Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah https://online-journal.unja.ac.id/krinok <p><strong><em>KRINOK</em></strong> : Jurnal Sejarah dan Pendidikan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Jambi ialah jurnal khusus dbentuk untuk memfasilitasi mahasiswa Pendidikan Sejarah maupun mahasiswa lain yang artikelnya berkaitan dengan fokus utama jurnal. KRINOK Unja berkerja sama dengan Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI).</p> <ul> <li>Sistem Pendidikan,</li> <li>Kurikulum,</li> <li>Nilai-Nilai Pendidikan,</li> <li>Peninggalan Sejarah Lokal,</li> <li>Media Dan Sumber Pembelajaran Sejarah,</li> <li>Evaluasi Pembelajaran Sejarah,</li> <li>Bidang Ilmu Sosial,</li> <li>Dan Topik Terkait Lainnya.</li> </ul> en-US budipurnomo@unja.ac.id (Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd) lisarukmana@unja.ac.id (Lisa Rukmana, M.Pd) Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 MENGANALISIS SEJARAH PERKEMBANGAN PEREKONOMIAN DIGITAL DI INDONESIA https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/27465 <p>Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perkembangan, dampak dan manfaat ekonomi digital di Indonesia. Ekonomi digital berkembang dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang di seluruh dunia. Perkembangan teknologi membawa serta perubahan yang sangat cepat, digitalisasi meningkatkan pergerakan manusia, pengiriman barang, serta keluar masuknya modal dan informasi. Kajian yang dipaparkan dalam tulisan ini didasarkan pada analisis literatur yang sifatnya relevan sehingga sifatnya berbentuk kumpulan statment dari bermacam sumber yang jadi referensi rujukan serta bukan perihal yang dikira- kira. Hasil dari penelitian ini adalah kemajuan teknologi telah membawa perubahan yang cepat dan persaingan yang ketat. Dengan munculnya digitalisasi, mobilitas manusia, distribusi modal, dan transmisi data semuanya berkembang pesat. Terobosan baru di bidang keuangan, budaya, pariwisata, industri kreatif, pertanian, dan agrologi telah dimungkinkan dengan munculnya digitalisasi.</p> Eka Ayu Wulandari Copyright (c) 2024 Eka Ayu Wulandari https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/27465 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 ANALISIS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMAN 2 KOTA JAMBI https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/25856 <p>Media audiovisual merupakan media yang mengandung suara dan gambar yang dimana menggunakan indera pendengar dan penglihatan yang bisa digunakan dalam media pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui analisis penerapan media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran sejarah di SMAN 2 kota Jambi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis penelitian ini terdapat tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran audiovisual pada pembelajaran sejarah di SMAN 2 Kota Jambi adalah menggunakan media audio visual seperti video dokumenter dan Power Point slide suara. Sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran sejarah, media pembelajaran audiovisual dapat meningkatkan motivasi serta pehamanan siswa tentang pembelajaran sejarah dalam menyampaikan materi pembelajaran di SMAN 2 Kota Jambi.</p> Nanda Deswita Fitri, Reka Seprina Copyright (c) 2024 Nanda Deswita Fitri, Reka Seprina https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/25856 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN MASYARAKAT ETNIS TIONGHOA DI JAMBI https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/25873 <p>Perkembangan kebudayaan masyarakat etnis Tionghoa di Jambi telah menjadi cerminan dari integrasi budaya yang harmonis antara masyarakat Tionghoa dan masyarakat Jambi secara keseluruhan. Artikel ini membahas bagaimana masyarakat etnis Tionghoa di Jambi berhasil menjaga dan melestarikan kebudayaan mereka sambil tetap berkontribusi pada pembangunan daerah dan juga membahas pengaruh masyarakat Tionghoa dalam bidang ekonomi dan sosial serta tantangan yang dihadapi dalam mempertahankan dan mengembangkan kebudayaan Tionghoa di tengah perubahan zaman. Artikel ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan data sekunder dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, artikel, dan sumber online yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat etnis Tionghoa di Jambi telah berhasil menjaga keberagaman budaya, bahasa, agama, dan tradisi Tionghoa, yang menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kekayaan budaya Jambi secara keseluruhan. Masyarakat Tionghoa juga memberikan kontribusi yang signifikan dalam bidang ekonomi dan sosial di Jambi melalui usaha perdagangan, industri, dan partisipasi dalam kegiatan sosial.</p> Tiara Mulandari, Budi Purnomo, Isrina Siregar Copyright (c) 2024 Tiara Mulandari, Budi Purnomo, Isrina Siregar https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/25873 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 ANALISIS STRATEGI PENGAJARAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/25685 <p>Tujuan Penelitian ini adalah untuk Mengetahui Tentang strategi mengajar multikultural di Sekolah Menengah Atas (SMA), metode penelitian yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah tinjauan pustakan dan studi literatur yang berisi mentahan materi yang sudah diolah sehingga menjadi sumber yang valid dan terpercaya seperti, buku, artikel, jurnal, dan sumber bacaan lainya. Hasil dari penelitian ini antara lain : Pertama Rancangan strategi mengajar multikulturalisme yang efektif di SMA memerlukan kerangka konseptual atau teoritis yang kokoh sebagai dasar, Kerangka konseptual atau teoritis ini dapat membantu pendidik dalam mengarahkan pendekatan, metode, dan aktivitas pengajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip multikulturalisme, Kedua Pengaruh strategi mengajar multikulturalisme di SMA terhadap pemahaman, sikap, dan keterampilan siswa terkait multikulturalisme dapat sangat signifikan. ketiga Penerapan strategi pembelajaran berbasis multikultural pada Mata Pelajaran Sejarah melalui Study eksplorasi diri dan lingkungan yaitu siswa ditugaskan untuk membuat rangkuman tentang kebudayaan dari masing-masing suku yang mereka ketahui dan masih dilaksanakan di daerahnya tersebut.</p> Dony Saputra, Isrina Siregar, Budi Purnomo Copyright (c) 2024 Dony Saputra, Isrina Siregar, Budi Purnomo https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/25685 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH PEMAHAMAN NILAI-NILAI SEJARAH TERHADAP PERILAKU TOLERANSI DAN SIKAP CINTA TANAH AIR SISWA KELAS XII IPS SMAN 15 MERANGIN https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/27761 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh pemahaman niali-nilai sejarah terhadap perilaku toleransi dan sikap cimta tanah air siswa kelas XII IPS SMA Negeri 15 Merangin tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 15 Merangin pada Februari 2022. Data penelitian di peroleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa kelas XII (sebagai data utama). Setelah Data Dikembalikan, data di analisis secara kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh pemahaman nilai-nilai sejarah terhadap perilaku toleransi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 15 Meragin karena nilai signifikansinya yang diperoleh sebesar 0,000 &lt; 0,05. Artinya, semakin tinggi pemahaman nilai-nilai sejarah maka akan mengakibatkan perilaku toleransi semakin tinggi pula; (2) Terdapat pengaruh pemahaman nilai-nilai sejarah terhadap sikap cinta tanah air siswa kelas XII IPS SMA Negeri 15 Merangin karena nilai signifikansinya sebesar 0,000 &lt; 0,05. Artinya, semakin tinggi pemahaman nilai-nilai sejarah siswa maka akan mengakibatkan sikap cinta tanah air semakin tinggi pula; (3) Terdapat pengaruh bersama pemahaman nilai-nilai sejarah terhadap perilaku toleransi siswa dan sikap cinta tanah air siswa kelas XII IPS SMA Negeri 15 Merangin karena nilai probabilitas signifikansinya sebesar 0,000 &lt; 0,05. Ini berarti semakin tinggi pemahaman nilai-nilai sejarah maka akan mengakibatkan perilaku toleransi dan sikap cinta tanah air semakin tinggi pula. Besarnya pengaruh pemahaman nilai-nilai sejarah terhadap perilaku toleransi dan sikap cinta tanah air siswa kelas XII IPS SMA Negeri 15 Merangin adalah sebesar 40,6% sisanya 59,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian.</p> Lisa, Ela Yulastini Copyright (c) 2024 Lisa, Ela Yulastini https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/27761 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 JUGUN IANFU: WANITA PENGHIBUR DAN TENTARA JEPANG 1942-1945 https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/28238 <p>Jugun Ianfu adalah istilah yang digunakan Jepang merujuk kepada wanita pengibur pada masa Perang Dunia II, dimana wanita-wanita penghibur ini direkrut oleh tentara Jepang untuk dijadikan budak seks bagi para tentara dan perwira. Sistem ini disetujui langsung oleh kaisar Jepang untuk menghibur dan memberikan semangat kepada para tentaranya yang sedang berperang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberi gambaran peristiwa yang terjadi terhadap para perempuan yang dijadikan Jugun Ianfu, kekerasan secara fisik dan emosional yang dialami perempuan selama berada di Ianjo, serta dampak yang mereka terima setelah bebas menjadi Jugun Ianfu. Peneliti menggunakan metodologi historis yakni metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahapan: heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses perekutran Jugun Ianfu dilakukan melalui tiga cara, yakni secara sukarela, ditipu dengan iming-iming pekerjaan dan beasiswa, dan dilakukan penculikan secara paksa. Selama berada di Ianjo meski sering mendapati pengobatan kesehatan, para wanita tak lepas dari penderitaan seperti pemerkosaan, penyiksaan dan dalam satu hari dipaksa untuk melayani 5-10 tentara. Jika ada wanita yang berusaha melarikan diri mereka akan dibunuh, bahkan ada yang bunuh diri karena tak tahan, tak jarang juga ada yang menjadi gila hingga di bawa-bawa ke rumah sakit kejiwaan.</p> <p>&nbsp;</p> Eka Sari Copyright (c) 2024 Eka Sari https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/28238 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 IMPLEMENTASI MEDIA GAME BAAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS FASE F.4 SMA N 10 KOTA JAMBI https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/27330 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa dengan<br />menggunakan media game bamboozle di kelas fase f.4 SMA N 10 Kota Jambi. Jenis penelitian<br />ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas fase f.4 SMA N<br />10 Kota Jambi yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu<br />observasi, hasil angket, dan dokumentasi. Hasil siklus I diperoleh dari hasil angket sebesar<br />71,5% dari gabungan tindakan 1 dan 2 pada siklus II diperoleh hasil angket sebesar 87,5 %<br />dapat dilihat perbedaan signifikan antara siklus I dan II terjadi peningkatan antara siklus II &gt;<br />siklus I dari perhitungan diatas dapat disimpulkan bahwa disetiap siklusnya mengalami peningkatan.</p> Gus Muliadi, Firman Khaidir, Anny Wahyuni Copyright (c) 2024 Gus Muliadi, Firman Khaidir, Anny Wahyuni https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/27330 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 JAMBI MASA KOLONIALISME DAN IMPERIALIASME SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH: STUDY KASUS PERKEMBANGAN PERDAGANGAN PEMERINTAH HINDIA-BELANDA (1906-1942) https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/24169 <p>Jambi merupakan salah satu wilayah yang dikenal dengan hasil lada dan perkebunan karet yang tinggi, sehingga menjadikan daerah ini sebagai salah satu pemasok ekspor terbesar dari pulau Sumatera. Belanda secara garis besar menguasai Perdagangan di jambi. dalam pemerintahan kolonial Belanda 1906. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji bagaimana Perkembangan perdagangan di Jambi pada masa Kolonial dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah. Metode Penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa perdagangan kota jambi dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran sejarah. Sumberpembelajaran ini juga sangat penting untuk peserta didik karena dengan adanya bahan ajar mengenai perdagangan di Kota Jambi peserta didik akan mengetahui nasionalisme bangsa dalam mempertahankan wilayahnya dari kolonial.</p> Dimas Rizqi Rinaldi Copyright (c) 2024 Dimas Rizqi Rinaldi https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/24169 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 PNI: ORGANISASI POLITIK RADIKAL SOEKARNO DALAM PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA (1927-1931) https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/28604 <p>Penelitian ini akan membahas mengenai peran Partai Nasional Indonesia (PNI) sebagai organisasi politik radikal yang dipimpin oleh Soekarno pada masa pergerakan nasional Indonesia antara tahun 1927-1931. Tujuan dari penelitian ialah untuk mengetaui kondisi politik menjelang berdirinya PNI, mengetahui proses berdirinya PNI pada tahun 1927, mengetahui sepak terjang PNI sebagai organisasi politik radikal, dan memahami proses kemerosotan PNI sehingga dibubarkan pada tahun 1931. Penelitian termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian sejarah, yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Partai Nasional Indonesia (PNI) hadir sebagai wadah baru pergerakan Soekarno dan kawan-kawan pasca peristiwa Pemberontakan PKI 1926. PNI mengambil strategi radikal, yaitu diwujudkan dengan sikap nonkooperatifnya, menentang kebijakan Pemerintah Kolonial Hindia Belanda yang dianggap tidak berpihak kepada rakyat, dan memperjuangkan tujuannya dalam menggalang persatuan dan kesatuan demi kemerdekaan Indonesia. Pada akhir tahun 1929, dilakukan penangkapan terhadap Soekarno dan tokoh PNI lainnya, partai lantas mengalami kemerosotan dan akhirnya dibubarkan pada tahun 1931.</p> Hotman Pasaribu Copyright (c) 2024 Hotman Pasaribu https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/28604 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 FILM DOKUMENTER: JEPANG INGKAR JANJI, PETA BERONTAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETI https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/28719 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis film dokumenter dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya yang berjudul “Jepang Ingkar Janji, Peta Berontak” serta nilai-nilai yang terkandung didalam film dokumenter: jepang ingkar janji, peta berontak sebagai sumber belajar dikelas XI Ipa 1 SMA Negeri Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan menggunakan indikator penelitian tentang nilai-nilai yang terkandung dalam film dokumenter: jepang ingkar janji, peta berontak sebagai sumber belajar sejarah siswa kelas Xi Ipa 1 SMA Negeri Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan film dokumenter sebagai sumber belajar siswa memberikan dampak yang positif dan memberikan beberapa kemajuan. Selain dapat menarik perhatian siswa, film dokumenter tidak hanya dijadikan sebagai media pembelajaran, namun bisa juga sebagai sumber belajar yang dipakai berulang kali. Dengan demikian pembelajaran siswa dapat terpantau sekaligus menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam film dokumenter itu sendiri. Penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa film dokumenter sangat efektif untuk belajar baik secara daring maupun secara tatap muka.</p> Izra Evnia Dewi Sinaga, Budi Purnomo, Nelly Indrayani Copyright (c) 2024 Izra Evnia Dewi Sinaga, Budi Purnomo, Nelly Indrayani https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/28719 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 ANALISIS KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN KH. AHMAD DAHLAN SEMASA HIDUPNYA SEBAGAI TOKOH INSPIRATIF DI MASA KINI https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/28692 <p>KH Ahmad Dahlan di lahirkan dari keluarga yang memegang erat nilai agama sehingga dari kecil beliau telah di displinkan menuntut ilmu agama oleh ayahnya di Kauman. Oleh karna itu peneliti menggambil nilai karakter religius dan nilai karakter disiplin sebagai contoh di masa sekarang. Sebagaimana setelah terjadinya Pandemi Covid-19 banyak siswa yang masih kurang disiplin dalam menggikuti aturan sekolah di karenakan selama ini banyak belajar dirumah dan kurang pengawasan guru secara langsung dan pengawasan orang tua yang masih kurang meski di rumah. Tidak hanya nilai karakter displin yang perlu di perhatikan tetapi juga nilai karakter religius dimana akhir akhir ini banyak sekali berita yang beredar di sosial media dan stasiun TV siswa yang berlaku kurang sopan, tidak menghormati guru, bahkan ada yang sampai tega membunuh seorang tenaga pendidik atau guru. Dalam penulisan ini peneliti menggunakan metode Studi Kepustakaan (Library Research) sebagai upaya dalam mengumpulkan informasi dan data dengan memanfaatkan dari sumber-sumber tertulis yang ada di perpustakaan misalnya buku-buku, surat kabar, majalah, dokumen-dokumen yang relevan dengan permasalahan yang dibahas. Dari hasil studi kepustakaan tersebut yang dapat kita contoh dari nilai karakter religius seorang KH. Ahmad Dahlan adalah menunaikan sholat wajib dan sholat Jum’at tepat waktu, membaca yasin, dan juga KH. Ahmad Dahlan mengikuti ajaran agama yang dianutnya. Sehingga dengan mengingat Tuhan Yang Maha Esa kita ingat akan dosa atas apa yang kita kerjakan. sedangkan nilai karakter displin KH. Ahmad Dahlan yang dapat kita contoh dari tepat waktu yang ketika sholat ita juga bisa jadikan contoh yaitu tepat waktu dalam mengerjakan tugas, tepat waktu datang kekantor atau kesekolah.</p> Kurnia Ayu, Anny Wahyuni , Budi Purnomo Copyright (c) 2024 Kurnia Ayu, Anny Wahyuni , Budi Purnomo https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/28692 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 UPACARA MENUAK PADA MASA KEHAMILAN 7 BULAN PADA MASYARAKAT MELAYU SEBRANG KOTA JAMBI https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/29039 <p>Penelitian ini mendeskripsikan mengenai upacara menuak pada masa kehamilan 7 bulan pada masyarakat sebrang kota jambi. Kebudayaan pada suatu daerah itu dapat dijawab melalui sejarah yang diwariskan dari masa ke masa kepada setiap generasi yang silih berganti. Baik dalam bentuk sejarah yang masih kabur,maupun sejarah yang seterang-terangnya karena masih sangat muda sehingga telah dapat diabadikan dalam bentuk tertulis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan historis, dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, verifikasi atau pengujian, penafsiran, dan penulisan sejarah. Upacara menuak pada masa kehamilan 7 bulan pada masyarakat melayu sebrang kota jambi dilakukan untuk menunjukkan rasa bersyukur atas rahmat Tuhan yang telah singgah dalam keluarga pihak wanita hamil tersebut. Dikenal sebagai Negara Kepulauan, Indonesia adalah negara yang terdiri dari banyak pulau. Sesuai dengan lagu kebangsaan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda-beda namun tetap satu”, negara ini kaya akan budaya, bahasa, tradisi, suku, ras, dan agama. Karena budaya daerah merupakan warisan nenek moyang kita, maka generasi muda Indonesia harus bangga dengan kekayaan budayanya dan terdorong untuk merangkul dan melestarikannya.</p> Fadilla Amara Zenobia Copyright (c) 2024 Fadilla Amara Zenobia https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/29039 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 PERUBAHAN TRADISI UPACARA TABUIK MASYARAKAT PARIAMAN https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/29093 <p>Penelitian ini mendeskripsikan mengenai perubahan yang terjadi pada tradisi tabuik masyarakat pariaman, sumatera barat. Tradisi adalah kebiasaan masyarakat yang diwariskan secara turun-temurun melalui proses sosialisasi. Tradisi menentukan nilai dan moral suatu masyarakat karena tradisi adalah aturan tentang apa yang benar dan apa yang salah menurut pendapat suatu masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan historis, dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, verifikasi atau pengujian, penafsiran, dan penulisan sejarah. Tabuik merupakan acara atau festival untuk menghormati wafatnya Husain, namun kemudian berkembang menjadi pelaksanaan sosial Pariaman yang lumrah setelah berkembangnya komponen sosial Minangkabau. Pelaksanaannya hanya berfungsi untuk mengamati Husain dan lulus. Salah satu bagian penting dari festival Tabuik adalah diperkenalkannya festival tersebut, yang oleh masyarakat Paria disebut batabuik atau mahoyak tabuik. Dalam pelaksanaan adat Tabuik terjadi perubahan kesakralan dan keduniawian masyarakat suku Pariaman dari pengalaman pertama dengan hadirnya dalam pelaksanaan pawai Tabuik. Perubahan adat Tabuik antara lain : Kepala Burak, Auang Tuo Tabuik, Bahan Casing Tabuik, Pelepasan Tabuik dan Hoyak Tabuik.</p> Dira Rahma Anisa, Muhammad Adi Saputra Copyright (c) 2024 Dira Rahma Anisa, Muhammad Adi Saputra https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/29093 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 NILAI KARAKTER PADA TRADISI TARI INAI MASYARAKAT TANJUNG JABUNG TIMUR https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/30071 <p>Bagi masyarakat Melayu, tari menggambarkan kehidupan sosial yang terjadi dalam masyarakat.Dii dalam tari Inai terkandung nilai karakter yang menegaskan bahwa masyarakat Melayu menjunjung tinggi sikap hati-hati, menghormati, menghargai, dan ramah tamah yang dilakukan terhadap semua orang tanpa membedakan usia, status sosial, suku dan agama. Di dalam setiap gerakan tari inai tersebut juga mendeskripsikan nilai nilai karakter masyarakat Melayu dalam menjalani hidup, dan yang terkandung dalam gerak tari Inai mengekspresikan bahwa dalam menjalankan adat tetap mengutamakan agama.Artinya bahwa pelaksanaan adat harus seiring dengan pelaksanaan ajaran agama.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam tari Inai pada upacara perkawinan adat Melayu. Penelitian ini adalah penelitian jenis kualitatif. Objek material penelitian ini adalah tari Inai, sedangkan objek formalnya adalah nilai pendidikan karakter. Subjek penelitian ini adalah masyarakat Melayu kelurahan Teluk Dawan. Hasil penelitian menunjukan Tari Inai merupakan tarian tradisional yang digunakan dalam kegiatan adat perkawinan Masyarakat Teluk Dawan Tanjung Jabung Timur. Dalam tradisi Tari inai terdapat nilai nilai Pendidikan karakter yaitu nilai pendidikan karakter hubungannya dengan Tuhan, nilai pendidikan karakter hubungannya dengan diri sendiri, nilai pendidikan karakter hubungannya dengan sesama, dan nilai pendidikan karakter hubungannya dengan kebangsaan.</p> Fandrian Zandroto Copyright (c) 2024 Fandrian Zandroto https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/30071 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT KAMPUNG LAUT KABUPATEN TANJAB TIMUR PROVINSI JAMBI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/30656 <p>Kampung Laut merupakan salah satu kelurahan yang terletak di kecamatan Kuala Jambi kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur) provinsi Jambi. Kearifan lokal yang di miliki oleh masyarakat di kelurahan ini sangat beragam termasuk permainan tradisional. Penelitian ini membahas tentang permainan tradisional yang sudah menjadi kearifan lokal dari masyarakat pesisir di daerah Kampung Laut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih mendalam mengenai budaya dan kearifan lokal masyarakat Kampung Laut melalui permainan tradisionalnya. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian sejarah, yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa kondisi geografis yang berdekatan dengan daerah pesisir maka dari itu masyarakat di Kampung Laut sangat bergantung dengan perairan yang ada di sekitar mereka, begitu pula dengan beberapa permainan lokal yang ada disana seperti Kacal Mancit, Permainan Sumbun, dan Permainan Panjing-panjingan yang biasa dimainkan di daerah pesisir dekat dengan laut.</p> Asnawi Copyright (c) 2024 Asnawi https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/30656 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 SEJARAH PERKEMBANGAN POP CULTURE “JEJEPANGAN” DI KOTA JAMBI 2018-2023 https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/29910 <p>Penelitian ini mendeskripsikan sejarah perkembangan Pop Culture Jejepangan di Kota Jambi tahun 2018-2023. Dengan masuknya budaya jejepangan di Kota Jambi, perkembangan budaya jejepangan dapat dilihat dari tumbuhnya minat kaum muda terhadap kebudayaan Jepang mulai dari musik, drama, fashion, makanan, permainan daring hingga teknologi. Salah satunya adalah munculnya minat yang cukup besar akan pertunjukkan Pop Culture Jejepangan. Maka dari itu, peneliti mencoba untuk mendeskripsikan sejarah perkembangan Pop Culture Jejepangan di Kota Jambi tahun 2018-2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan historis, dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, verifikasi atau pengujian, penafsiran, dan penulisan sejarah. Perkembangan Pertunjukkan Budaya Jejepangan di Kota Jambi dapat dilihat dari tumbuhnya minat dan antusias kaum muda terhadap kebudayaan Jepang mulai dari musik, drama, fashion, makanan, permainan daring hingga teknologi. Karena pengaruh dari banyaknya aspek tersebut dapat dilihat salah satu akibat yaitu munculnya minat akan kebudayaan jejepangan pada kalangan masyarakat Indonesia termasuk Jambi. Hasil penelitian ini menjelaskan sejarah perkembangan Pop Culture Jejepangan di kalangan masyarakat Kota Jambi.</p> Yoga Ananta Naufal Copyright (c) 2024 Yoga Ananta Naufal https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/29910 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 PERJUANGAN H. AGUS SALIM DALAM PERGERAKAN NASIONAL DAN MENYERUKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DI KANCAH INTERNASIONAL MELALUI DIPLOMASI https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/31499 <p>Tulisan ini membahas bagaimana perjuangan seorang Haji Agus Salim dalam peran diplomasi yang dilakukan untuk mendapatkan pengakuan kemerdekaan indonesia dikancah internasonal. Awal mula perjalanan Haji Agus salim dimulai di saat ia bergabung di Sarekat Islam, lalu kemudian ia menjadi anggota Volksraad. Diplomasi pemerintah Indonesia pada masa revolusi nasional adalah bagian yang substansial dari perjuangan bangsa Indonesia. Haji Agus Salim yang ditemenani oleh Sutan Syahrir berhasil mendapatkan suara dukungan di sidang Dewan Keamanan PBB pada 14 Agustus 1947. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah pendekatan historis dengan langkah langkah pengumpulan data heuristik yang meliputi pengumpulan data primer dan sekunder, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimana perjuangan seorang Haji Agus Salim dalam peran diplomasi yang dilakukannya untuk mendapatkan pengakuan kemerdekaan indonesia dikancah internasonal. Hasil dan pembahasan dari penelitian ini untuk menjelaskan mengenai peran Haji Agus Salim dari awal ia memperjuangkan kemerdeaan Indonesia hingga ia mendapatkan dukungan diplomasi di sidang Dewan Keaman PBB pada tanggal 14 Agustus 1947.</p> Octavia Chandra, Muhammad Haerulloh Zikri Copyright (c) 2024 Octavia Chandra, Muhammad Haerulloh Zikri https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/31499 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 SOSIAL-EKONOMI MASYARAKAT KABUPATEN BATANGHARI MASA KOLONIAL BELANDA (1906-1942) SEBAGAI BAHAN AJAR SEJARAH https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/32108 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mendeskripsikan perkembangan sosial-ekonomi masyarakat Kabupaten Batanghari masa kolonial Belanda (1906-1942) sebagai bahan ajar sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan sosial dan ekonomi masyarakat Kabupaten Batanghari masa kolonial Belanda dapat di gunakan sebagai bahan ajar mata pelajaran sejarah peminatan. Bahan ajar pada sejarah ini sangat bermanfaat sekali bagi peserta didik dikarenakan materi sangat dekat dengan lingkungan kehidupannya, sehingga menjadikan sebuah tujuan pembelajaran sejarah peminatan akan tercapai dan akan menjadi lebih bermakna. Selain itu juga peserta didik dapat membangun sebuah karakter cinta akan sejarah serta sifat tanggung jawab terhadap pelestarian, penumbuhan rasa nasionalisme serta kepedulian akan warisan dan peninggalan sejarah.</p> Tiwi Nurhasanah, Reka Seprina Copyright (c) 2024 Tiwi Nurhasanah, Reka Seprina https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/32108 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 KETATANEGARAAN INDONESIA DIBAWAH MASA PENDUDUKAN JEPANG (1942-1945) https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/32084 <p>Artikel ini mengulas mengenai sistem pemerintahan pada masa pendudukan Jepang di Indonesia. Penelitian dilakukan melalui pendekatan sejarah dengan empat langkah, yakni penyelidikan sumber, evaluasi sumber, interpretasi, dan analisis historiografi. Ditemukan bahwa periode pemerintahan Jepang selama tiga setengah tahun memiliki signifikansi penting dalam sejarah Indonesia, terutama setelah mengalahkan Belanda dan langsung mengambil alih pemerintahan Hindia Belanda. Pada 8 Maret 1942, Jepang secara resmi menguasai Indonesia dan menginisiasi perubahan untuk mengurangi pengaruh Barat. Dalam sistem administrasinya, Jepang menerapkan pemerintahan militer di mana kekuasaan terpusat pada panglima tentara, berbeda dengan pemerintahan kolonial Belanda yang lebih menekankan pada administrasi sipil yang mencakup bidang politik, ekonomi-sosial, pendidikan, dan militer.</p> Duma Lumban Gaol, Reka Seprina Copyright (c) 2024 Duma Lumban Gaol, Reka Seprina https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/32084 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 ANALISIS PROGRAM STUDY TOUR WISATA SEJARAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA DI SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/25865 <p>Study Tour merupakan proses pembelajaran dimana siswa mempelajari materi (sumber belajar) di luar kelas dengan tujuan untuk memperdalam pemahaman terhadap materi yang digunakan di kelas dan memberikan wawasan yang lebih komprehensif. Penelitian ini mengindentifikasi bagaimana study tour wisata sejarah sebagai sumber belajar pada siswa di SMA N 2 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan study tour wisata sejarah sebagai sumber belajar pada siswa di SMA N 2 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penulisan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan dekriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Study Tour wisata sejarah yang dilakukan oleh siswa SMA 2 Kota Jambi selain dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah, juga memperluas wawasan berpikir, meningkatkan hasil belajar, melatih siswa aktif menemukan dan merespon pembelajaran, serta pembelajaran sejarah terasa lebih rileks dan menyenangkan.</p> Priskilla Elisabet Saing, Junita Yosephine Sinurat Copyright (c) 2024 Priskilla Elisabet Saing, Junita Yosephine Sinurat https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/25865 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700