FILM DOKUMENTER: JEPANG INGKAR JANJI, PETA BERONTAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETI

Authors

  • Izra Evnia Dewi Sinaga Universitas Jambi
  • Budi Purnomo Universitas Jambi
  • Nelly Indrayani Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v3i1.28719

Keywords:

Film Dokumenter, Sumber Belajar, Peta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis film dokumenter dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya yang berjudul “Jepang Ingkar Janji, Peta Berontak” serta nilai-nilai yang terkandung didalam film dokumenter: jepang ingkar janji, peta berontak sebagai sumber belajar dikelas XI Ipa 1 SMA Negeri Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan menggunakan indikator penelitian tentang nilai-nilai yang terkandung dalam film dokumenter: jepang ingkar janji, peta berontak sebagai sumber belajar sejarah siswa kelas Xi Ipa 1 SMA Negeri Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan film dokumenter sebagai sumber belajar siswa memberikan dampak yang positif dan memberikan beberapa kemajuan. Selain dapat menarik perhatian siswa, film dokumenter tidak hanya dijadikan sebagai media pembelajaran, namun bisa juga sebagai sumber belajar yang dipakai berulang kali. Dengan demikian pembelajaran siswa dapat terpantau sekaligus menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam film dokumenter itu sendiri. Penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa film dokumenter sangat efektif untuk belajar baik secara daring maupun secara tatap muka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akademi Kesenian. (2014). Arsip Kementerian Penerangan No. 251, ANRI.

Hasan, A. S. N. (2018). Film Dokumenter Zona Merah. (Skripsi, Sarjana, Universitas Islam Indonesia, 2018).

Karwono., & Heni. M. (2018). Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan. Sumber Belajar. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Kuntowijoyo. (2005). Pengantar Ilmu Sejarah. Bentang, Yogyakarta

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sanutra, A. (2018). Film Dokumenter Expository Wakaf Cahaya Department Sutradara. Skripsi, Sarjana, Universitas Pasundan, 2018.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan RND. Bandung: Alfabeta.

Suwondo, P. S. (1996). PETA: tentara sukarela pembela tanah air di Jawa dan Sumatera 1942–1945. Pustaka Sinar Harapan : Jakarta.

Umamah, N., Sumardi, S., & Wahyuni, E. S. (2017). Pengembangan Cerita Sejarah Gayatri Sri Rajapatni Perempuan Pembangun Imperium Majapahit Pada Mata Pelajaran Sejarah SMA..

Yi, Y. J., Rahim, M. H. A., & Sannusi, S. N. (2016). Techniques application on cultural and artistic documentary production: A study of simon schama’s power of the art. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 32(2).

Youtube Kompas TV. Film Dokumenter: Jepang Ingkar Janji, Peta Berontak.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Sinaga, I. E. D., Purnomo, B., & Indrayani, N. (2024). FILM DOKUMENTER: JEPANG INGKAR JANJI, PETA BERONTAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETI. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 3(1), 93-103. https://doi.org/10.22437/krinok.v3i1.28719