MENENGAH DI KABUPATEN TEBO. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(03), 755-768. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i03.18000

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>