NILAI-NILAI KARAKTER UPACARA ADAT SAUR MATUA MASYARAKAT BATAK TOBA DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
DOI:
https://doi.org/10.22437/krinok.v3i2.32240Keywords:
Character Values, Saur Matua Traditional Ceremony, History LearningAbstract
Upacara adat Saur Matua diartikan sebagai orang yang meninggal yang sudah sempurna baik dalam kekerabatan maupun dalam keturunan. Upacara adat ini memakan biaya yang besar. Banyak nilai-nilai karakter dalam upacara adat Saur Matua. Rumusan masalah skripsi ini bagaimana terbentuknya dan prosesi upacara adat Saur Matua. Apa saja nilai-nilai karakter yang terkandung dalam upacara adat Saur Matua. Bagaimana relevansi nilai-nilai karakter upacara adat Saur Matua masyarakat batak toba dan relevansinya dalam pembelajaran Sejarah di sman 1 silahisabungan. Pada masa kini upacara adat Saur Matua masih diwariskan turun temurun. Penelitian ini masuk ke dalam kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode ini digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode yang pada umumnya digunakan untuk meneliti penelitian sejarah yang meliputi Langkah-langkah kegiatan observasi yaitu pengamatan secara langsung kegiatan belajar dan juga mengunjungi kegiatan upacara adat Saur Matua. Penulis juga melakukan wawancara kepada raja parhata, guru mata Pelajaran sejarah, peserta didik. Penulis mendokumentasikan tempat penelitian dan juga data-data yang berkaitan sebagai informasi tambahan. Hasil dari penelitian ini membahas terbentuknya dan prosesi upacara adat Saur Matua masyarkat batak toba. Salah satu tradisi yang sangat unik Saur Matua yaitu mencapai umur yang tinggi. Adapun diyakini awal mula tradisi ini bersumber dari dominasi agama Kristen protestan sebagai wujud bakti dan penhormatan dalam hukum taurat ke-5. Adapun nilai yang terkandung di dalamnya yakni religious, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, cinta tanah air, peduli sosial, tanggung jawab. Adapun kaitan upacara adat Saur Matua dengan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam pembelajaran sejarah yang sesuai dengan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) 4.1 Mengidentifikasi hasil budaya masyarakata pra aksara dalam bentuk tulisan.
Downloads
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Claudia, A., & Indrojarwo, B. T. (2019). Perancangan Buku Visual Adat Istiadat Suku Batak Toba sebagai Bentuk Pelestarian Budaya. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 7(2), 78–83.
Halawa, E., & Chrismastianto, I. A. W. (2021). Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Keterlibatan Aktif Siswa Dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran Sejarah Kelas X-IPS. Kumpulan Artikel Ilmiah Rumpun Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 1(1), 54–78.
Khaerunnisa, S., & Muqowim, M. (2020). Peran guru dalam menanamkan nilai karakter peduli sosial. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 206.
Koesoema, A. D. (2015). Strategi pendidikan karakter: Revolusi mental dalam lembaga pendidikan. PT Kanisius.
Kurniawaty, I., Purwati, P., & Faiz, A. (2022). Penguatan pendidikan karakter cinta tanah air. Jurnal Education and Development, 10(3), 496–498.
Kusnoto, Y. (2017). Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada satuan pendidikan. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 247–256.
Manullang, I. S., Junaidi, T., & Harahap, H. (n.d.). PEWARISAN SEJARAH MELALUI ADAT SAURMATUA DI DOLOKSANGGUL, KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN, PROVINSI SUMATERA UTARA.
Manurung, S., & Manurung, P. (2019). Penguatan pendidikan karakter dalam keluarga batak toba di kabupaten Samosir. Perdana Publishing.
Marzuki, I., & Hakim, L. (2019). Strategi pembelajaran karakter kerja keras. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1).
Marzuki, M., & Haq, P. I. (2018). Penanaman nilai-nilai karakter religius dan karakter kebangsaan di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Jatinangor Sumedang. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1).
Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Bandung.
Nahak, H. M. I. (2019). Upaya melestarikan budaya indonesia di era globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76.
Nur, S. M., Rasminto, R., & Khausar, K. (2019). Pendidikan karakter dalam perspektif kebudayaan (studi pada keluarga suku Batak Toba). Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).
Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Nur, M. D. (2021). Analisis kurikulum 2013. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 484–493.
Pernantah, P. S. (2020). Pembelajaran Sejarah Dalam Perspektif Pedagogi Kritis. Jurnal Pendidikan, 11(1), 49–58.
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran guru dalam menanamkan nilai toleransi pada anak usia dini di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705.
Pitoyo, A. J., & Triwahyudi, H. (2017). Dinamika perkembangan etnis di Indonesia dalam konteks persatuan negara. Populasi, 25(1), 64–81.
Sidabutar, I. D. (2020). Aktivitas komunikasi upacara adat saur matua pada suku batak toba (studi etnografi komunikasi mengenai aktivitas komunikasi upacara adat pemakaman Saur Matua pada suku Batak Toba). Universitas Komputer Indonesia.
Sinaga, A. S. G., & Tampake, T. (2023). Semiotika Sijaguron Dalam Adat Saur Matua Batak Toba Di Kecamatan Sumbul Pegagan. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 194–200.
Sirnayatin, T. A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3).
Sultonurohmah, N. (2017). Strategi penanaman nilai karakter jujur dan disiplin siswa. AL IBTIDA’: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 1–21.
Supriyono, S., Wardani, N. E., & Saddhono, K. (2018). nilai karakter tanggung jawab dalam sajak-sajak Subagio Sastrowardoyo. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 11(2), 183–193.
Tika, M., & Ardoni, A. (2017). Purwarupa Ensiklopedi Upacara Adat Batak Toba. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 6(1), 46–56.
Yati, R. (2021). Permasalahan krisis pendidikan karakter pada siswa dalam perspektif psikologi pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Intan Sari M. Sitinjak, Muhammad Adi Saputra, Budi Purnomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.