PENGARUH EMPOWERING LEADERSHIP TERHADAP KINERJA KARYAWAN YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA PADA PT. TRANSPORTASI GAS INDONESIA CABANG JAMBI

Authors

  • Eka Purnama PT. Transportasi Gas Indonesia
  • Sigit Indrawijaya Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v11i03.16476

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh empowering leadership terhadap kinerja karyawan yang dimediasi oleh kepuasan kerja. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Jenuh (Sensus Sampling) pada 78 karyawan di PT. Transportasi Gas Indonesia cabang Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan menggunakan Smart Partial Least Square (PLS) untuk analisis data, serta seperangkat kuesioner untuk pengumpulan data. Studi ini pada dasarnya mencatat empowering leadership sebagai variabel independen, kinerja karyawan sebagai variabel dependen yang dimediasi dari kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Temuan menunjukkan bahwa empowering leadership memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan dimana pengaruh tidak langsung dari empowering leadership melalui kepuasan kerja terhadap kinerja adalah lebih besar di PT. Transportasi Gas Indonesia. Temuan ini menyiratkan bahwa empowering leadership merupakan agen perubahan untuk transformasi organisasi guna mencapai kinerja yang lebih baik khususnya di PT. Transportasi Gas Indonesia, dan secara umum meningkatkan pertumbuhan dan produktivitas perusahaan di Indonesia.

 

Kata Kunci: Empowering Leadership, Kinerja Karyawan dan Kepuasan Kerja.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alexandra, M dan Theola, D. (2016). Analisa Pengaruh Empowering Leadership Terhadap Team Performance Management dengan Team Cohesion Sebagai Variabel Intervening di Hachi-Hachi Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, Vol. 4, No. 1.

Bangun, W (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Benazir, K.G.N dan Istiqomah, S. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Pemberdayaan pada Kepuasan Kerja dan Kreativitas melalui Pemberdayaan Psikologi dan Kepemimpinan Diri. Media Riset Manajemen, Volume 2, Nomor 1.

Damayanti, Y. (2021). Pengaruh Empowering Leadership terhadap Kinerja Guru dengan Psychological Empowerment sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 907–919.

Handoko, T. H. (2013). Management personalia dan sumber daya manusia. Yogyakarta: BPFE

Hasibuan, M. S. P. (2012). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Heidjrachman, R dan Husnan, S. (2012). Manajemen personalia. Yogyakarta: BPFE.

Hersey dan Blanchard, (2006). Management of organizational behavior : Utilizing human resources, Prentice Hall, New Jersey

Jones, D. L. (2013). Empowering Leadership (1 ed). Frederiksberg: Ventus Publishing ApS.

Mutaminah & Munadharoh (2013). Analisis empowering leaderhip dan psychological empowerment dalam organisasi. Jurnal ekonomi dan bisnis. 14(2), 28-43.

Nabillah, N. (2021). Pengaruh Empowering Leadership Terhadap Kinerja Pegawai Dan Motivasi Intrinsik (Studi pada pemerintah Kota Palangka Raya). JMSO: Jurnal Manajemn Sains dan Organisasi, Vol. 2, Nomor 1.

Robbins, S.P. & Judge, T. (2015). Organizational Behavior. Pearson: Education Limited.

Roellyanti, M.V. (2015). Empowering Leadership dan Peran Intrinsic Motivation Sebagai Variabel Mediasi Dalam Upaya Meningkatkan Employee Creativity. Among Makarti Vol.8 No.16.

Rivai, V. (2011). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan, dari teori ke praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Widodo, P.H dan Setiawan, R. (2019). Pengaruh Ethical Dan Empowering Leadership Terhadap Affective Commitment Pada Hotel Sulawesi Gorontalo Dengan Leader-Member Exchange (Lmx) Sebagai Variabel Intervening

Zhang, X., and Bartol, K.M. (2010). Linking Empowering Leadership And Employee Creativity: The Influence Of Psychological Empowerment, Intrinsic Motivation, And Creative Process Engagement. Academy of Management Journal no. 53 (1):107–128.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Purnama, E. ., & Indrawijaya, S. (2022). PENGARUH EMPOWERING LEADERSHIP TERHADAP KINERJA KARYAWAN YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA PADA PT. TRANSPORTASI GAS INDONESIA CABANG JAMBI. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(03), 569-575. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i03.16476

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>