SITUS CANDI SOLOK SIPIN SEBAGAI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH BERBASIS ETNOPEDAGOGI

Authors

  • Meindra Tantomi Rojak universitas jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v3i2.36372

Keywords:

Solok Sipin Temple, Learning Resources, Ethnopedagogy

Abstract

Dalam penelitian ini, Situs Candi Sipin Solok diidentifikasi sebagai sumber berharga untuk memasukkan etnopedagogi ke dalam kurikulum sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran menyeluruh mengenai Situs Candi Solok Sipin yang mewakili aspek penting kearifan lokal dan warisan budaya di Kota Jambi. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menguraikan konten pendidikan yang dapat diperoleh dari candi dan sekitarnya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi, penelitian ini mengungkapkan bahwa Candi Solok Sipin merupakan sumber ideal pembelajaran berbasis etnopedagogis di sekolah Kota Jambi. Hal ini terutama disebabkan oleh adanya materi tematik integratif di dalam struktur candi. Signifikansi sejarah candi juga menawarkan peluang untuk memasukkan konten etnopedagogis ke dalam studi Sejarah. Lebih lanjut, pemanfaatan Candi Sipin Solok sebagai sumber edukasi dapat meningkatkan pemahaman siswa akan pentingnya melestarikan kearifan lokal masyarakatnya, sehingga pada akhirnya akan melahirkan generasi muda yang menghargai dan menghargai warisan budayanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Durob Farhattin, 2016 pemanfaatan situs candi ngempon sebagai sumber belajara sejarah di Ma Darul Ma`Arif Pringapus Tahun Ajar 2015/2016

Muzakkir,2021, Pendekatan Etnopedagogi sebagai media pelestarian kearifan lokal,,Vol2 No.2

Prof. Dr. Lufri, M.S dkk, 2020 metodologi pembelajaran : strategi, pendekatan, model, metode Pembelajaran. Purwokerto:CV IRDH

Yuhardi, Destel Meri, 2022 pembelajaran sejarah lokal. Jurnal Pendidikan sejarah dan humaniora, Vol. 5 No. 2

Downloads

Published

2024-11-05

How to Cite

Tantomi Rojak, M. . (2024). SITUS CANDI SOLOK SIPIN SEBAGAI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH BERBASIS ETNOPEDAGOGI. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 3(2), 102-108. https://doi.org/10.22437/krinok.v3i2.36372