DETERMINAN LOYALITAS PENGGUNA APLIKASI RUANGGURU DI KOTA JAMBI DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Authors

  • Suci Novtari Kumala Dewi Co Founder Wedding Decoration Di Temangaleri Jambi
  • Johannes Johannes Univeersitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v10i02.13171

Keywords:

kualitas produk, harga, personal selling, E-WOM, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen, bimbingan belajar online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan  pengaruh loyalitas pengguna aplikasi bimbingan belajar online Ruangguru. Enam  variabel yang dianalisis   yaitu kualitas produk, harga, personal selling, e-Wom, kepuasan konsumen, dan loyalitas konsumen.   Untuk itu dilakukan  penelitian  dengan  sampel sebesar  151 responden yang diperoleh melalui perhitungan Slovin, yang diperoleh dengan  menggunakan teknik tatap muka dan online.  Berdasarkan pola hubungan antara determinan loyalitas  terungkap bahwa harga  dan personal selling  adalah determinan kepuasan dan tidak terhadap  loyalitas konsumen. Sementara e-wom   menjadi deterimanan   loyalitas konsumen, dan tidak terhadap  kepuasan  konsumen.  Oleh karena itu , disarankan agar ruang guru meningkatkan peran  personal selling   dalam memanfaatkan ruang guru untuk tujuan pembelajaran secara online. Ini akan berdampak terhadap  loyalitas pengguna melalui  kegiatan e-Wom yang menjadi alat pemasaran  tanggung terelebih di era teknologi di segala bidang.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assauri, S. (2011). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. In PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Atmawati, R., dan Wahyuddin, M. (2004). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Matahari Departement Store Di Solo Grand Mall. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya.

Chantya, A., And Sunaryo. (2015). The Effect Of Advertising, Personal Selling, And Sales Promotion To Purchase Decision Of Prudential Individual Customers.

Ferdinand, A. (2011). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan disertai Ilmu Manajemen. In Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2008. SEM Metode Alternatif dengan PLS. In Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamid, R. S., and Anwar, D. S. M. (2019). Structural Equation Modeling (SEM) Konsep dasar dan aplikasi program smart PLS 3.2.8 dalam riset bisnis. In Structural Equation Modeling.

Hamsinah, Sjahrudin, H., & Gani, M. (2019). Jurnal organisasi dan manajemen. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 10(1), 15–26.

Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1).

Haghighi, M. (2012). Evaluation of factors affecting customer loyalty in the restaurant industry. African Journal of Business Management, 6(14), 5039–5046.

Hasan, Ali. 2010. Marketing Dari Mulut Ke Mulut, Cetakan 1. Yogyakarta: Media Pressindo.

Hurriyati, R. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta Bandung.

Indoxp, P. T. W., Purwati, A. A., Rukmana, K., & Deli, M. M. (2020). the Effect of Personal Selling and Service Quality on Customer Loyalty At. Journal of Applied Business and Technology ( JABT ), 1, 1–7.

Johannes, Raf, M., & Lukman, M. (2009). Analisis Kepuasan Nasabah Prioritas Berdasarkan Bauran Pemasaran (Kasus Pada PT. Bank Central Asia, Tbk Kantor Cabang Utama Jambi). Jurnal Manajemen Pemasaran Modern. Vol. 1 No.1.

Kotler, P, Philip, & Armstrong. (2008). PrinsipPrinsip Pemasaran. Edisi ketigabelas. Alih Bahasa oleh David Octarevia. Jakarta : Salemba Empat.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2011). Lokasi, Harga, Dan Kualitas Pelayanan. In Jurnal.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing Global. In USE: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. (2013). Analisis Pengaruh Implementasi Manajemen Kualitas. Studi Manajemen Dan Organisasi.

Kotler, P., & Keller, K. (2013). Manajemen Pemasaran Jilid 2. In Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. In Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. (2017). Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks,. Jakarta. In e – Jurnal Riset Manajemen.

Natarajan, R., & Sudha, V. (2016). A Relationship Between Brand Image and Brand Loyalty. International Journal of Economic and Business Review, 4(5), 139–145.

Nelwan, O., & Mandey, S. (2014). Customer Relationship Management (Crm) Dan Personal Selling Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt Virgo Ekspres Tours & Travel Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 99–110.

Osman, Z., &Sentosa, I. (2013). Influence of customer satisfaction on service quality and trust relationship in Malaysian rural tourism / Zahir Osman and Ilham Sentosa. Business & Management Quaterly Review, 4(2), 12–25.

Palma, M. A., & Andjarwati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Produk Fashion Melalui Toko online di Surabaya). Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 16(1), 84.

Pelealu,Y. A. (2015). Analisis Pengaruh Harga Kompetitif, Personal Selling Dan Merchandising Terhadap Loyalitas Pelanggan.

Purnama, A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Pada Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Produk Graphic Processing Unit AMD Radeon). Semarang , Universitas Diponogoro, 29.

Purwanda, E., & Wati, T. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelangga(Survey Pada Pelanggan Lazada Di Wilayah Bandung Timur). Jurnal INTEKNA, 18(2), 86–91.

Purwati, A. A., Rukmana, K., and Deli, M. M. 2020. The Effect Of Personal Selling And Service Quality On Customer Loyalty At. Journal Of Applied Business And Technology (Jabt), 1.

Putri, S. W., Rodhiyah, & Nugraha, H. S. (2015). Diponegoro Journal Of Social And Political Science Tahun 2015, Hal 1-8.

Rahmawati, N. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. 1–153.

Rizan, M., & Anjarestu, Y. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Majalah Info Bekasi (Studi Kasus Pt. Sibk). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 4(1), 78–81.

Safitri, A. (2019). Electronic Word Of Mouth, Kualitas Pelayanan Serta Suasana Kafe Dan Pengaruhnya Terhadap Pembelian Ulang Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen Pada Warunk Upnormal.

Sebayang, S., & Sembiring, J. (2017). Pengaruh self esteem dan self efficacy terhadap kinerja karyawan studi kasus di PT.Finnet Indonesia, Jurnal Manajemen, Vol.4, No.1, hlm.335.

Shimp, T. A. 2010. Integrated Marketing Comunication In Advertising And Promotion 8e. Soun-Western : Cengage Learning.

Sukri, S. C. (2020). Pengaruh Advertising, Personal Selling dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Produk Semen Padang di Kota Medan.

Sumarwan, U. (2003). Perilaku Konsumen: Teori dan penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Wijayanto, A. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Loyalitas Konsumen Tupperware (Studi Pada Konsumen Tupperware Di Universitas Diponegoro). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 89–97.

Williamson, O. E. (1999). Strategy research: Governance and competence perspectives. Strategic Management Journal.

Downloads

Published

2022-06-15

How to Cite

Dewi, S. N. K. ., & Johannes, J. (2022). DETERMINAN LOYALITAS PENGGUNA APLIKASI RUANGGURU DI KOTA JAMBI DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(02), 247-260. https://doi.org/10.22437/jmk.v10i02.13171

Most read articles by the same author(s)